Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan anakan burung Pleci jantan dan betina

gambar anakan burung pleci didalam sarang
Anakan burung Pleci jantan dan betina

On Kicau – Beberapa tahun lalu burung Pleci atau burung kaca mata pernah sangat populer dikalangan Kicau Mania dan gantangan untuk kelas Pleci juga selalu ramai peserta, bahkan sampai full gantangan.

Meskipun sudah tidak sepopuler dulu, tapi burung Pleci atau burung kaca mata tetap diminati dan tetap memiliki penggemar setia hingga saat ini.

Burung Pleci memang istimewa, meskipun bertubuh kecil tapi suara kicauannya cukup lantang dan bervariasi karena burung ini termasuk burung cerdas yang mampu menirukan berbagai macam suara kicauan burung lain.

Banyak para penggemar burung Pleci (Pleman) yang lebih suka memelihara burung mungil ini dari anakan. Alasannya karena akan lebih mudah dibentuk, lebih jinak dan bisa dimaster dengan suara isian sesuai yang di inginkan.


Banyak yang berpendapat bahwa burung Pleci yang dipelihara dari anakan lebih berpotensi menjadi juara karena mentalnya lebih terlatih dan full isian.

Tapi masalahnya cukup sulit untuk membedakan jenis kelamin burung Pleci, apalagi yang masih anakan karena penampilan fisik dan warna bulunya sangat mirip.

Tapi meskipun sangat mirip, jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara anakan burung Pleci jantan dan betina.

Jika hendak membeli burung Pleci di kios atau pasar burung sebaiknya harus teliti karena banyak penjual burung yang menyeleksi dan menyortir terlebih dahulu anakan burung Pleci sebelum dijual.

Biasanya anakan burung Pleci jantan yang berkualitas akan dipisahkan dan sisanya yang sebagian tinggal anakan burung Pleci betina dan anakan burung Pleci jantan yang tidak prospek akan dijual didalam kandang ombyokan.  Jadi harus benar-benar jeli dalam memilihnya.

gambar anakan burung pleci ombyokan
Anakan burung Pleci ombyokan

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara anakan burung Pleci jantan dan betina:

1. Kepala

Bentuk kepala anakan burung Pleci jantan lebih besar, cenderung lonjong dan datar. Sedangkan bentuk kepala anakan burung Pleci betina tampak lebih kecil dan bentuknya membulat.

2. Warna bulu

Warna bulu anakan burung Pleci jantan tampak lebih terang/cerah, sedangkan warna bulu anakan burung Pleci betina tampak lebih kusam agak keabu-abuan.

3. Postur tubuh

Pada usia yang sama, postur tubuh anakan burung Pleci jantan lebih besar dan lebih panjang dari yang betina.

4. Bulu kepala

Bulu dibagian kepala anakan burung Pleci jantan tampak sering berdiri (njambul).

5. Mata

Anakan burung Pleci jantan memiliki bentuk mata lebih besar/melotot dan sorot matanya tajam.

6. Suara

Suara anakan burung Pleci jantan lebih kencang dan ketika minta diloloh akan membuka paruhnya lebih lebar.

gambar anakan burung kaca mata jantan dan betina

7. Rongga mulut

Bagian dalam paruh anakan burung Pleci jantan berwarna lebih merah, sedangkan bagian dalam paruh anakan burung Pleci betina warnanya merah pucat.

8. Lidah

Pada bagian pangkal lidah anakan burung Pleci jantan terdapat garis hitam disisi kiri dan kanannya.

9. Paruh

Paruh bagian bawah pada anakan burung Pleci jantan berwarna agak gelap/kehitaman, sedangkan paruh bagian bawah anakan burung Pleci betina berwarna kuning.

10. Lingkar mata

Lingkar mata pada anakan burung Pleci jantanlebih tebal dan berwarna lebih putih.

gambar anakan burung kaca mata jantan dan betina
Anakan burung Pleci jantan dan betina

Itulah beberapa ciri-ciri umum yang membedakan antara anakan burung Pleci jantan dan betina  yang bisa dijadikan acuan ketika hendak membeli burung ini agar tidak salah pilih, karena hanya burung Pleci jantan yang memiliki suara kicauan lantang dan bervariasi.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan anakan burung Pleci jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan anakan burung Pleci jantan dan betina"