Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan burung Betet agar cepat jinak dan bisa ngomong

gambar burung betet jawa
Burung Betet Jawa
OnKicau.com – Burung Betet nerupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang cukup dikenal oleh para penggemar burung di Indonesia dan juga cukup digemari.

Selain memiliki warna bulu yang cantik, burung Betet juga termasuk burung cerdas yang bisa menirukan berbagai macam suara yang sering didenganrnya, bahkan bisa dilatih untuk menirukan kata-kata Manusia.


Burung Betet juga mudah dipelihara karena tidak pilih-pilih jenis makanan dan mudah jinak sehingga bisa di ajak bermain-main.

Di alam bebas, burung Betet biasa memakan biji-bijian dan buah-buahan yang ada dihutan. Dan ketika dipelihara, burung ini bisa diberikan jenis makanan berupa biji-bijian dan buah-buahan yang biasa digunakan sebagi makanan burung.

Berikut ini beberapa jenis pakan yang cocok untuk burung Betet:
gambar burung betet jawa makan jagung
Makanan Burung Betet
1. Biji-bijian

Burung Betet bisa diberikan pakan berupa biji-bijian yang biasa diberikan sebagai pakan untuk burung-burung pemakan biji-bijian, seperti: millet, biji gandum, biji bunga matahari dan biji-bijian lainnya.

2. Buah-buahan

Selain memakan biji-bijian, burung Betet juga menyukai buah-buahan seperti pepaya, pisang, jambu biji, dan buah-buahan lainnya.

3. Sayuran

Selain biji-bijian dan buah-buahan, burung Betet juga bisa diberikan pakan tambahan berupa sayuran, seperti: sawi, kangkung, jagung muda, wortel, dan sayur-sayuran lainnya.

Cara merawat burung Betet agar cepat jinak dan rajin bunyi:

Kandang:

Tempatkan burung Betet didalam kandang besi atau kandang yang terbuat dari kawat ram karena paruh burung ini sangat tajam sehingga dapat merusak kandangnya jika menggunakan kandang kayu atau bambu.

Bersihkan kandangnya secara rutin agar burung Betet merasa nyaman dan selalu sehat, karena kotoran burung yang menumpuk dan sisa-sisa pakan yang berceceran didasar kandang bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Perawatan mandi dan penjemuran:

Mandikan burung Betet setiap pagi pada jam 07.00 atau jam 08.00 pagi dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer sampai basah kuyup dan menggigil kedinginan.

Dalam kondisi kedinginan burung Betet akan menjadi lebih tenang dan akan merasa lapar karena banyak membakar kalori untuk menghangatkan tubuhnya.

Dalam kondisi lapar, burung Betet akan merasa tergantung kepada kita yang selalu memberinya makan. Pada saat itulah waktu yang tepat untuk menjalin kedekatan dengan burung Betet tersebut dengan cara memberikan pakan kesukaannya langsung dari tangan kita.

Untuk menghindari agar tangan kita tidak dipatuk, pertama kita berikan makanan menggunakan lidi/kayu untuk memberikan pakan berupa pisang kepok atau pepaya.

Pada hari berikutnya ukuran lidi/kayu dibuat lebih pendek. Jika burung terlihat sudah tidak takut lagi mengambil pakan dari lidi/kayu, cobalah untuk memberikan makanan langsung dari tangan kita.

Jika burung Betet sudah berani mendekat dan memakan pisang atau pepaya yang kita berikan, itu tandanya burung sudah mulai merasa nyaman dengan kita.

Lakukan cara ini secara rutin agar burung Betet yang kita pelihara menjadi jinak total dan bisa kita ajak bermain-main.

Jika cara penjinakan tersebut kita lakukan secara konsisten, biasanya tidak butuh waktu lama burung Betet yang tadinya sangat liar akan menjadi lebih jinak.

Setelah selesai dimandikan dan diberi pakan, angin-anginkan dulu ditempat yang teduh sampai bulu-bulunya kering. Setelah bulu-bulunya kering kemudian jemur burung selama kurang lebih satu jam.

Berikan pakan berupa biji-bijian dan buah serta ganti air minumnya dengan yang baru setiap hari. Berikan juga tulang sotong atau cangkang telur sebagai asupan kalsium.

Penempatan:

Agar burung Betet lebih cepat jinak, sebaiknya tempatkan kandangnya dilokasi yang ramai dan sering dilalui anggota keluarga agar burung terbiasa dengan keberadaan Manusia disekitarnya.

Jangan menempatkan burung Betet yang masih liar ditempat sepi karena hal ini justru akan membuat burung sulit jinak dan selalu ketakutan saat ada orang yang mendekatinya.

Jika burung terlihat takut/glabrakan sebaiknya tempatkan kandang/tenggerannya ditempat yang agak tinggi dan setiap minggunya posisi kandang/tenggeran diturunkan sedikit demi sedikit sampai pada posisi normal.

Pemasteran:

Setelah burung Betet benar-benar jinak, kita bisa mulai melakukan pemasteran dengan suara-suara yang kita inginkan.

Caranya sama dengan cara memaster burung kicauan lain pada umumnya, yaitu dengan menggantang burung Betet bersama burung-burung masteran yang kita inginkan atau bisa juga menggunakan suara Mp3 player.

Agar burung Betet bisa menirukan suara Manusia, sebaiknya tempatkan burung ini diruangan yang sering digunakan berkumpul dan beraktivitas dengan keluarga atau diruang tamu agar burung sering mendengar kata-kata Manusia sehingga bisa merekamnya.

Selain itu, kita juga melatihnya dengan memperdengarkan satu kalimat saja setiap hari secara berulang-ulang. Setelah burung Betet bisa menirukan satu kalimat yang kita ajarkan, baru kita ajarkan lagi dengan kalimat yang lain.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang perawatan yang tepat untuk burung Betet agar cepat jinak dan bisa bicara yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung ocehan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan burung Betet agar cepat jinak dan bisa ngomong"