Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara melatih mental fighter Kacer muda

gambar burung kacer muda fighter
Burung Kacer

Onkicau.com - Kacer merupakan salah satu jenis burung ocehan yang sampai saat ini masih cukup populer dan memiliki banyak penggemar. Selain dipelihara untuk dinikmati suara kicauannya yang merdu, burung ini juga sering dilombakan.

Tapi untuk bisa dilombakan, burung Kacer harus sudah benar-benar mapan dan memiliki mental fighter yang tangguh agar berani beradu suara digantangan dengan lawan-lawannya.

Untuk burung Kacer yang usianya masih muda maka harus dipersiapkan dulu mentalnya, fisiknya dan juga materi lagunya sebelum dilombakan, terutama untuk mental karena burung Kacer yang masih muda mentalnya belum stabil.


Berikut ini cara melatih mental fighter Kacer muda agar siap lomba:

Sebelum mulai dilatih, pastikan burung Kacer tersebut sudah jinak atau minimal jinak lalat dan sudah mengenal pemiliknya serta lingkungan sekitarnya agar tidak stress.

Biasakan untuk menggantang kandangnya ditempat yang ramai agar burung Kacer terbiasa dengan aktivitas Manusia disekitarnya. Dengan dibiasakan berada ditempat rama, nantinya Kacer tersebut akan berani berkicau meskipun banyak orang disekitarnya.

Setelah terbiasa di satu lokasi, tahap selanjutnya adalah menempatkannya di lokasi ramai lainnya sampai burung Kacer tersebut terbiasa digantang dimanapun dan tetap berani bunyi meskipun ditempat yang baru.

Dengan metode ini, burung Kacer akan terbiasa dengan segala kondisi lingkungan dan hal ini akan sangat bermanfaat dalam pembentukan mentalnya.

Baca juga: Tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter

Jika sudah terbiasa berada disegala kondisi lingkungan, tahap selanjutnya yaitu melatih mental fighternya dengan cara ditrek dengan beberapa burung Kacer lain.

Siapkan 3 atau 4 ekor burung Kacer untuk ditrek dengan burung Kacer muda yang dilatih. Untuk latihan pertama sebaiknya cukup ditrek dilantai saja dengan jarak yang agak jauh.

Dengan rutin ditrek akan membuat mental Kacer muda tersebut semakin terlatih. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering ditrek karena bisa menyebabkan burung Kacer kurang ngotot ketika dilombakan.

Selama melakukan pelatihan mental, sebaiknya jangan merubah bentuk dan perlengkapan kandangnya, karena jika sering dirubah-rubah akan membuat burung Kacer bingung dan perlu waktu lagi untuk beradaptasi dengan kandangnya.

Kacer lomba memerlukan fisik yang kuat agar memiliki stamina untuk bertarung digantangan. Untuk itu, asupan nutrisinya harus terpenuhi dengan diberikan pakan bernutrisi dan extra fooding (EF) dengan porsi yang pas serta ditambah juga dengan pemberian multivitamin.

Cara selanjutnya yang cukup ampuh untuk melatih mental fighter Kacer muda adalah dengan menggunakan burung untulan. Bisa menggunakan burung-burung kecil atau burung Kacer yang lebih muda. Tapi cara ini tidak di anjurkan karena tergolong ekstrim.

Setelah mental Kacer dirasa sudah mapan dan siap gantang, mulailah untuk sering membawanya ke arena lomba dan rutin mengikuti latber agar burung Kacer muda tersebut lebih berpengalaman dan terbiasa dengan suasana di gantangan.


Demikian sedikit informasi tentang cara melatih mental fighter Kacer muda yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara melatih mental fighter Kacer muda"