Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 jenis burung Ciblek yang banyak dipelihara beserta gambarnya

Onkicau.com – Burung Ciblek termasuk jenis burung ocehan yang cukup digemari oleh para Kicau Mania karena burung bertubuh kecil ini memiliki suara kicauan yang keras dan nyaring.

Beberapa tahun yang lalu burung Ciblek pernah sangat booming dan menjadi burung favorit para Kicau Mania di Indonesia.

Saat ini burung Ciblek memang tidak setenar dulu, popularitasnya semakin menurun dan sudah sangat jarang diadakan lomba untuk kelas Ciblek.

Tapi meskipun tidak setenar dulu, burung Ciblek masih tetap memiliki penggemar fanatik walaupun kebanyakan Kicau Mania memelihara burung Ciblek hanya untuk dijadikan sebagai burung masteran saja.


Suara burung Ciblek yang sangat nyaring dengan tembakan-tembakan rapatnya memang sangat cocok untuk masteran burung-burung jenis lain seperti Murai Batu, Kacer, Cucak ijo dan burung-burung lainnya, terutama untuk burung-burung lomba.

Ada beberapa jenis burung Ciblek yang banyak dipelihara oleh para penggemar burung ocehan, baik untuk dilombakan, untuk masteran atau hanya untuk dinikmati suara kicauannya saja.

Berikut ini beberapa jenis burung Ciblek yang banyak dipelihara beserta gambarnya:

1. Ciblek Kristal

gambar burung ciblek kristal
Burung Ciblek Kristal

Burung Ciblek Kristal merupakan jenis burung Ciblek yang paling populer dan paling digemari oleh para Kicau Mania, karena suara kicauannya lebih keras dan lebih nyaring dibanding burung Ciblek jenis lainnya.

Ciblek Kristal juga memiliki suara tembakan (ngebren) yang panjang dan rapat sehingga cocok untuk masteran burung-burung lomba. Selain itu, Ciblek Kristal juga memiliki mental fighter yang tangguh.

Jika tujuan memelihara burung Ciblek adalah untuk dilombakan, sebaiknya pilihlah Ciblek Kristal karena memiliki mental fighter yang tangguh dan memiliki karakter suara yang tajam.

2. Ciblek Semi

burung ciblek semi
Burung Ciblek Semi

Sekilas burung Ciblek Semi mirip dengan  burung Ciblek Kristal, baik dari penampilan fisiknya maupun dari suaranya. Tapi secara kualitas, Ciblek Kristal sedikit lebih unggul dari Ciblek Semi dan harga Ciblek Kristal juga lebih mahal dari Ciblek Semi.

Walaupun terlihat sama, tapi jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Ciblek Semi dan Ciblek Kristal.

Perbedaan yang paling menonjol dari keduanya dapat dilihat pada warna bulu dibagian dada sampai dibagian perutnya.

Warna bulu dada Ciblek Semi tampak putih dengan sedikit semburat warna hitam dan ada sedikit warna kekuningan pada bagian sekitar perutnya. Sedangkan warna bulu dada Ciblek Kristal tampak putih bersih sampai pada bagian perut dan ada semburat warna hitam yang cukup dominan dibagian dadanya.


3. Ciblek Gunung

gambar burung ciblek gunung / cigun
Burung Ciblek Gunung

Burung Ciblek Gunung (Cigun) atau biasa disebut burung Tribel memang tidak sepopuler burung Ciblek Kristal atau Ciblek Semi. Tapi burung ini cukup digemari untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Ciblek Gunung memiliki tipe suara nembak (ngebren) yang sangat cocok menjadi materi isian burung-burung lomba.

4. Ciblek Sawah

gambar burung ciblek sawah
Burung Ciblek Sawah

Burung Ciblek Sawah atau Ciblek Pari sekarang ini cukup diminati oleh para Kicau Mania. Burung ini biasanya dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Suara burung Ciblek Sawah atau sering juga disebut burung Klik-klik cukup bagus dijadikan masteran untuk melengkapi materi isian burung-burung lain.

5. Ciblek Tebu

gambar burung ciblek tebu
Burung Ciblek Tebu

Burung Ciblek Tebu adalah jenis burung kicauan yang banyak dijumpai berkeliaran diperkebunan tebu dan semak-semak disekitar perkebunan tebu untuk mencari makan.

Di alam bebas, burung Ciblek Tebu sering memakan ulat, belalang, jangkrik liar dan bibatang-binatang kecil lainnya.

Secara fisik penampilan burung Ciblek Tebu mirip dengan burung Ciblek Semi atau Ciblek Kebun tapi bagian kepalanya mirip dengan Ciblek Sawah.

Burung Ciblek Tebu atau sering juga disebut Meong Tebu sering terdengar berkicau pada pagi dan sore hari, terutama setelah turun hujan.

Seperti halnya jenis burung Ciblek lainnya, burung Ciblek Tebu yang rajin berkicau dan memiliki suara kicauan nyaring serta bervariasi adalah yang berjenis kelamin jantan. Sedangkan burung Ciblek Tebu betina jarang bunyi dan suara kicauannya cenderung monoton dengan volume kecil.

Dari ke lima jenis burung Ciblek tersebut, burung Ciblek Kristal adalah yang paling di minati karena kualitas suaranya paling bagus dibanding jenis burung Ciblek lainnya.


Demikian sedikit informasi tentang 5 jenis burung Ciblek yang banyak dipelihara lengkap dengan gambarnya yang dapat  kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Ciblek, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "5 jenis burung Ciblek yang banyak dipelihara beserta gambarnya"