Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Flamboyan jantan dan betina beserta gambarnya

gambar burung flamboyan jantan dan betina
Burung Flamboyan Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Flamboyan atau Wergan Jawa lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran karena memiliki suara kicauan yang cukup nyaring dengan speed rapat.

Habitat burung Flamboyan atau burung Lemahan berada dihutan-hutan pegunungan dan dataran tinggi yang berhawa sejuk.

Di alam bebas burung ini sering memakan serangga, ulat, laba-laba dan binatang-binatang kecil lainnya, tapi terkadang burung ini juga memakan buah-buahan.

Burung Flamboyan termasuk jenis burung kicauan yang mudah dipelihara dan bisa cepat bunyi meskipun dipelihara dari bahan / bakalan, karena burung ini tidak mudah stress serta mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dengan cepat.

Burung Flamboyan / Wergan Jawa jantan dan betina sama-sama bisa berkicau dan bisa gacor, tapi suara kicauan burung Flamboyan jantan lebih nyaring dan bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Flamboyan betina cenderung monoton dan kurang nyaring.

Sekilas antara burung Flamboyan jantan dan betina terlihat serupa, baik bentuk fisiknya maupun warna bulunya. Tapi jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Flamboyan jantan dan burung Flamboyan betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan burung Flamboyan jantan dan betina:

1. Kepala burung Flamboyan jantan lebih besar dan bentuknya agak cepak, sedangkan kepala burung Flamboyan betina lebih kecil dan bentuknya agak mebulat.

2. Warna bulu kepala burung Flamboyan jantan lebih pekat dan agak kehitaman, sedangkan warna bulu kepala burung Flamboyan betina lebih cerah.

3. Mata burung Flamboyan jantan tampak lebih besar dengan sorot mata yang tajam, sedangkan mata burung Flamboyan betina lebih kecil dan sorot matanya tampak sayu.

4. Paruh burung Flamboyan jantan lebih besar dan panjang serta berwarna hitan pekat, sedangkan paruh burung Flamboyan betina lebih kecil, pendek dan warnanya hitam pudar, terutama paruh bagian bawah warnanya agak keputihan.

5. Pada burung Flamboyan jantan, bulu-bulu dibagian atas tubuhnya berwarna coklat tua, sedangkan burung Flamboyan betina warna bulunya agak pudar.

6. Bulu dada sampai perut burung Flamboyan jantan warnanya lebih gelap, sedangkan burung Flamboyan betina warna bulunya lebih terang, terutama bulu-bulu dibagian leher yang terlihat lebih putih.

7. Postur tubuh burung Flamboyan jantan lebih besar dan bagian kakinya juga terlihat kokoh dengan cengkeraman yang kuat.

8. Suara kicauan burung Flamboyan jantan lebih nyaring dan lebih bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Flamboyan betina cenderung monoton dan kurang keras.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Flamboyan / Lemahan jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Flamboyan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Flamboyan jantan dan betina beserta gambarnya"