Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Kacer paruh celah

gambar burung kacer paruh celah
Kacer paruh celah

Onkicau.com – Kacer adalah burung tipe fighter yang memiliki banyak penggemar karena burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi serta memiliki gaya tarung ngobra buka ekor yang khas.

Meskipun Kacer memiliki perilaku negatif “mbagong” yang menjadi momok menakutkan bagi para pemain Kacer, tapi nyatanya lomba burung kicau kelas Kacer tetap selalu ramai peserta. Hal itu membuktikan bahwa popularitas burung Kacer dikalangan Kicau Mania masih tetap stabil hingga saat ini.

Para pemain Kacer lomba biasanya akan memilih bahan Kacer yang prospek atau yang memiliki kualitas bagus dengan cara melihat ciri fisik atau katuranggannya dan juga dari perilakunya, karena pemilihan bahan yang prospek lapangan menjadi faktor penentu kesuksesan dalam bermain Kacer.

Baca juga: Kunci sukses bermain Kacer

Salah satunya yang banyak dicari oleh para Kacer Mania adalah burung Kacer yang memiliki paruh celah karena dipercaya memiliki kelebihan pada volume suaranya.

Disebut paruh celah karena antara paruh bagian atas dan paruh bagian bawahnya tidak bisa mengatup dengan rapat sehingga jika dilihat dari samping paruhnya akan terlihat berongga (celah).

Paruh celah merupakan kelainan yang di alami burung Kacer atau jenis burung lainnya sejak kecil, bisa disebabkan karena kekurangan kalsium sehingga pertumbuhannya menjadi tidak normal atau bisa juga karena cacat bawaan.

Jika dilihat dari segi penampilan, Kacer paruh celah terlihat kurang menarik karena bentuk paruhnya tidak sempurna atau tidak proporsional, tapi meskipun penampilannya kurang menarik ternyata burung Kacer yang paruhnya celah justru banyak dicari oleh para pemain Kacer lapangan.

Para penggemar burung Kacer banyak yang mencari Kacer paruh celah karena dipercaya memiliki kelebihan pada volume suaranya yang lebih keras dibanding burung Kacer yang paruhnya normal.

Meskipun ada juga yang menganggap bahwa hal itu hanya sebuah mitos tapi kenyatannya rata-rata burung Kacer yang paruhnya celah memang memiliki volume suara yang lebih keras dibanding rata-rata burung Kacer yang paruhnya normal.

Karena alasan itulah yang membuat banyak Kacer Mania mencari Kacer paruh celah untuk dijadikan sebagai gacoannya.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Kacer trotolan hutan dibanding Kacer trotolan ternak

Berikut ini beberapa kelebihan Kacer paruh celah:

1. Kacer yang paruhnya celah dipercaya memiliki volume suara yang keras dan tembus di atas rata-rata burung Kacer dengan paruh normal.

2. Rata-rata Kacer yang paruhnya celah memiliki tipe suara roll tembak sehingga sangat cocok untuk lomba, apalagi didukung dengan volume suara yang keras dan tembus tentu akan lebih mudah terpantau juri ketika dilombakan.

3. Kebanyakan Kacer paruh celah juga memiliki mental fighter yang tangguh dan bertipe menyerang dengan suara-suara nembak yang pedas.

Tapi bukan berarti setiap burung Kacer yang paruhnya celah dapat dipastikan memiliki kualitas yang bagus dari segala apek. Karena untuk memilih burung Kacer yang prospek lapangan, selain dilihat dari bentuk paruhnya juga harus memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti postur tubuh, bentuk kepala, bentuk kaki, mata, mental dan juga karakternya.

Baca juga: Mengenal karakter Kacer agar tidak salah perawatan

Berikut ini beberapa tipe suara burung Kacer sesuai bentuk paruhnya:

- Bentuk paruh tebal menandakan jika burung Kacer tersebut memiliki volume suara yang keras dan tebal.

- Bentuk paruh tipis dan runcing menandakan jika volume suara burung Kacer tersebut cederung lebih tajam / kristal.

- Bentuk paruh lurus menandakan jika burung Kacer tersebut memiliki gaya tarung duduk manis / anteng satu titik.

- Bentuk paruh melengkung menandakan jika burung Kacer tersebut memiliki gaya tarung atraktif naik turun plangkringan.

- Bentuk paruh celah menandakan jika burung Kacer tersebut memiliki volume suara yang keras dan tembus.

gambar burung kacer buka paruh
Kacer buka paruh

Jika tujuan memelihara burung Kacer untuk dilombakan sebaiknya pilihlah burung Kacer yang rongga mulutnya berwarna hitam pekat karena hal itu menandakan jika burung tersebut sudah berumur, karena biasanya burung Kacer yang sudah berumur memiliki mental yang stabil dan sudah siap untuk dilombakan.

Baca juga: Cara melatih mental fighter Kacer muda

Demikian sedikit informasi tentang kelebihan Kacer paruh celah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Kacer paruh celah"