Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan untuk Kacer mabung agar cepat tuntas

gambar burung kacer mabung / ngurak
Burung Kacer Mabung

Onkicau.com – Semua jenis burung pasti akan mengalami mabung atau ganti bulu karena merupakan siklus alami yang akan di alami oleh semua jenis burung setiap tahunnya termasuk burung Kacer.

Normalnya burung Kacer akan mengalami mabung setiap satu tahun sekali, tapi ada juga yang memasuki masa mabung lebih cepat dan ada juga yang lebih lama.

Biasanya masa mabung akan ditandai dengan jatuhnya beberapa helai bulu-bulu kecil terlebih dulu, kemudian disusul bulu-bulu besar seperti bulu sayap dan juga bulu ekor yang rontok setiap harinya.

Setelah terlihat tanda-tanda akan mabung / ngurak sebaiknya segera lakukan perawatan khusus mabung agar proses pergantian bulunya bisa berlangsung dengan normal dan cepat selesai.

Baca juga: Penyebab Kacer kanibal (cabut bulu) dan cara mengatasinya

Berikut ini cara merawat Kacer mabung / ngurak yang benar agar cepat tuntas:

1. Isolasi

Pada saat mabung / ngurak kondisi fisik dan mental burung Kacer cenderung tidak stabil karena adanya perubahan hormon didalam tubuhnya.

Oleh karena itu, sebaiknya burung Kacer yang sedang mabung ditempatkan diruangan yang tenang dan dijauhkan dari keberadaan burung fighter lain, terutama burung sejenis yang gacor agar burung Kacer yang sedang mabung tersebut bisa beristirahat dengan tenang dan fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya.

Pada saat mabung / ngurak, burung Kacer membutuhkan suasana yang tenang agar proses mabungnya dapat berlangsung dengan normal.

2. Full kerodong

Agar burung Kacer bisa istirahat total dan fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya, sebaiknya setiap hari kandangnya dikerodong (full kerodong) agar tidak terganggu dengan suasana disekitar kandangnya yang bisa menyebabkan burung mengalami stress.

Jika burung Kacer yang sedang mabung merasa terganggu dan stress maka proses mabungnya bisa menjadi tidak normal dan bahkan bisa macet mabung. Kerodong hanya dibuka pada saat akan membersihkan kotoran dan mengganti pakan serta air minumnya saja.

Untuk membuat burung Kacer merasa lebih rileks, kita bisa memberikan irisan daun pandan didasar kandangnya sebagai aroma terapi karena aroma harum daun pandan akan membuat burung Kacer menjadi lebih rileks sehingga proses mabungnya bisa berlangsung dengan normal dan cepat selesai.

Baca juga: Manfaat terapi sauna untuk Kacer

3. Pemberian pakan dan extra fooding (EF)

Pada saat mabung, porsi pemberian extra fooding (EF) dirubah dari settingan hariannya. Misalnya pada saat tidak mabung biasa diberikan jangkrik sebanyak 5/5 pagi/sore, maka pada saat mabung cukup diberikan jangkrik 3/3 pada pagi dan sore hari.

Untuk mempercepat proses perontokan bulu-bulunya, berikan larva tawon sebanyak 5/5 pada pagi dan sore hari, atau jika sulit mendapatkan larva tawon bisa diganti dengan pemberian ulat hongkong sebanyak 20 ekor pada pagi hari dan 20 ekor lagi pada sore harinya.

Pada masa perontokan bulu sebaiknya berikan voer yang mengandung telur dan madu pada komposisi bahannya.

4. Perawatan mandi dan jemur

Pada saat mabung / ngurak burung Kacer tidak perlu dimandikan setiap hari, cukup dimandikan seminggu sekali atau dua minggu sekali saja dan cukup dijemur selama 15 menit saja setiap jam 07:00 pagi.

Setelah dijemur kemudian kandangnya kembali dikerodong dan digantang bersama burung-burung masteran dengan jarak yang tidak terlalu dekat.

5. Perawatan setelah bulu-bulu baru mulai tumbuh

Setelah semua bulu-bulu lamanya rontok dan bulu-bulu baru sudah mulai tumbuh, maka porsi pemberian extra fooding (EF) perlu ditambah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Karena pada masa ini burung Kacer membutuhkan lebih banyak protein untuk pembentukan bulu-bulu baru.

Berikan jangkrik sebanyak 7 ekor pada pagi hari dan 7 ekor lagi pada sore harinya. Sebelum diberikan pada burung Kacer sebaiknya jangkrik di olesi dulu dengan minyak ikan agar bulu-bulu barunya bisa tumbuh sehat dan mengkilap.

Tapi jika ternyata burung Kacer tersebut tidak menyukai jangkrik yang di olesi minyak ikan sebaiknya jangan diteruskan karena bisa menyebabkan burung tidak mau makan jangkrik lagi nantinya.

Berikan juga kroto segar setiap dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian. Lebih bagus lagi jika diberikan buah-buahan seperti pisang kepok atau pepaya untuk memenuhi kebutuhan vitamin burung.

Tapi jika burung Kacer tidak mau memakan buah (karena pada dasarnya Kacer memang bukan jenis burung pemakan buah), maka alternatifnya yaitu dengan memberikan pakan buah dan sayuran pada jangkrik sebelum diberikan pada burung Kacer.

Baca juga: Jenis pakan dan extra fooding yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

6. Perawatan setelah bulu-bulu baru tumbuh sempurna

Setelah semua bulu-bulu barunya tumbuh sempurna, burung Kacer yang baru selesai mabung tersebut bisa mulai dimandikan setiap hari. Tapi untuk penjemuran cukup dilakukan 15 - 20 menit saja mulai jam 07:00 pagi karena bulu-bulunya masih basah.

Jika cuaca cerah embunkan burung Kacer setiap hari mulai jam 05:00 pagi untuk menghirup udara segar pagi hari dan pada jam 07:00 atau jam 08:00 pagi, mandikan burung Kacer didalam bak keramba sampai benar-benar puas.

Setelah selesai dimandikan, kemudian berikan jangkrik sebanyak 5 ekor atau tergantung kebiasaan. Porsi pemberian extra fooding (EF) dikembalikan lagi seperti settingan hariannya sebelum mabung.

Setelah diberikan extra fooding kemudian di angin-anginkan dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah bulu-bulunya kering baru dijemur selama kurang lebih 15 - 20 menit saja karena bulu-bulunya masih baru. Jika dijemur telalu lama bisa mengakibatkan bulu-bulunya menjadi kusam dan rusak.

Tunggu sekitar 2 bulan lagi agar bulu-bulunya kering baru boleh dijemur lama, itupun harus dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Kacer mabung / ngurak agar cepat tuntas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan untuk Kacer mabung agar cepat tuntas"