Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 jenis burung Kolibri yang paling banyak dipelihara beserta gambarnya

Onkicau.com – Burung-burung penghisap madu sekarang ini sedang naik daun dan banyak digemari oleh para Kicau Mania. Alasannya karena burung-burung jenis Kolibri rata-rata memiliki suara kicauan yang bagus, nyaring dan bervariasi.

Selain itu, rata-rata burung jenis Kolibri juga memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang menarik, sehingga banyak penggemar burung kicauan yang tertarik untuk memelihara burung bertubuh mungil ini.

Ada beberapa jenis burung Kolibri yang cukup populer dan banyak dipelihara oleh para Kicau Mania  karena selain memiliki suara kicauan yang bagus juga mudah untuk didapatkan.


Berikut ini 6 jenis burung Kolibri yang paling populer dan paling digemari oleh para Kicau Mania di Indonesia:

1. Burung Kolibri Ninja ( Konin )

gambar burung kolibri ninja / konin jantan
Burung Kolibri Ninja ( Konin )

Kolibri Ninja adalah salah satu jenis burung Kolibri yang paling populer dan paling digemari. Popularitas Kolibri Ninja semakin menanjak karena burung ini sering dilombakan, sehingga semakin banyak Kicau Mania yang berminat untuk memeliharanya.

Kolibri Ninja (Konin) merupakan burung tipe fighter yang cukup agresif sehingga sangat cocok jika dilombakan karena karakter dan gaya tarung sangat bagus.

Karakter dan gaya tarung Kolibri Ninja saat di adu dengan burung sejenis mirip dengan gaya tarung burung Kacer, yaitu berkicau sambil meliuk-liukkan lehernya atau sering disebut ngobra.

Konin juga termasuk burung cerdas yang dapat menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya, sehingga suara kicauannya cukup bervariasi.

Semakikin ramainya gantangan kelas Kolibri Ninja (Konin) dan semakin banyaknya peminat Konin membuat harga burung ini juga semakin menanjak, apalagi untuk Konin yang sudah berprestasi digantangan harganya bisa fantastis.

Hal itu tentunya semakin menarik minat para Konin Mania untuk mengikut sertakan Konin gacoannya digantangan dengan harapan bisa berprestrasi dan menaikkan nilai jualnya.


2. Burung Sogok Ontong ( Sogon )

gambar burung sogok ontong / sogon jantan
Burung Sogok Ontong ( Sogon )

Sogok Ontong atau Kolibri Sriganti adalah jenis burung penghisap nektar bunga seperti halnya burung-burung jenis Kolibri yang lain.

Beberapa tahun lalu ketika Kolibri Ninja sedang ramai-ramainya, burung Sogok Ontong kurang begitu diminati.

Tapi sekarang ini Sogon sedang naik daun dan banyak dipelihara oleh para Kicau Mania karena ternyata kualitas suara kicauannya dan gaya tarungnya tidak kalah dengan burung Konin.

Burung Sogok Ontong ( Sogon ) memiliki ukuran tubuh sekitar 8 - 10 cm dengan paruh yang panjang, lancip dan melengkung sebagai ciri khas burung-burung penghisap nektar.

Suara crecetan tajam burung Sogon sangat cocok digunakan untuk masteran, tapi hanya burung jantan yang rajin bunyi dengan suara lantang dan memiliki suara kicauan yang bervariasi.


3. Burung King Konin

gambar burung king konin jantan
Burung King Konin

Burung King Konin juga termasuk salah satu jenis burung Kolibri yang cukup populer dikalangan penggemar burung ocehan.

Burung ini berasal dari Sumatera dan Kalimantan. Postur tubuhnya lebih besar dari Kolibri Ninja ( Konin ). Ukuran tubuhnya hampir sama dengan burung Wiceh atau Kolibri Kelapa.

Warna bulu King Konin didominasi warna hitam dan ungu metalik dengan mahkota berwarna hijau metalik dan bulu dibagian lehernya berwarna coklat tembaga. Sedangkan untuk King Konin betina bulu-bulunya berwarna hijau zaitun dan abu-abu.

Tipe suara King Konin didominasi suara tembakan tajam disambung suara ngeroll isian, sehingga burung ini sangat cocok dijadikan sebagai burung masteran.

4. Burung Kolibri Kelapa ( Wiceh )

gambar burung kolibri kelapa / wiceh jantan
Burung Kolibri Kelapa ( Wiceh )

Burung Kolibri Kelapa atau Kolibri Manggar memang tidak sepopuler Konin dan Sogon, tapi burung ini sudah lama dikenal oleh para Kicau Mania dan cukup digemari.

Dinamakan Kolibri Kelapa atau Kolibri Manggar sebab di alam bebas burung ini sering hingga di atas manggar ( bunga kelapa ). Dan disebut burung Wiceh karena burung ini sering bersuara “wiceh-wiceh” secara berulang-ulang.

Seperti jenis burung Kolibri lainnya, pakan utama burung Kolibri Kelapa di alam bebas adalah nektar bunga dan serangga-serangga kecil.

Tapi berbeda dengan kebanyakan burung Kolibri lainnya yang tidak bisa dilatih makan voer, burung Kolibri Kelapa bisa dilatih untuk makan voer sehingga lebih mudah dalam perawatan hariannya.

Burung Wiceh atau burung Kolibri Manggar termasuk salah satu jenis burung Kolibri yang paling mudah perawatannya.


5. Burung Kolibri Daun

gambar burung kolibri daun / kolibri wulung jantan
Burung Kolibri Daun

Burung Kolibri Daun atau Kolibri Muncang memang tidak sepopuler burung Kolibri jenis lainnya seperti Konin dan Sogon. Tapi sebetulnya suara kicauan Kolibri Daun tidak kalah bagus dengan burung Kolibri jenis lainnya.

Perawatan Kolibri Daun atau sering juga disebut Kolibri Wulung sebetulnya tidak berbeda jauh dengan perawatan burung Kolibri jenis lainnya, tapi perawatan burung ini termasuk yang paling mudah dibanding jenis burung Kolibri lainnya karena Kolibri Daun bisa dilatih untuk mengkonsumsi voer halus sebagai pakan hariannya.

6. Burung Kolibri Sepah Raja

gambar burung kolibri sepah raja jantan
Burung Sepah Raja

Kolibri Sepah Raja merupakan salah satu jenis burung penghisap madu yang memiliki suara kicauan cukup bagus, sehingga burung ini cukup digemari oleh para Kicau Mania.

Seperti halnya burung Kolibri jenis lainnya, di alam bebas burung Kolibri Sepah Raja sering menghisap nektar bunga sebagai makanan alaminya. Selain itu, burung ini juga suka memakan serangga-serangga kecil dan ulat-ulat kecil.

Ukuran tubuh Kolibri Sepah Raja termasuk kecil, panjangnya hanya sekitar 13 cm. Burung jantan memiliki warna bulu merah terang dan pada bagian dahi serta ekornya berwarna ungu. Bagian sayapnya berwarna hijau zaitun dan perutnya berwarna abu-abu gelap.

Sedangkan burung Kolibri Sepah Raja betina memiliki warna bulu hijau zaitun disekujur tubuhnya tanpa kombinasi warna lainnya.


Demikian sedikit informasi tentang 6 jenis burung Kolibri yang paling populer dan banyak dipelihara oleh para Kicau Mania yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini.  Untuk informasi lain seputar burung Kolibri, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "6 jenis burung Kolibri yang paling banyak dipelihara beserta gambarnya"