Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Jalak Kebo Mata Putih Dibanding Jalak Kebo Mata Kuning

gambar burung jalak kebo mata putih dan jalak kebo mata kuning
Jalak Kebo Mata Putih & Jalak Kebo Mata Kuning
Onkicau.com – Jalak Kebo termasuk jenis burung ocehan yang cukup populer dan banyak dipelihara oleh para penggemar burung kicauan di Indonesia. Alasannya karena burung ini mudah dipelihara, mudah jinak, tidak mudah stress dan terkenal sangat cerewet.

Dikalangan penggemar burung kicauan dikenal dua jenis burung Jalak Kebo, yaitu Jalak Kebo mata putih dan Jalak Kebo mata kuning. Dari segi fisik dan suara kicauan sebetulnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua jenis burung Jalak Kebo tersebut karena yang membedakan keduanya hanya pada warna matanya saja.

Tapi khusus untuk Jalak Kebo mata putih di anggap memiliki kelebihan dapat menirukan beberapa kata pendek jika dilatih dengan benar. Sedangkan Jalak Kebo mata kuning cenderung sulit dilatih untuk menirukan kata-kata Manusia tapi dikenal lebih cerewet dan suara kicauannya lebih bervariasi.

Jika keduanya dibandingkan maka masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jalak Kebo mata putih memiliki kelebihan dapat menirukan kata-kata Manusia tapi suara kicauannya tidak sevariatif Jalak Kabo mata kuning.

Sedangkan Jalak Kebo mata kuning memiliki kelebihan pada suara kicauannya yang lebih bervariasi dan lebih rajin bunyi tapi sulit dilatih untuk menirukan kata-kata Manisia.

Pada dasarnya semua jenis burung Jalak adalah burung peniru yang baik dan bisa dilatih untuk mengucapkan beberapa kata pendek.

Tapi kemampuan burung Jalak dalam menghafal kata tidak sebaik burung Beo yang mampu menghafal beberapa kata sekaligus untuk di ucapkan dengan fasih.

Oleh karena itu cara melatih Jalak Kebo mata putih untuk menirukan kata-kata Manusia berbeda dengan cara melatih burung Beo.


Berikut ini cara melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa menirukan kata-kata Manusia:

1. Agar proses pelatihan lebih efektif sebaiknya pilihlah Jalak Kebo mata putih yang usianya masih muda karena lebih mudah jinak dan lebih mudah mengingat kata-kata yang di ajarkan.

Lebih bagus lagi jika merawatnya sejak anakan / lolohan karena memorinya masih kosong sehingga lebih mudah mengingat suara-suara atau kata-kata yang didengar setiap harinya.

2. Tempatkan Jalak Kebo mata putih diruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas agar bisa menirukan kata-kata Manusia yang sering didengarnya secara alami.

3. Sering-seringlah berinteraksi dengan mengelus-elus bagian tubuh dan kepala burung Jalak Kebo dan mengajaknya bermain-main agar terjalin komunikasi yang baik antara burung dengan pemiliknya.

4. Biasakan untuk memberi makanan langsung dari tangan sambil mengelus-elus kepalanya dan biasakan mengucapkan kata-kata yang sama di ulang-ulang setiap hari.

5. Ucapkan kata-kata singkat yang mudah di ingat agar burung Jalak Kebo / Jalak Penyu tersebut terbiasa dan hafal dengan kata-kata yang setiap hari didengarnya.

6. Setiap kali hendak melatih Jalak Kebo bicara, selalu berikan makanan favoritnya seperti jangkrik, ulat hongkong atau jenis pakan lainnya yang disuakai oleh burung Jalak Kebo tersebut.

Lakukan cara ini secara rutin dan konsisten setiap hari agar burung Jalak Kebo mata putih bisa menirukan kata-kata yang di ajarkan dengan fasih.


Demikian sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan Jalak Kebo mata putih dibanding Jalak Kebo mata kuning yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Jalak Kebo dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Jalak Kebo Mata Putih Dibanding Jalak Kebo Mata Kuning"