Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara beternak burung Gelatik Belong yang benar agar cepat produk

gambar burung gelatik belong / gelatik jawa jantan dan betina
Burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa
Onkicau.com – Burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa merupakan salah satu jenis burung asli Indonesia yang banyak dipelihara oleh para penggemar burung karena memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang menarik.

Jaman dulu burung Gelatik Belong di anggap sebagai hama oleh para petani padi seperti halnya burung Pipit (Emprit) karena populasinya masih sangat banyak sehingga sangat meresahkan para petani padi.

Tapi saat ini populasi burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa semakin langka akibat berkurangnya habitat alami burung ini dan penggunaan pestisida pada tanaman padi.

Selain itu, perburuan yang dilakukan secara terus menerus tanpa adanya upaya pelestarian menjadi penyebab utama semakin langkanya populasi burung Gelatik Belong.

Faktor ekonomi dan hobi selalu menjadi alasan klasik dalam penangkapan burung-burung liar yang memiliki nilai ekonomis tinggi, bahkan sekarang ini burung jenis apapun, termasuk Gelatik Belong juga diburu karena burung-burung yang bagus sudah tidak ada lagi.


Selain dipelihara sebagai burung hias karena memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang cantik, burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa juga memiliki suara kicauan yang cukup bagus, terutama burung Gelatik Belong jantan.

Burung Gelatik Belong jantan juga lebih rajin bunyi dengan suara yang lebih keras, nyaring dan bervariasi, sedangkansuara burung Gelatik Belong betina cenderung kecil dan monoton.

Tapi untuk membedakan jenis kelamin burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa memang cukup sulit karena antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang hampir sama.

Perawatan burung Gelatik Belong cukup mudah dan hampir sama dengan perawatan burung-burung pemakan biji-bijian lainnya seperti burung Pipit, burung Gereja, burung Kenari dan Lovebird, yaitu meliputi pemberian pakan berupa biji-bijian, pemberian air minum, grit, vitamin, perawatan mandi, penjemuran dan menjaga kebersihan kandangnya.

Burung Gelatik Belong juga bisa ditangkarkan sebagai usaha untuk melestarikannya atau sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan karena peminatnya cukup banyak.

Untuk menangkarkan burung Gelatik Jawa sebetulnya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal karena burung ini tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan.


Berikut ini cara ternak burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa yang benar agar cepat produk:
gambar sepasang indukan burung gelatik belong / gelatik jawa
Sepasang Indukan Burung Gelatik Belong
1. Mempersiapkan kandang ternak

Ukuran kandang untuk beternak burung Gelatik Belong tidak perlu terlalu besar, bisa menggunakan sangkar besi kotak berukuran 60 x 40 x 40 yang biasa digunakan untuk burung Lovebird dan bisa menggunakan kandang umbaran / polier yang lebih luas, yang penting disesuaikan dengan lokasi dan anggaran.

Sediakan juga glodok atau kotak sarang dan bahan untuk sarang didalam kandang ternak, bisa menggunakan daun cemara kering atau rumput kering.

Sebagian bahan sarang diletakkan didalam kotak sarang (glodok) dengan disusun melingkar seperti bentuk sarang burung pada umumnya dan sebagian lagi diletakkan didasar sangkar agar burung Gelatik Belong menyusun sendiri sarangnya ketika akan bertelur.

2. Memilih calon indukan

Setelah kandang ternak disiapkan, tahap selanjutnya adalah memilih calon indukan burung Gelatik Belong jantan dan betina yang sudah dewasa atau yang sudah siap kawin, yaitu yang sudah berusia minimal 8 bulan dan lebih bagus lagi jika usianya sudah lebih dari 1 tahun.

Pilihlah calon indukan burung Gelatik Belong yang sehat, tidak memiliki cacat fisik, aktif serta memiliki bulu-bulu yang rapi dan mengkilap.

Untuk calon indukan burung Gelatik Belong jantan sebaiknya pilihlah yang sudah terpantau rajin bunyi dan aktif loncat-loncat naik turun tangkringan ketika didekatkan dengan burung Gelatik Belong betina.

Lebih bagus lagi jika beberapa ekor burung Gelatik Belong jantan dan betina ditempatkan didalam kandang koloni agar burung-burung tersebut bisa memilih pasangannya sendiri.

Biasanya burung Gelatik Belong yang sudah siap kawin akan memiliki bulu-bulu yang rapi dan mengkilap karena hal itu merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian pasangannya.

Bulu-bulu yang bersih, rapi dan mengkilap juga mengindikasikan jika burung tersebut dalam kondisi yang sehat.

Perhatikan juga bagian duburnya, jika bagian tersebut terlihat bersih, kering dan tidak ada kotoran yang menempel berarti burung tersebut dalam kondisi sehat.

Pastikan juga burung Gelatik Belong yang akan dijadikan sebagai indukan memiliki paruh yang simetris dan warna pada lingkar matanya cerah (tidak pucat).


3. Pemberian pakan dan extra fooding (EF)

Burung Gelatik Belong termasuk jenis burung pemakan biji-bijian, jadi ketika dipelihara atau di tangkarkan, burung ini bisa diberikan pakan berupa biji-bijian seperti milet putih, milet merah, jewawut, canary seed dan gabah.

Sedangkan untuk extra fooding (EF) bisa diberikan kangkung, jagung muda, kecambah atau sayur-sayuran lainnya.

Berikan juga tulang sotong untuk ngasin sekaligus untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan untuk pembentukan cangkang telur.

4. Proses perkawinan

Setelah kedua calon indukan Gelatik Belong indukan sudah dipastikan sehat dan siap kawin maka langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam kandang ternak yang sudah sisiapkan.

Setelah indukan Gelatik Belong melakukan perkawinan, keduanya tidak perlu dipisahkan karena indukan jantan dan betina akan mengerami telur sampai menetas dan merawat aknakannya sampai mandiri.

5. Masa bertelur

Burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa yang sudah melakukan perkawinan biasanya akan sering keluar masuk glodok dengan membawa bahan sarang (ngunjal).

Burung Gelatik Belong betina biasanya bertelur antara 4 - 6 butir dan akan di erami selama 14 - 21 hari sampai menetas. Jika sampai 21 hari masa pengeraman tapi telur tidak juga menetas berarti kemungkinan besar telur tidak fertil.

Setelah telut-telurnya menetas, anakan burung Gelatik Belong akan mulai keluar dari sarangnya ketika berusia 27 - 30 hari, tapi pada usia ini burung masih diloloh oleh induknya.

Anakan burung Gelatik Belong bisa mulai disapih dari induknya ketika sudah berusia dua bulan karena sudah bisa makan sendiri.

Setelah anakan Gelatik Belong disapih, maka indukan burung Gelatik Belong akan kembali melakukan perkawinan dan akan bertelur lagi.


Demikian sedikit informasi tentang cara beternak burung Gelatik Belong / Gelatik Jawa agar cepat produk yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Gelatik dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara beternak burung Gelatik Belong yang benar agar cepat produk"