Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kandang Umbaran Untuk Burung Murai Batu

gambar burung murai batu terbang
Burung Murai Batu (MB)
Onkicau.com – Sampai saat ini Murai Batu (MB) masih menjadi burung kicau paling populer dan paling digemari di Indonesia. Selain dipelihara untuk dinikmati suara kicauannya, burung Murai Batu juga sering dilombakan.

Agar Murai Batu bisa tampil maksimal dan juara saat dilombakan tentunya harus diberikan perawatan dan latihan yang tepat untuk memaksimalkan performanya.

Selain harus sudah mapan dan gacor, Murai Batu lomba juga harus memiliki stamina yang tangguh agar dapat tampil maksimal digantangan. Oleh karena itu, Murai Batu lomba harus sering dilatih terbang didalam kandang umbaran untuk melatih nafas dan staminanya.

Kandang umbaran atau polier memiliki banyak sekali manfaat untuk burung Murai Batu, terutama untuk Murai Batu lapangan.


Berikut ini beberapa manfaat kandang umbaran untuk Murai Batu:

1. Menjaga kondisi fisik dan melatih stamina burung Murai Batu agar selalu fit dan prima.

2. Menguatkan otot-otot dada dan sayap yang akan berdampak pada suara kicauan Murai Batu menjadi lebih lantang dan bertenaga.

3. Menguatkan nafas Murai Batu sehingga akan lebih kuat berkicau dari awal sampai akhir perlombaan.
Nafas yang panjang memang bisa dilatih dengan durasi penjemuran yang lama atau bisa juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tapi akan lebih maksimal jika fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu membuat nafas burung menjadi lebih panjang dan staminanya juga menjadi lebih prima.

4. Terapi kandang umbaran juga bisa mencegah obesitas / kegemukan, karena dengan terbang bolak-balik didalam kandang umbaran dapat membakar kalori lebih cepat, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak didalam tubuh burung Murai Batu.

5. Mencegah stress, karena Murai Batu bisa lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya seperti di alam bebas.

Selain itu, terapi kandang umbaran juga dapat menjadi sarana refreshing untuk Murai Batu yang sudah terlalu lama berada didalam kandang berukuran kecil (kandang harian).


Tapi meskipun manfaatnya cukup banyak, terapi umbaran tidak boleh dilakukan asal-asalan tanpa memperhatikan kondisi burung Murai Batu.

Sebelum di umbar sebaiknya lihat dulu kondisinya, apakah Murai Batu tersebut perlu diumbar atau justru sebaliknya, burung perlu banyak istirahat karena kondisi fisiknya sedang tidak fit. Sebab jika sampai salah analisa justru akan membuat kondisinya ngedrop.

Jika kondisi fisik burung Murai Batu sedang tidak fit tapi dipaksakan untuk berolah raga, maka yang terjadi kondisinya akan semakin ngedrop karena staminanya terkuras untuk terbang bolak-balik didalam kandang umbaran.

Oleh karena itu, kondisi fisik burung Murai Batu yang akan diumbar harus benar-benar fit karena pengumbaran akan sangat menguras stamina burung.

Didalam kandang umbaran juga harus disediakan extra fooding (EF) dalam jumlah yang cukup banyak dan air minum yang cukup.

Pemberian extra fooding (EF) seperti jangkrik pada waktu diumbar bertujuan agar burung Murai Batu tidak kehabisan tenaga karena suplai makanan selalu tersedia.

Pembakaran kalori yang besar juga harus di imbangi dengan asupan nutrisi yang memadai agar kondisi fisik Murai Batu tidak ngedrop.


Idealnya terapi kandang umbaran dilakukan 2 - 3 kali seminggu agar burung Murai Batu tidak kelelahan.

Usahakan untuk menempatkan kandang umbaran dilokasi yang terkena sinar matahari pagi secara langsung agar burung Murai Batu bisa sekalian berjemur. Usahakan juga lokasi kandang umbaran aman dari gangguan predator seperti kucing dan lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Sebaiknya posisi tangkringan / tenggeran dibuat dengan posisi atas bawah, yaitu posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang agar burung Murai Batu yang di umbar bisa terbang dengan posisi naik turun karena lebih efektif untuk olah fisik.

Dengan melakukan pengumbaran secara rutin dan konsisten maka lama-kelamaan kondisi fisik Murai Batu akan semakin fit, staminanya semakin prima dan nafasnya lebih panjang sehingga saat dilombakan Murai Batu tersebut dapat tampil lebih maksimal.

Biasanya saat pertama kali di umbar burung Murai Batu akan terlihat ngedrop karena belum terbiasa, tapi setelah 1 - 2 bulan berjalan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung Murai Batu, karena fungsinya untuk mengembalikan burung seperti dihabitat aslinya dan pada kodratnya, yaitu terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Burung Murai Batu yang sudah terlalu lama berada dalam kandang harian tentunya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk terbang. Hal itu tentunya membuat otot-otot sayap dan dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Lama-kelamaan hal itu akan berpengaruh pada kualitas suara kicauannya.


Demikian sedikit informasi tentang fungsi dan manfaat kandang umbaran untuk Murai Batu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat Kandang Umbaran Untuk Burung Murai Batu"