Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina

gambar burung opior jambul jantan dan betina
Burung Opior Jambul Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Opior Jambul merupakan jenis burung dari family Zosteropidae dan masih saudara dekat dengan burung Pleci atau burung Kaca Mata. Tapi meskipun masih satu family dengan burung Pleci, burung Opior Jambul justru lebih sering disebut Prenjak Daun Lombok.

Burung Opior Jambul memang tidak begitu dikenal oleh para Kicau Mania karena habitat burung ini hanya terdapat didaerah Nusa Tenggara saja, itupun hanya didaerah Sumbawa (NTB), Satonda (NTB) dan Flores (NTT).

Meskipun ukuran tubuhnya kecil tapi burung Opior Jambul memiliki suara kicauan yang lantang dan merdu mirip seperti suara kicauan burung Kacer.

Tapi hanya burung Opior Jambul jantan yang memiliki suara kicauan lantang dan cukup bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Opior Jambul betina volumenya kurang keras dan cenderung monoton atau lebih banyak mengeluarkan suara panggilan.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Opior Jambul memang agak susah karena burung ini termasuk jenis burung monomorfik, yaitu antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang hampir serupa.

Tapi meskipun sangat mirip, jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang mebedakan antara burung Opior Jambul jantan dan burung Opior Jambul betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Opior Jambul jantan dan betina:

1. Postur tubuh

Burung Opior Jambul jantan memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan ramping, sedangkan postur tubuh burung Opior Jambul betina lebih pendek dan terlihat bulat (buntet).

2. Warna bulu

Jika diperhatikan bulu-bulu dibagian kepala burung Opior Jambul jantan terlihat lebih hitam dan klimis. Warna bulu disekujur tubuhnya juga terlihat lebih kontras dibanding warna bulu burung Opior Jambul betina yang terlihat agak kusam / pudar.

3. Kepala

Kepala burung Opior Jambul jantan lebih besar dan raut mukanya tampak garang (sangar). Sedangkan kepala burung Opior Jambul betina lebih kecil dengan raut muka tampak sayu.

4. Suara kicauan

Burung Opior Jambul jantan memiliki suara kicauan yang lantang, merdu dan cukup bervariasi. Sedangkan suara kicauan burung Opior Jambul betina volumenya kurang keras dan cenderung monoton atau lebih sering bersuara panggilan.

Untuk burung Opior Jambul bakalan jika terpantau ngeriwik kemungkinan besar burung tersebut berjenis kelamin jantan.

5. Vent

Cara paling akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Opior Jambul, terutama burung bakalan yang belum bunyi adalah dengan melihat bentuk vent / duburnya.

Bentuk vent / dubur pada burung Opior Jambul jantan terlihat lebih menonjol keluar dengan posisi tegak lurus dari perut dan biasanya terdapat banyak bulu disekitarnya. Jika ditiup vent tetap menutup.

Sedangkan bentuk vent / dubur burung Opior Jambul betina terlihat lebih datar dengan posisi melandai dari perut. Jika ditiup vent akan membuka dan menutup.

Bagian perut burung Opior Jambul jantan juga terlihat ramping, sedangkan bagian perut burung Opior Jambul betina terlihat sedikit gemuk (bulat).
gambar vent burung opior jambul jantan dan betina
Bentuk Vent Burung Opior Jambul Jantan & Betina
Itulah beberapa ciri-ciri yang cukup akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Opior Jambul agar ketika membeli burung ini tidak salah pilih.

Mengetahui jenis kelamin burung Opior Jambul cukup penting karena meskipun burung Opior Jambul betina juga bisa bunyi dan bisa gacor tapi suara kicauannya tidak sebagus burung Opior Jambul jantan.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Opior Jambul jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Opior, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina"