Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi Murai Batu over birahi

gambar burung murai batu over birahi / ob
Burung Murai Batu (MB)
Onkicau.com – Murai Batu (MB) merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling populer di Indonesia dan memiliki banyak penggemar.

Burung ini dikenal sebagai burung kicauan terbaik dengan segala kelebihannya, dari mulai suara kicauannya yang merdu dan bervariasi, penampilan fisiknya yang menarik dengan ekor panjang menjuntai, serta gaya tarungnya yang atraktif.

Tapi tak ada gading yang tak retak, karena dibalik semua kelebihan yang dimiliki burung Murai Batu (MB) tetap saja ada kekurangannya. Salah satu kelemahan Murai Batu adalah mudah mengalami over birahi (OB).

Meskipun pada saat dalam kondisi norma burung ini begitu menyenangkan dengan suara kicauannya yang merdu dan gayanya yang atraktif, tapi ketika  mengalami over birahi (OB) maka perilakunya akan menjadi tidak terkontrol, tertama ketika dilombakan, seperti mengejar lawan, ngelowo, ngeban/ngukluk (tidak bogkar isian) atau perilaku-perilaku negatif lainnya.


Salah satu ciri yang paling menonjol saat Murai Batu mengalami over birahi adalah ngelowo, yaitu perilaku membuka sayap ketika bertemu lawan. Seringkali perilaku ngelowo ini juga dibarengi dengan ngeruji atau turun ke dasar kandang sambil bersuara ngeriwik.

Tentunya hal itu akan mengurangi penampilannya saat dilombakan. Oleh karena itu, jika Murai Batu sering ngelpwo/mbetmen sebaiknya segera di atasi, terutama untuk Murai Batu lomba.

Pada dasarnya ngelowo adalah perilaku alami dari burung Murai Batu (MB) ketika merasa tidak nyaman, baik pada fisik maupun mentalnya.

Perilaku ngelowo ini tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya. Sebagai pemiliknya, kita hanya bisa menebak-nebak saja dengan cara memahami karakter Murai Batu yang kita rawat.

Dengan memahami karakter dan kebiasaan burung Murai Batu, maka kita bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab Murai Batu berperilaku ngelowo. Salah satu faktor penyebab Murai Batu ngelowo adalah karena over birahi (OB).

Jika Murai Batu menunjukkan tanda-tanda over birahi (OB), salah satunya seriing ngelowo/ngebetmen sebaiknya segera di atasi karena jika dibiarkan bisa bertambah parah dan akan berakibat pada penurunan performa Murai Batu secara drastis, terutama untuk Murai Batu lomba.


Berikut ini tips perawatan untuk mengatasi Murai Batu yang mengalami over birahi (OB):

1. Embunkan Murai Batu (MB) setiap hari mulai jam 05:00 pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi yang sejuk untuk membantu menstabilkan tingkat birahinya.

2. Kurangi porsi extra fooding (EF) yang berpotensi memicu naiknya birahi Murai Batu, terutama jangkrik dan kroto.

3. Berikan cacing atau ulat bumbung setiap pagi dan sore sampai kondisi Murai Batu (MB) kembali normal.

3. Umbar Murai Batu setiap hari dari pagi sampai sore. Usahakan kandang umbaran ditempatkan dilingkungan yang tenang dan sejuk serta banyak pohon-pohon disekitarnya dan dekat dengan suara gemercik air.

Dengan terbang bolak-balik didalam kandang umbaran dapat membakar kalori lebih cepat sehingga dapat menurunkan tingkat birahi Murai Batu.

Terapi kandang umbaran juga dapat menjadi sarana refreshing untuk Murai Batu yang sudah terlalu lama berada didalam kandang kandang harian, karena burung akan merasa seperti berada dihabitat aslinya.

Sediakan bak mandi didalam kandang umbaran agar Murai Batu bisa mandi sesukanya. Usahakan juga agar kandang umbaran terkena sinar matahari secara langsung dari sela-sela dedaunan agar Murai Batu bisa berjemur sesukanya dan bisa berteduh sesukanya.

Didalam kandang umbaran bisa juga diberi untulan burung-burung kecil atau  Murai Batu betina, karena hal itu bisa mempercepat pemulihan kondisi Murai Batu yang sedang dalam kondisi OB. Tapi resikonya burung untulan biasanya akan dihajar habis-habisan.

4. Untuk sementara sebaiknya Murai Batu yang dalam kondisi over birahi di isolasi dulu. Jauhkan dari burung-burung lain yang gacor, terutama burung sejenis.


Demikian sedikit informasi tentang cara mmengatasi Muurai Batu over birahi (OB) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengatasi Murai Batu over birahi"