Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri fisik Perkutut Bangkok bakalan yang suaranya bagus

gambar perkutut bangkok bakalan
Perkutut Bangkok Bakalan
Onkicau.com - Bagi penggemar Perkutut pemula mungkin tidak terlalu mementingkan kualitas suara dari burung Perkutut yang dibelinya, karena yang penting Perkutut yang dipeliharanya bisa hidup dan manggung saja sudah senang.

Padahal masing-masing burung Perkutut memiliki suara anggungan yang berbeda-beda, ada yang kecil, ada yang besar, ada yang cempreng dan ada yang merdu.

Meskipun suaranya monoton, tapi volume dan irama lagu dari masing-masing burung Perkutut memiliki ciri tersendiri seperti halnya Manusia yang memiliki tipe suara berbeda-beda.

Berbeda dengan para penggemar Perkutut senior, bagi mereka kualitas suara merupakan prioritas utama walaupun untuk mendapatkan burung Perkutut bersuara bagus harus merogoh kocek lebih dalam. Tapi hal itu tidak menjadi masalah karena kepuasan batin yang didapatkan tidak bisa dinilai dengan uang jika bisa mendapatkan burung Perkutut yang suara anggungannya memenuhi kriteria.

Para penggemar Perkutut pemula umumnya kurang paham dengan kriteria burung Perkutut yang memiliki suara bagus, dan seringkali setelah dirawat cukup lama akhirnya banyak yang kecewa karena ternyata suara anggunagan Perkutut yang dipelihara tidak seperti yang diharapkan.

Merawat burung Perkutut bakalan sampai rajin manggung tidaklah mudah karena membutuhkan perhatian, waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika Perkutut Bangkok bakalan tersebut dibeli dengan harga yang mahal tentunya kita mengharapkan Perkutut tersebut memiliki suara yang bagus.

Oleh karena itu, agar nantinya tidak kecewa sebaiknya dalam memilih Perkutut Bangkok bakalan sebaiknya perhatikan katuranggannya untuk memprediksi kualitas suara Perkutut bakalan tersebut nantinya.


Berikut ini tips memilih bakalan Perkutut bangkok yang suaranya bagus:

1. Harus jantan

Perkutut Bangkok yang rajin manggung dan bersuara merdu rata-rata adalah yang berjenis kelamin jantan, karena secara naluri Perkutut jantan akan menggunakan suara anggungannya untuk menarik perhatian Perkutut betina.

Perbedaan jenis kelamin Perkutut jantan dan betina bisa diketahui dengan meraba tulang supitnya (tulang lunak yang terletak dibawah dubur di antara pangkal paha).

Caranya:

Pegang burung Perkutut dengan tangan kiri, lalu raba bagian tulang supitnya menggunakan jari telunjuk kanan atau ibu jari.

Jika tulang supitnya terasa keras, maka kemungkinan besar burung Perkutut tersebut berjenis kelamin jantan, dan jika tulang supitnya terasa renggang dan lunak maka kemungkinan besar burung Perkutut tersebut berjenis kelamin betina.

Selain itu, bentuk kepala Perkutut jantan umumnya agak besar dan lonjong dengan warna pupur lebih cerah sampai sebagian kepala.

Sedangkan bentuk kepala Perkutut betina umumnya lebih kecil dan bulat dengan warna pupur yang kusam dan hanya dibagian depan kepala saja.


2. Bentuk kepala

Perkutut Bangkok yang suaranya bagus biasanya memiliki bentuk kepala agak lonjong memanjang / oval atau biasa disebut njambe nom (seperti buah pinang muda).

Sorot mata burung Perkutut yang bagus terlihat cerah dan terang (warna biru muda atau coklat muda) serta titik hitam pada bola matanya besar dan bening.

Memiliki paruh yang tebal, kokoh dan tidak terlalu panjang dengan lubang hidung menonjol tinggi ke atas seperti lubang hidung burung Merpati.

3. Bentuk leher

Perkutut Bangkok yang suaranya bagus umumnya memiliki leher yang panjang, serasi dan tegak lurus dengan posisi kepala yang mendongak seperti ular kobra. Pangkal lehernya tampak besar mengembang, karena bagian tersebut merupakan kantong suara burung Perkutut.

4. Bentuk badan

Perkutut Bangkok yang suaranya bagus rata-rata memiliki dada bidang dengan punggung agak bungkuk (bongkok udang). Warna lurik pada bulu badannya lembut dengan kulit ketiak lemas / tidak tegang. Bulu sayapnya panjang dengan bulu yang pertama tampak besar-besar terdiri dari 21 sampai 25 lembar bulu.

5. Kaki

Pilihlah Perkutut Bangkok yang sikap berdirinya tampak gagah dengan jari kaki yang mencengkeram kuat pada tangkringan, karena Perkutut Bangkok dengan ciri seperti itu biasanya memiliki power yang bagus sehingga suaranya lebih lantang.

6. Bulu ekor

Pilihlah Perkutut Bangkok yang memiliki bulu ekor panjang dan mengumpul, semakin ke ujung semakin mengecil (lancip) dengan pangkal ekor / brutu yang besar, tinggi meruncing dan mendongak ke depan.

Bakalan Perkutut bangkok dengan ciri-ciri seperti di atas kemungkinan besar memiliki suara anggungan yang bagus setelah mapan dan gacor.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Perkutut Bangkok yang suaranya bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri fisik Perkutut Bangkok bakalan yang suaranya bagus"