Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin

gambar burung kacer tipe panas
Burung Kacer

Onkicau.com – Dikalangan Kacer Mania ada dua istilah untuk membedakan burung Kacer berdasarkan karakternya, yaitu Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin.

Kacer tipe panas adalah istilah untuk menyebut burung Kacer yang memiliki karakter emosional / cepat panas atau biasa disebut tipe fighter tinggi. Kacer tipe inilah yang banyak dicari oleh para pemain Kacer lapangan karena settingannya lebih mudah dibanding Kacer tipe dingin.

Karakternya yang sangat agresif terhadap keberadaan burung Kacer lain disekitarnya membuat Kacer tipe panas gampang nampil dilapangan karena sifat tempurnya memang luar biasa.

Tapi jika pemiliknya tidak bisa mengatur emosinya yang meluap-luap, maka yang terjadi burung Kacer tipe ini akan bertingkah nakal dan rawan mbagong.

Baca juga: Cara ampuh untuk mengatasi Kacer mbagong

Kebanyakan Kacer tipe panas meskipun hanya dirawat seadanya akan tetap bisa nampil walaupun tidak maksimal. Secara umum perawatannya juga tergolong mudah, cukup dengan rutin di embunkan, mandi setiap pagi, jemur secukupnya dan diberikan jenis extra fooding (EF) yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh burung terlalu drastis.

Berikan extra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto dan ulat daun pisang. Lakukan pengumbaran seminggu 2 - 3 kali dan cukup dikrodong pada malam hari saja.

Sedangkan yang dimaksud Kacer tipe dingin adalah burung Kacer yang kurang emosi / lambat panas atau biasa disebut tipe fighter rendah. Kacer tipe dingin memerlukan perawatan dan settingan yang lebih rumit agar performanya bisa maksimal.

Untuk menjadikan Kacer tipe dingin lebih agresif dan ngotot ketika bertemu lawan, maka emosinya harus didongkrak dengan perawatan harian yang cukup rumit, dari mulai penjemuran dengan durasi lama dan jadwal mandi yang tidak boleh terlalu sering.

Berikan jenis extra fooding (EF) yang dapat meningkatkan suhu tubuh burung Kacer seperti ulat hongkong (UH) untuk meningkatkan tensinya agar emosinya naik.

Lakukan pengumbaran secara rutin untuk melatih fisik dan menguatkan nafasnya. Selebihnya Kacer tipe dingin perlu lebih banyak dikerodong (full kerodong) untuk menjaga tingkat emosinya.

Sebetulnya tidak ada perbedaan jenis dari kedua tipe Kacer tersebut. Seperti halnya Manusia, ada yang tempramental dan ada yang kalem, ada yang pemberani dan ada yang penakut. Kedua tipe Kacer tersebut juga bisa berprestasi asal mendapatkan perawatan dan latihan yang tepat.

Soal tipe panas atau tipe dingin, tipe fighter tinggi atau fighter rendah, tipe emosional atau kurang emosi, itu hanya beda penyebutan saja. Yang terpenting dari bermain Kacer adalah pemilihan bahan yang bagus dan perawatan harian serta settingan lomba yang tepat dan harus disesuaikan dengan karakter dari masing-masing burung Kacer yang dirawat.

Baca juga: Mengenal karakter Kacer agar tidak salah perawatan

Dalam merawat burung Kacer, terutama Kacer lomba diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk bisa memahami karakter dan kemauan burung Kacer yang dirawat agar bisa menampilkan performa terbaiknya.

Pada dasarnya semua burung Kacer terlahir sebagai burung fighter, tapi ada yang fighter tinggi (tipe panas) dan ada yang fighter rendah (tipe dingin).

Oleh karena itu, sebagai pemiliknya kita harus jeli dan bisa memahami karakter masing-masing burung Kacer, apakah termasuk Kacer tipe panas atau Kacer tipe dingin agar bisa menentukan perawatan dan settingan yang tepat untuk Kacer tersebut.

Masing-masing individu burung Kacer memerlukan perawatan dan settingan yang berbeda sesuai dengan karakternya agar dapat mencapai performa terbaiknya. Sebab jika sampai salah perawatan maka hasilnya tidak akan bisa seperti yang diharapkan meskipun sudah di upayakan dengan perawatan dan latihan yang maksimal.

Baca juga: Beda perilaku antara Kacer bermental juara dan Kacer bermental pecundang

Berikut ini tips perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe panas:

1. Pengembunan

Embunkan burung Kacer rutin setiap hari mulai jam 05:00 pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi yang merupakan waktu favorit bagi burung-burung liar untuk berkicau saling bersahutan.

Cuaca dingin pagi hari juga sangat bermanfaat untuk mendinginkan suhu tubuh burung Kacer dan menstabilkan emosinya.

2. Mandi

Kacer tipe panas membutuhkan intensitas mandi lebih sering untuk mendinginkan suhu tubuhnya dan meredam emosinya. Mandikan burung Kacer setiap hari didalam keramba agar bisa mandi sepuasnya, dan jika perlu bisa ditambah dengan mandi malam.

3. Penjemuran

Kacer tipe panas tidak memerlukan penjemuran yang terlalu lama karena emosinya sudah tinggi. Penjemuran untuk Kacer tipe panas cukup dilakukan selama 30 - 45 menit saja setiap pagi sebelum matahari bersinar terik, atau jika burung Kacer sudah terlihat mangap dan gelisah segera di angkat dan diteduhkan.

4. Extra fooding (EF)

Kacer tipe panas lebih mudah disetting karena sudah memiliki bekal mental yang tangguh. Yang terpenting dari pola perawatannya adalah mengontrol emosinya agar tetap stabil.

Berikan extra fooding (EF) yang bersifat dingin atau yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh burung Kacer secara signifikan tapi dapat mendongkrak staminanya dengan cepat.

Extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe panas adalah: jangkrik, kroto, belalang, ulat daun pisang, ulat bumbung (cilung) dan bisa juga diberikan buah pepaya.

Tapi sangat jarang ada burung Kacer yang mau mengkonsumsi buah karena burung ini memang bukan jenis burung pemakan buah-buahan.

Jika ternyata burung Kacer sama sekali tidak mau memakan buah pepaya, alternatifnya dengan memberikan pakan buah pepaya dan sayuran segar pada jangkrik sebelum diberikan pada burung Kacer.

Baca juga: Jenis pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

5. Penempatan

Tempatkan Kacer dilokasi yang sejuk dan pada siang hari tidak perlu dikerodong. Kerodong kandangnya hanya pada malam hari saja untuk melindungi Kacer dari cuaca dingin dan untuk mencegah agar burung Kacer tidak memakan serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

6. Umbaran

Umbar burung Kacer seminggu 2 - 3 kali untuk melatih stamina dan nafasnya agar lebih panjang. Pengumbaran juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat birahi burung Kacer yang berlebihan. Berikan jangkrik sekenyangnya pada saat di umbar agar staminanya tidak ngedrop.

Berikut ini tips perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe dingin:

1. Extra fooding (EF)

Berikan jangkrik secukupnya untuk menaikkan birahi dan menambah powernya. Berikan juga ulat hongkong (UH) untuk menaikkan suhu tubuh dan tensinya agar emosinya juga naik.

Extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe dingin adalah yang bersifat panas dan dapat menaikkan suhu tubuh burung Kacer secara signifikan seperti jangkrik alam, ulat hongkong, ulat kandang, larva tawon dan kelabang.

2. Mandi

Untuk menjaga emosinya agar tetap stabil, Kacer tipe dingin cukup dimandikan 2 atau 3 hari sekali saja jika cuaca cerah (panas). Dan jika cuaca dingin / turun hujan sebaiknya tidak perlu dimandikan, karena jika terlalau sering dimandikan justru akan menyebabkan sifat fighternya menurun.

3. Penjemuran

Kacer tipe dingin memerlukan penjemuran dengan durasi lama untuk mendongkrak emosinya. Jika cuaca cerah lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 - 2 jam rutin setiap hari. Durasi penjemuran terus ditingkatkan sampai burung Kacer kuat dijemur selama 3 jam tanpa mangap dan gelisah.

4. Penempatan

Tempatkan Kacer tipe dingin diruangan yang hangat dan full kerodong setiap hari, baik siang maupun malam agar sifat fighternya tetap terjaga.

5. Umbaran

Umbar Kacer tipe dingin seminggu 2x untuk melatih fisik dan staminanya.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

Demikian sedikit informasi tentang perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan dan settingan harian untuk Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin"