Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara ampuh untuk memaksimalkan volume suara burung Pleci

gambar burung pleci buka paruh
Burung Pleci

Onkicau.com – Pleci atau burung Kacamata termasuk burung ocehan yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar setia. Bahkan beberapa tahun yang lalu burung mungil ini pernah sangat booming dan menjadi burung favorit yang banyak dipelihara oleh para Kicau Mania.

Burung Pleci memang istimewa, karena meskipun ukuran tubuhnya kecil tapi suara kicauannya cukup lantang dan nyaring. Selain itu, suara kicauan Pleci juga bervariasi karena burung ini termasuk burung cerdas yang dapat menirukan berbagai macam suara burung lain yang sering didengarnya.

Tapi tidak semua burung Pleci bisa bersuara dengan volume keras dan lantang, karena seringkali burung ini hanya bersuara ngeriwik saja meskipun sudah dipelihara cukup lama.

Hal itu bisa disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya karena burung memang belum mapan, karena perawatan yang kurang tepat, karena kualitasnya kurang bagus atau karena Pleci yang dipelihara berjenis kelamin betina.

Jadi sebelum melakukan perawatan untuk memaksimalkan volume suara Pleci, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan jenis kelamin Pleci yang dipelihara adalah jantan, kemudian memilih Pleci yang kualitasnya bagus dengan melihat ciri-ciri fisiknya atau katuranggannya.


Jika sudah dipastikan bahwa burung Pleci yang dipelihara berjenis kelamin jantan dan memiliki kualitas yang bagus, maka langkah selanjutnya tinggal memolesnya saja dengan memberikan perawatan yang tepat untuk memksimalkan volume suaranya.

Berikut ini tips untuk memaksimalkan volume suara Pleci:

1. Penjemuran

Penjemuran sangat bermanfaat untuk semua jenis burung ocehan termasuk Pleci. Penjemuran yang dilakukan secara rutin dan teratur akan membuat burung Pleci sehat dan aktif serta bersuara lantang.

Karena pada saat dijemur, lendir-lendir yang ada ditenggorokan burung akan keluar sehingga kan membuat suaranya lebih plong dan nyaring.

Lakukan penjemuran secara rutin setiap pagi setelah  burung dimandikan. Jemur Pleci dengan durasi maksimal sampai burung terlihat mangap dan gelisah.

Biasanya pada saat merasa kepanasan burung Pleci akan mengibas-ngibaskan kepalanya untuk membuang lendir-lendir ditenggorokannya.

2. Umbaran

Burung Pleci dapat berkicau dengan lantang jika kondisi fisiknya sehat dan staminanya prima. Untuk membuat burung Pleci lebih sehat dan memiliki stamina yang prima bisa dengan cara melatihnya didalam kandang umbaran atau kandang yang luas.

Tujuannya agar burung Pleci bisa lebih leluasa untuk bergerak atau terbang kesana-kemari. Dengan sering menggunakan sayapnya untuk terbang maka akan membuat otot-otot dadanya menjadi kuat dan nafasnya juga menjadi lebih panjang sehingga burung Pleci mampu berkicau dengan volume yang maksimal.

3. Pakan

Selain malakukan penjemuran yang maksimal dan latihan dikandang umbaran, burung Pleci juga harus diberikan asupan pakan yang berkualitas dengan porsi yang tepat.

Karena semua perawatan dan latihan yang dilakukan akan percuma jika tidak di imbangi dengan asupan pakan yang memadai, karena hal itu justru bisa membuat kondisi fisik burung Pleci ngedrop.

Burung Pleci harus diberikan asupan pakan secara tepat dan seimbang, dari mulai pemberian pakan utama berupa voer, buah-buahan, dan extra fooding (EF) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitaminnya, jangan sampai kekurangan atau kelebihan.


Ganti juga air minumnya setiap hari dengan yang baru agar tidak terjangkit kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Jika perlu, berikan juga multivitamin yang dicampurkan pada air minumnya seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk menjaga kondisi fisik burung Pleci agar selalu fit.

4. Tempel dengan Pleci lain

Pleci termasuk jenis burung koloni, jadi ketika mendengar suara kicauan burung sejenis maka burung ini akan menyahuti dengan suara yang lantang.

Gantang burung Pleci dengan jarak berjauhan dengan Pleci lain agar saling menyahuti dengan suara yang maksimal. Dengan begitu maka lama kelamaan burung Pleci akan terbiasa bersuara lantang.

5. Kerek di tiang tinggi

Menggantang atau mengerek burung Pleci di tiang kerekan atau pohon yang tinggi sudah banyak dilakukan oleh para Pleci Mania dengan tujuan agar burung Pleci peliharaannya lebih cepat jadi.

Menggantang atau mengerek burung Pleci di ketinggian memiliki pengaruh yang baik pada kondisi mental dan kesehatan burung Pleci.

Dengan dikerek diketinggian maka burung Pleci dapat menghirup udara segar pagi hari dan menikmati suasana pagi dengan pemandangan yang luas seperti dihabitat aslinya, sehingga burung Pleci akan merasa nyaman, segar dan terbebas dari stress.

Selain itu, menggantang Pleci di tiang yang tinggi juga bermanfaat untuk meningkatkan power dan volume suara kicauannya.

6. Pemasteran

Lakukan pemasteran untuk memperkaya materi isiannya, terutama karakter suara yang tajam dan nembak. Dengan memiliki banyak variasi suara isian maka burung Pleci akan lebih percaya diri untuk berkicau dengan lantang.


Demikian sedikit informasi tentang cara memaksimalkan volume suara Pleci atau burung Kacamata yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara ampuh untuk memaksimalkan volume suara burung Pleci"