Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memijat Burung Perkutut Yang Benar

gambar burung perkutut lokal alam
Perkutut Bangkok
Onkicau.com - Burung Perkutut memerlukan perawatan yang baik agar selalu sehat dan rajin manggung, dari mulai pemberian pakan dan air minum yang berkualitas, perawatan mandi dan jemur, pemberian jamu serta pemijatan.

Meskipun bukan perawatan yang wajib, tapi pemijatan juga perlu dilakukan pada burung Perkutut, terutama untuk Perkutut lomba pada saat akan dilombakan agar lebih rajin manggung.

Untuk memijat burung Perkutut harus memilih waktu yang tepat. Pemijatan bisa dilakukan pada malam hari menjelang besoknya Perkutut akan dilombakan.


Bagian-bagian tubuh burung Perkutut yang perlu dipijat antara lain:

1. Leher

gambar pemijatan burung perkutut

Caranya dengan memegang burung dengan tangan dan dua jari menjepit bagian leher. Kemudian gerakkan jari dengan menggeser perlahan-lahan ke arah pangkal kepalanya dan tarik-tarik sedikit dengan gerakan lembut dibagian pangkal kepalanya agar tulang lehernya menjadi lemas.


2. Punggung

gambar memegang burung perkutut

Selain bagian leher, bagian punggung burung Perkutut juga perlu dipijat dengan satu jari. Lakukan pemijatan dengan cara seperti meraba-raba dengan tekanan ringan dari bagian atas punggung sampai bagian pangkalnya (brutu).


3. Dada

Pemijatan pada bagian dada burung Perkutut bisa dilakukan dengan satu jari seperti cara pemijatan pada bagian punggung.

4. Sayap

Pijat juga bagian sayap burung Perkutut dari mulai pangkal sayap (sendi) sampai ujung sayapnya.

5. Kaki

Bagian kaki juga perlu dipijat dari mulai paha, kaki, sampai jari-jari kakinya.

Dengan pemijatan tersebut bisa membuat peredaran darah burung Perkutut menjadi lancar dan akan membuat tubuh Perkutut menjadi lebih bugar, sehingga staminanya juga menjadi lebih prima dan akan rajin manggung ketika dilombakan.

Tapi biasanya burung Perkutut yang sering dipijat akan ketagihan dan seperti minta dipijat dulu sebelum dilombakan, dan jika tidak dipijat maka burung Perkutut tersebut akan malas bunyi ketika dilombakan.

Jika pemijatan dilakukan dengan benar maka efeknya sangat bagus untuk kesehatan dan kebugaran burung Perkutut, terutama pada saat dilombakan. Itulah kenapa para pemain Perkutut senior sering melakukan pemijatan pada Perkutut andalannya pada saat akan dilombakan.

 
Demikian sedikit informasi tentang cara memijat burung Perkutut agar rajin manggung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Memijat Burung Perkutut Yang Benar"