Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Murai Batu paruh celah

gambar murai batu paruh celah
Murai Batu paruh celah

Onkicau.com – Terkadang burung Murai Batu (MB) atau burung kicauan jenis lainnya yang memiliki kelainan pada bentuk fisiknya juga memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, salah satunya adalah Murai Batu paruh celah.

Disebut paruh celah karena antara paruh bagian atas dan paruh bagian bawah tidak bisa mengatup dengan rapat sehingga jika dilihat dari samping paruhnya akan terlihat berongga (celah).

Paruh celah merupakan kelainan yang di alami burung Murai Batu sejak kecil. Jika dilihat dari segi penampilan, Murai Batu paruh celah memang kurang menarik karena bentuk paruhnya tidak sempurna, tapi meskipun penampilannya kurang menarik ternyata Murai Batu paruh celah justru banyak dicari para pemain Murai Batu lapangan.

Para penggemar burung Murai Batu banyak yang mencari Murai Batu paruh celah karena dipercaya memiliki kelebihan pada suara kicauannya dibanding Murai Batu yang paruhnya normal.

Meskipun ada juga yang menganggap bahwa hal itu hanya sebuah mitos tapi kenyatannya sebagian besar burung yang paruhnya celah memang memiliki volume suara yang keras di atas rata-rata burung yang paruhnya normal. Oleh sebab itulah banyak MB Mania yang mencari Murai Batu paruh celah karena alasan tersebut.

Baca juga: Kelebihan Murai Batu kaki hitam

Berikut ini beberapa kelebihan Murai Batu paruh celah:

1. Murai Batu dengan paruh celah dipercaya memiliki volume suara yang keras dan tembus di atas rata-rata burung Murai Batu dengan paruh normal.

2. Rata-rata Murai Batu Paruh celah memiliki tipe suara roll tembak sehingga sangat cocok untuk lomba, apalagi didukung dengan volume yang keras dan tembus tentu akan lebih mudah terpantau juri ketika dilombakan.

3. Kebanyakan Murai Batu paruh celah juga memiliki mental fighter yang tangguh dan bertipe menyerang dengan suara-suara nembak yang pedas.

Tapi bukan berarti setiap burung yang paruhnya celah bisa dipastikan memiliki kualitas yang bagus dari segala apek. Karena untuk memilih Murai Batu yang prospek lapangan, selain dilihat dari bentuk paruhnya juga harus memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti postur tubuh, bentuk kepala, bentuk kaki, mata, mental dan juga karakternya.

Baca juga: Ciri-ciri trotolan Murai Baru bermental fighter

Berikut ini beberapa tipe suara burung Murai Batu sesuai bentuk paruhnya:

- Burung Murai Batu dengan paruh tebal dan panjang cenderung memiliki suara kicauan berdurasi pendek dengan tempo yang lambat, tapi memiliki volume suara yang keras dan lebih banyak mengeluarkan suara-suara nembak.

- Burung Murai Batu dengan paruh pendek dan tipis cenderung memiliki suara yang kristal melengking dengan speed rapat dan ngeroll.

- Burung Murai Batu dengan paruh celah rata-rata memiliki tipe suara roll tembak dengan volume yang keras dan tembus.

Jika tujuannya untuk lomba, sebaiknya pilihlah burung Murai Batu yang rongga mulutnya berwarna hitam pekat karena menandakan jika burung tersebut sudah berumur. Biasanya burung Murai Batu yang sudah berumur mentalnya sudah stabil dan sudah siap untuk dilombakan.

Baca juga: Ciri-ciri Murai Batu yang sudah siap dilombakan

Demikian sedikit informasi tentang kelebihan Murai Batu paruh celah dibanding Murai Batu paruh normal yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Murai Batu paruh celah"