Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Perkutut Mabung

gambar burung perkutut mabung / ngurak
Burung Perkutut
Onkicau.com – Mabung merupakan siklus alami yang akan di alami semua jenis burung termasuk burung Perkutut untuk menggantikan bulu-bulu lama yang sudah kusam / rusak dengan tumbuhnya bulu-bulu baru.

Burung Perkutut bisa mengalami mabung sampai dua kali dalam setahun, tapi umumnya burung Perkutut hanya akan berganti bulu secara bergiliran (nyulam).

Sebetulnya, baik Perkutut lokal maupun Perkutut bangkok yang sedang dalam masa mabung / ngurak tidak perlu diberikan perawatan khusus seperti burung ocehan.

Burung Perkutut yang dalam kondisi mabung / nyulam biasanya tidak mengalami penurunan performa yang signifikan. Biasanya walaupun dalam kondisi mabung, burung Perkutut akan tetap manggung meskipun tidak serajin ketika dalam kondisi normal (tidak mabung).

Tapi meskipun hanya nyulam bulu sebaiknya burung Perkutut tetap diberikan perawatan yang tepat agar kondisinya tetap prima dan proses mabungnya bisa berlangsung dengan normal.


Berikut ini perawatan yang tepat untuk burung Perkutut mabung (nyulam) agar cepat tuntas:

1. Untuk mempercepat proses mabungnya, sebaiknya burung Perkutut yang sedang mabung dipindahkan kedalam kandang yang lebih luas atau kandang umbaran agar bisa lebih leluasa bergerak untuk melepaskan bulu-bulunya.

2. Selama masa mabung sebaiknya rutin diberikan minyak ikan (1 butir) setiap dua hari sekali agar kondisi fisik burung Perkutut selalu fit. Selain itu, pemberian minyak ikan secara teratur akan membuat bulu-bulu barunya bisa tumbuh lebih sehat dan mengkilap.

3. Berikan juga tulang sotong dan batu bata merah yang sudah dihaluskan untuk membantu proses pencernaan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral burung Perkutut.

4. Berikan tambahan ketan hitam dan beras merah pada menu pakan hariannya dengan takaran masing-masing setengah sendok teh untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut dan mempercepat proses perontokan bulu-bulu lamanya, sebab efek hangat yang timbul setelah mengkonsumsi ketan hitam dapat mempercepat rontoknya bulu-bulu lama burung Perkutut.

Tapi masalahnya tidak semua burung Perkutut mau mengkonsumsi ketan hitam atau beras merah. Jika burung Perkutut tidak mau memakan ketan hitam dan beras merah bisa di akali dengan menumbuk ketan hitam dan beras merah menjadi butiran-butiran kecil.


5. Selama masa mabung burung Perkutut tidak perlu dimandikan, tapi untuk penjemuran sebaiknya tetap dilakukan setiap hari pada jam 08:00 pagi selama kurang lebih 15 - 20 menit saja agar burung Perkutut tetap sehat.

6. Sebaiknya burung Perkutut yang sedang mabung ditempatkan dilokasi yang tenang dan dijauhkan dari semua gangguan agar proses mabungnya berjalan normal dan cepat selesai.

Lakukan perawatan khusus mabung tersebut secara rutin dan konsisten agar proses pergantian bulu burung Perkutut berjalan normal dan cepat selesai.

Jika selama masa mabung / nyulam diberikan perawatan yang tepat maka setelah selesai mabung burung Perkutut akan memiliki bulu-bulu yang rapi dan mengkilap serta akan bertambah gacor.


Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Perkutut mabung / ngurak / nyulam bulu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Merawat Perkutut Mabung"