Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara efektif menyilangkan Perkutut lokal dan Perkutut bangkok

gambar sepasang indukan burung perkutut
Burung Perkutut
Onkicau.com - Burung Perkutut merupakan burung klasik yang tetap populer dari jaman dulu sampai sekarang. Dulu para penggemar Perkutut hanya memelihara Perkutut lokal sebagai klangenan, tapi sejak masuknya Perkutut bangkok ke Indonesia, perlahan popularitas Perkutut lokal mulai meredup karena suara anggungan Perkutut bangkok dianggap lebih bagus dari Perkutut lokal.

Karena itulah banyak yang mencoba untuk menyilangkan antara Perkutut lokal dengan Perkutut bangkok untuk mendapatkan keturunan yang memiliki karakter suara yang merupakan perpaduan antara suara Perkutut lokal dan suara Perkutut bangkok.

Untuk menghasilkan anakan Perkutut yang berkualitas, maka perkawinan silang harus menggunakan indukan yang memiliki kualitas unggul, baik indukan Perkutut lokal maupun indukan Perkutut bangkok masing-masing harus memiliki suara yang bagus.

Ada anggapan bahwa faktor keturunan (trah) pada seekor Perkutut sangat menentukan kualitasnya, oleh karena itu kualitas suara Perkutut dapat diciptakan dengan cara crossing atau kawin silang Perkutut yang memiliki kualitas suara bagus.

Ada dua jenis Perkutut yang populer dan banyak dipelihara oleh para penggemar Perkutut di Indonesia, yaitu Perkutut lokal dan Perkutut bangkok. Perkutut lokal merupakan Perkutut yang berasal dari tangkapan hutan (Perkutut liar), sedangkan Perkutut bangkok adalah Perkutut ternak yang berasal dari keturunan Perkutut import asal Thailand.

Persilangan antara Perkutut lokal dengan Perkutut bangkok inilah yang dapat menghasilkan Perkutut dengan kualitas suara bagus dan sering masuk dalam kelas kontes. Yang membedakan antara kedua jenis Perkutut tersebut adalah dari suara dan bentuk fisiknya.

Perkutut lokal memiliki suara anggungan yang kecil (kristal) dengan tempo yang cepat. Sedangkan Perkutut bangkok memiliki suara anggungan yang lebih besar (ngebass) dengan tempo lebih lambat (senggang). Jika di lihat dari bentuk fisiknya, Perkutut bangkok memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan Perkutut lokal.

Untuk mendapatkan Perkutut calon indukan yang bagus, sebaiknya membeli pada peternak yang sudah terpercaya agar bisa memilih bibit berkualitas sesuai keinginan. Kita juga bisa mengetahui silsilah indukannya.

Agar Perkutut lebih cepat produksi, sebaiknya membeli calon indukan yang sudah berumur 4 bulan, karena pada usia tersebut Perkutut lebih mudah untuk dijodohkan, dan pada usia 5 hingga 7 bulan indukan Perkutut sudah mulai bertelur. Biasanya satu ekor indukan Perkutut betina akan bertelur sebanyak dua butir.

Agar Perkutut merasa nyaman dan selalu dalam kondisi sehat, kita harus menyiapkan kandang yang ideal. Kandang untuk ternak Perkutut sebaiknya dibuat agak luas agar Perkutut lebih leluasa beraktivitas. Ukuran kandang yang ideal untuk sepasang indukan Perkutut sebaiknya dibuat dengan panjang 150 cm, lebar 80 cm, dan tinggi 180 cm.

Selain ukuran yang ideal, kandang ternak juga harus cukup mendapatkan sinar matahari pagi karena di habitat aslinya Perkutut sangat suka berjemur. Kebersihan kandang juga harus selalu diperhatikan agar indukan Perkutut selalu sehat, aktif dan dapat berproduksi dengan baik.

Untuk pakan, Perkutut bisa diberikan pakan campuran biji-bijian yang biasa dijual di kios-kios pakan burung. Selain itu berikan juga tulang sotong untuk ngasin dan sebagai asupan kalsium serta bahan untuk pembentukan cangkang telur. Berikan juga potongan batu bata merah untuk membantu proses pencernaan makanan, karena biasanya Perkutut suka mematuki dan memakan batu bata yang kita sediakan.

Setelah indukan Perkutut betina bertelur, kita bisa menetaskan telurnya pada indukan burung Puter yang sedang mengeram. Biarkan indukan burung Puter mengerami telur Perkutut sampai menetas dan mengasuh anakan/piyik Perkutut. Tujuannya agar indukan Perkutut cepat kawin dan bertelur lagi.


Demikian sedikit informasi tentang cara menyilangkan Perkutut lokal dengan Perkutut bangkok yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara efektif menyilangkan Perkutut lokal dan Perkutut bangkok"