Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara efektif untuk menjinakkan dan melatih Perkutut lomba

gambar perkutut lomba juara nasional
Perkutut Bangkok
Onkicau.com - Perkutut lomba tentunya harus jinak dan tidak takut orang agar tidak stress dan berani manggung ketika berada di arena lomba yang ramai. Oleh karena itu, burung Perkutut yang akan dilombakan harus dijinakkan dulu sebelum di ikut sertakan dalam lomba.

Jika memelihara burung Perkutut dari bahan yang masih berusia muda maka harus diberikan perawatan harian dan latihan secara rutin dan konsisten untuk memaksimalkan performanya.


Berikut ini beberapa cara untuk menjinakkan burung Perkutut:

1. Tempatkan Perkutut dilokasi yang banyak lalu-lalang orang agar burung terbiasa dengan keramaian dan tidak takut dengan keberadaan Manusia disekitarnya.

2. Berikan jenis pakan yang paling disukai Perkutut tersebut dengan porsi cukup 1 sendok teh saja setiap harinya.

3. Berikan air minum sedikit saja dalam 1 hari (2 sendok makan) pada pagi dan sore hari.

4. Sering-seringlah disiuli atau dipanggil namanya, terutama pada saat membersihkan kandangnya.

Dengan cara ini lama-kelamaan akan membuat burung Perkutut mengenali dan memiliki rasa ketergantungan pada pemiliknya. Karena pada saat merasa lapar atau haus, Perkutut tersebut akan tahu kapan waktunya makan dan minum dan siapa yang selalu memberikannya pakan dan air minum.

5. Mandikan burung Perkutut seminggu sekali secara rutin. Setelah selesai dimandikan jangan langsung dijemur dibawah terik matahari, tapi di angin-anginkan dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya.

Saat memandikan burung Perkutut usahakan sampai semua bulu-bulunya basah, termasuk kulit dibalik bulunya juga harus basah semua.

Sebaiknya gunakan shampo khusus burung untuk campuran air mandinya, atau bisa juga menggunakan air leri (bekas cucian beras) dan air rebusan daun sirih lalu bilas sampai bersih.

Campuran bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk membasmi kutu dan mengkilapkan bulu-bulu burung Perkutut.


6. Setelah selesai dimandikan kemudian berikan 2 butir potongan kencur (sebesar kacang hijau) dan teteskan air perasan daun saga ke dalam paruh burung Perkutut.

7. Baluri kaki, hidung dan kulit dibawah sayap burung Perkutut dengan lumatan atau getah bawang merah.

9. Seminggu sebelum dilombakan, burung Perkutut harus sering dilatih sesuai dengan usianya. Jika masih piyik sebaiknya digantang / dihanging, dan untuk Perkutut dewasa sebaiknya sering dikerek.

10. Jika memungkinkan sebaiknya burung Perkutut sering diajak jalan-jalan dengan kendaraan agar nantinya tidak stress ketika dibawa ke arena lomba karena sudah dibiasakan.

11. Seminggu sebelum lomba burung Perkutut harus sering di pale / dipegang dan dipijiti agar tidak takut orang dan mau kerja pada saat dilombakan.

12. Dua hari sebelum lomba burung Perkutut harus dimandikan sampai basah kuyup. Untuk Perkutut piyik yang berusia dibawah 2,5 bulan cukup dibasahi menggunakan air hangat agar bulu-bulunya tampak lepek. Setelah dimandikan kemudian burung di angin-anginkan saja dan pada sore harinya baru dijemur dibawah sinar matahari.

13. Sehari sebelum lomba berikan jamu seperti daun katuk, daun saga, minyak ikan dan kacang hijau agar kondisinya fit pada saat dilombakan.

14. Berikan pakan tambahan seperti godem, ketan hitam dan jewawut Bali agar burung Perkutut merasa hangat dan mau kerja saat dilombakan.

15. Setelah diberikan jamu, kemudian jemur Perkutut selama 3 jam tanpa air minum. Setelah dijemur kemudian burung di istirahatkan dulu dan baru 1 jam kemudian diberikan air minum.


16. Jika kondisi cuaca sedang dingin sebaiknya pada malam harinya sambil dipale / dipegang, suapi / loloh Perkutut dengan secuil anak bawang untuk menghangatkan tubuhnya. Baluri juga kaki, paruh, punggung dan bagian bawah sayapnya dengan bawang merah yang sudah dilumatkan.

17. Setelah dipale / dipegang sambil dipijit, kemudian istirahatkan burung Perkutut agar kondisinya prima keesokan harinya ketika dilombakan.
gambar lomba burung perkutut
Ilustrasi Lomba Burung Perkutut

Demikian sedikit informasi tentang cara efektif untuk menjinakkan dan melatih Perkutut untuk lomba yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara efektif untuk menjinakkan dan melatih Perkutut lomba"