Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Untuk Membuat Anis Merah Cepat Teler

gambar anis merah teler doyong
Burung Anis Merah
Onkicau.com – Anis Merah (AM) atau sering juga disebut Anis Bata adalah salah satu jenis burung ocehan yang cukup populer dikalangan Kicau Mania di Indonesia.

Alasan kenapa banyak penggemar burung ocehan tertarik untuk memelihara burung Anis Merah adalah karena burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Selain itu, Anis Merah juga memiliki gaya teler doyong yang khas dan unik ketika berkicau.

Tapi hanya burung Anis merah (AM) jantan saja yang bisa teler dan memiliki suara kicauan yang bervariasi.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Anis Merah memang cukup sulit karena burung ini termasuk jenis burung monomorfik, yaitu antara jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang serupa.

Tapi meskipun tampak serupa, jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Anis Merah jantan dan betina.

Ciri-ciri burung Anis Merah jantan bisa dilihat dari postur tubuhnya yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang supit keras dan lebih rapat, warna bulu lebih tegas/kontras, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu dibawah paruh bagian bawah lebih pudar, mata besar melotot dengan sorot mata tajam, bentuk kepala lebih besar dan lebih aktif bergerak.


Selain harus berjenis kelamin jantan, usahakan untuk memilih bahan Anis Merah yang prospek dengan ciri-ciri sebagai berikut:

- Pilihlah Anis merah (AM) yang memiliki paruh berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang, serta paruh bagian bawah harus lurus.

- Pilihlah Anis merah (AM) yang memiliki postur tubuh sedang dengan leher yang panjang dan bentuk badan, ekor, serta kaki terlihat proporsional.

- Pilihlah Anis Merah (AM) yang kedua sayapnya mengepit rapat dan kakinya mencengkram kuat pada tangkringan.

- Pilihlah bahan Anis Merah (AM) yang sehat, lincah dan nafsu makannya besar.

Teler doyong adalah ciri khas burung Anis Merah, yaitu berkicau sambil menggoyang-goyangkan kepalanya ke kiri dan ke kanan.

Ketika Anis Merah sedang teler doyong, burung ini akan berkicau dengan mengeluarkan suara-suara isiannya yang bervariasi.

Ada dua faktor yang dapat memicu Anis Merah teler doyong, yaitu karena melihat Anis Merah betina dan karena sudah dewasa atau birahi. Karena gaya teler tersebut merupakan cara burung Anis Merah jantan untuk merayu Anis Merah betina.

Berikut ini tips jitu untuk membuat Anis Merah cepat teler doyong:

1. Anis Merah jantan akan mulai teler setelah berusia 8 bulan lebih. Karena pada usia tersebut burung Anis Merah jantan sudah  mulai birahi dan siap kawin. Jadi pilihlah Anis Mrah jantang yang sudah berusia 8 bulan atau lebih.

Cara mudah untuk mengetahui apakah Anis Merah jantan sudah birahi atau belum adalah dengan mendekatkannya dengan burung Anis Merah betina.

2. Untuk membuat Anis Merah cepat teler doyong sebaiknya mandikan burung secara teratur setiap pagi dan malam hari. Burung ini menyukai cuaca dingin karena habitat aslinya berada didaerah yang dingin.

Mandikan Anis Merah dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer atau mandi keramba tergantung kebiasaan. Setelah dimandikan, kemudian jemur burung sekitar 30 menit sampai 1 jam saja karena burung ini tidak menyukai cuaca panas.

3. Berikan pakan yang berkualitas agar Anis Merah selalu dalam kondisi fit dan prima. Untuk pakan utamanya sebaiknya diberikan voer yang terdapat kandungan rumput laut pada komposisi bahannya dan jangan sering ganti-ganti voer karena hal itu bisa menyebabkan Anis Merah stress.

Berikan juga buah-buahan seperti pisang kepok, pepaya, apel merah atau yang lainnya setiap hari dengan diselang-seling  untuk memenuhi kebutuhan vatamin burung Anis Merah.

Berikan extra fooding (EF) berupa jangkrik, kroto dan cacing. Sebaiknya jangan diberikan ulat hongkong kecuali pada saat musim hujan atau pada saat memasuki masa mabung.


4. Cara paling efektif untuk membuat Anis Merah teler, yaitu mendekatkannya dengan Anis Merah betina. Tapi jika tidak punya burung Anis Merah betina, solusinya bisa menggunakan suara Mp3 Anis Merah betina.

Ketika melihat atau mendengar suara Anis Merah betina biasanya Anis Merah jantan akan terpancing untuk berkicau dan mulai teler doyong.

5. Embunkan burung Anis Merah setiap pagi mulai jam 05:00 agar burung bisa menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi yang merupakan waktu favorit burung-burung di alam bebas untuk berkica saling bersahutan.

Biasanya ketika di embunkan, burung Anis Merah akan terpancing untuk berkicau dengan lantang (ngeplong).

6. Tempatkan kandangnya dilokasi yang teduh dan nyaman. Jauhkan dari segala bentuk gangguan yang dapat membuat Anis Mrah stress. Karena jika burung ini sampai stress cukup sulit untuk memulihkan kondisinya kembali seperti semula.

Perawatan burung Anis Merah (AM) memang cukup rumit karena burung ini termasuk burung yang sensitif. Jika salah perlakuan atau perawatan maka jangankan teler, seringkali justru macet bunyi.

Karena perawatannya yang cukup sulit itulah yang membuat banyak Kicau Mania menyerah ketika merawat  burung Anis Merah yang macet bunyi atau hanya ngeriwik saja.

Merawat burung Anis Merah membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena untuk membuat Anis Merah gacor dan teler kita harus memahami karakter dan kemauan burung.


Demikian sedikit informasi tentang cara jitu untuk membuat Anis Merah cepat teler doyong yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi  lain seputar Anis Merah, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Jitu Untuk Membuat Anis Merah Cepat Teler"