Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Puter jantan dan betina paling akurat

gambar burung puter jantan dan betina
Burung Puter Jantan & Betina
Onkicau.com - Jika dilihat sekilas, antara burung Puter jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang hampir serupa. Burung Puter jantan dan betina juga sama-sama bisa manggung, tapi suara anggungan burung Puter jantan lebih lantang dan lebih merdu dibanding burung Puter betina.

Oleh karena itu, jika tujuan memelihata burung Puter adalah untuk dinikmati suara anggungannya, maka pilihan yang tepat adalah yang berjenis kelamin jantan. Untuk jenis kelamin burung Puter lokal bisa dibedakan dari warna bulu tubuhnya.

Untuk burung Puter lokal jantan rata-rata warna bulunya lebih coklat terang, sedangkan burung Puter lokal betina warna bulunya cenderung coklat gelap kemerah-merahan. Tapi warna bulu tidak seratus persen akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Puter.


Selain dari warna bulunya, perbedaan burung Puter jantan dan betina bisa dilihat dari postur tubuhnya. Burung Puter jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan gagah, kepala lebih besar, raut muka garang dan sorot matanya tajam.

Sedangkan postur tubuh burung Puter betina cenderung lebih kecil, kepala juga lebih kecil, raut muka dan sorot matanya tampak sayu.

Yang membedakan antara burung Puter lokal dan burung Puter pelung adalah pada suara anggungannya, sedangkan untuk ciri-ciri fisik yang membedakan antara jantan dan betina hampir sama.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Puter jantan dan betina:

1. Tulang supit

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin burung Puter adalah dengan meraba tulang supitnya.

Caranya: pegang burung Puter lalu raba bagian supitnya yang ada didekat anus. Jika tulang supitnya terasa keras pada ujungnya dan jaraknya lebih rapat berarti jantan. Dan jika tulang supitnya terasa agak lunak dan renggang berarti betina.

2. Suara bekuran
gambar burung puter pelung jantan
Burung Puter Jantan
Ketika burung Puter sudah berusia dewasa atau setelah berusia 6 bulan ke atas, maka akan sangat jelas perbedaan antara jantan dan betina, karena pada usia tersebut burung Puter jantan sudah mulai mbekur untuk menarik perhatian betina dengan suara yang keras dan berulang-ulang, sedangkan burung Puter betina tidak mbekur.

3. Bertelur

Burung Puter betina yang sudah dewasa akan bertelur walaupun tanpa pejantan. Hal itu menandakan jika burung Puter tersebut sudah memasuki usia matang produksi (siap kawin). Tapi telur tersebut tidak mengandung benih karena tidak dibuahi oleh pejantan. Jadi, walaupun di erami tidak akan bisa menetas.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Puter jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Puter dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

2 comments for "Ciri-ciri perbedaan burung Puter jantan dan betina paling akurat"

  1. Kurang mendetail om utk ciri ciri jantan betinanya... Maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya om, nanti akan dilengkapi lagi

      Delete