Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Kacer Poci dibanding Kacer Wulung dan Kacer Tretes

gambar kacer poci dada putih
Burung Kacer Poci

Onkicau.com – Kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar setia. Di kalangan Kicau Mania dikenal 3 jenis burung Kacer yang umum dipelihara, yaitu Kacer Poci (dada putih), Kacer Wulung (dada hitam) dan Kacer Tretes (semi Poci dan Wulung).

Ketiga Kacer tersebut sebetulnya burung sejenis, yang membedakan ketiganya hanya pada warna bulu dadanya saja.

Kacer Poci, Kacer Wulung dan Kacer Tretes sama-sama memiliki mental fighter dan juga memiliki gaya tarung (ngobra) yang sama.

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dari ketiga jenis Kacer tersebut, baik dari bentuk tubuh, suara kicauan maupun gaya tarungnya, hanya warna bulu dibagian dadanya saja yang berbeda.

Tapi jika di amati dengan seksama, sebetulnya ada beberapa perbedaan dari ke tiga jenis Kacer tersebut selain dari warna bulu dadanya. Yaitu kualitas suara dan juga mentalnya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kacer Poci atau Kacer dada putih adalah jenis Kacer yang saat ini paling digemari oleh para Kicau Mania, baik sekedar untuk klangenan dirumah atau untuk dilombakan.


Di arena lomba burung sekarang ini Kacer Poci lebih mendominasi hampir di semua wilayah, dari mulai latber dikampung-kampung sampai pada event-event besar tingkat Nasional Kacer Poci masih mendominasi. Maka tidak heran jika dipasaran Kacer Poci lebih diminati oleh para Kacer Mania.

Kacer Poci atau Kacer dada putih memiliki keunggulan pada suaranya yang kristal melengking dengan banyak variasi lagu. Gaya tarungnya juga sangat eksotis dengan membuka sayap dan ekor serta leher meliuk-liuk atau biasa disebut ngobra. Kelebihan lain dari Kacer Poci adalah pada saat tarung lebih ngotot, total dan penuh power.

Sedangkan Kacer Wulung atau Kacer Dahit saat ini memang kurang begitu diminati, popularitasnya kalah jauh dari Kacer Poci.

gambar kacer wulung dada hitam
Burung Kacer Wulung

Di arena lomba, Kacer Wulung juga jarang terlihat karena jarang sekali ada EO yang membuka kelas khusus untuk Kacer Wulung (dada hitam). Maka tidak heran jika dipasaran Kacer Wulung kurang diminati dan harga juga mulai turun.

Padahal jaman dulu memiliki Kacer Wulung terkesan lebih exclusif dan harganya juga jauh lebih mahal dari Kacer Poci.


Sebetulnya secara kualitas Kacer Wulung tidak kalah dengan Kacer Poci, penampilan fisiknya lebih gagah dan terkesan garang dengan warna hitam full dibagian dadanya. Bahkan dari segi mental dan stamina, rata-rata Kacer Wulung lebih unggul dibandingkan dengan kebanyakan Kacer Poci.

Kacer Wulung atau Kacer dada hitam mampu bertarung berjam-jam tanpa mbagong. Jika kedua jenis Kacer ini ditrek, kebanyakan Kacer Wulung lebih unggul dan kebanyakan Kacer Poci akan mbagong jika ditrek dengan Kacer Wulung.

Kelemahan Kacer Wulung adalah pada tipe suaranya yang cenderung ngebass, kurang kristal dan terkesan tidak plong atau kurang melengking.

Pada saat tarung, Kacer Wulung juga memiliki gaya ngobra seperti halnya Kacer Poci tapi terkesan kurang ngotot.

Jadi jika kedua jenis Kacer ini dibandingkan maka kelebihan untuk Kacer poci (dada putih) adalah pada tipe suaranya yang kristal dengan banyak variasi lagu, sedangkan Kacer Wulung (dada hitam) memiliki kelebihan pada mental dan staminanya yang lebih tangguh.

Sedangkan Kacer Tretes secara fisik sebetulnya sangat mirip dengan Kacer Wulung lokal, yang membedakan keduanya adalah warna bulu pada bagian perut Kacer Tretes terdapat totol-totol berwarna putih, sedangkan bulu dada Kacer Wulung berwarna hitam polos sampai pada bagian anusnya.

Kacer Tretes paling sedikit peminatnya, tapi karena stock bahan Kacer Tretes dipasaran cukup banyak maka tidak sedikit pula yang memelihara Kacer jenis ini sebab harganya juga paling murah dibanding Kacer jenis lain.

Dari segi suara, tipe suara Kacer Tretes hampir sama dengan tipe suara Kacer Wulung. Kacer Tretes juga memiliki mental fighter yang tangguh tapi masih dibawah Kacer Wulung.

gambar kacer tretes / semi
Burung Kacer Tretes


Demikian sedikit informasi tentang kelebihan Kacer Poci dibanding Kacer Wulung dan Kacer Tretes yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Kacer Poci dibanding Kacer Wulung dan Kacer Tretes"