Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Betet jantan dan betina paling akurat

gambar burung betet jawa jantan dan betina
Burung Betet Jawa Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Betet adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang terkenal pintar menirukan berbagai macam suara dan bisa dilatih untuk melakukan beberapa jenis atraksi jika dilatih dengan baik.

Selain itu, burung Betet juga memiliki penampilan dan warna bulu yang indah sehingga burung ini banyak disukai oleh para penggemar burung.

Jika ingin memelihara burung Betet sebagai burung peliharaan sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih mudah dilatih untuk menirukan berbagai macam suara termasuk suara Manusia dan juga lebih mudah untuk dilatih melakukan atraksi.


Untuk membedakan jenis kelamin burung Betet sebetulnya cukup mudah karena antara burung jantan dan betina memiliki penampilan atau ciri-ciri fisik yang agak berbeda.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Betet jantan dan betina (dewasa dan anakan):

1. Cara membedakan jenis kelamin burung Betet dewasa:
gambar burung betet sumatera jantan dan betina dewasa
Burung Betet Sumatera Jantan & Betina
Ciri-ciri fisik paling menonjol yang membedakan antara burung Betet jantan dan betina terdapat pada bagian paruhnya.

Burung Betet Sumatra jantan dewasa memiliki paruh yang berwarna oranye terang, sedangkan paruh burung Betet Sumatera betina berwarna hitam.

Sedangkan burung Betet Jawa jantan dewasa memiliki paruh berwarna merah terang dan burung Betet Jawa betina memiliki paruh berwarna oranye.

2. Cara membedakan jenis kelamin burung Betet muda / anakan:
gambar anakan burung betet jantan dan betina
Anakan Burung Betet Jantan & Betina
Untuk membedakan jenis kelamin burung Betet muda atau anakan bisa dilihat pada bagian cere atau bagian di atas pangkal paruh di sekitar lubang hidungnya.

Burung Betet jantan yang masih muda memiliki cere yang cenderung datar, sedangkan burung Betet betina yang masih muda/anakan memiliki cere yang menonjol sampai ke bagian dahi.

Itulah beberapa ciri-ciri yang cukup akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Betet dewasa dan jenis kelamin burung Betet yang masih muda atau yang masih anakan.

Mengetahui jenis kelamin burung Betet menjadi hal yang penting ketika akan menangkarkan burung ini. Dan jika hanya berniat menjadikan burung Betet sebagai burung peliharaan, pilihan terbaik adalah yang berjenis kelamin jantan karena lebih mudah dilatih untuk menirukan berbagai macam suara dan melakukan atraksi.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Betet jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Betet, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Betet jantan dan betina paling akurat"