Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus dan cepat bunyi

gambar burung trucukan bakalan
Burung Trucukan
Onkicau.com – Trucukan / Trucuk merupakan salah satu jenis burung ocehan yang cukup populer dan banyak penggemarnya. Popularitas burung Trucukan tidak pernah surut dari dulu sampai sekarang, berbeda dengan burung kicau jenis lain yang kebanyakan hanya ramai sebentar kemudian sepi.

Burung Trucukan bakalan juga mudah dijumpai dipasar burung yang dijual ombyokan dengan harga yang sangat terjangka sekitar 25 - 30 ribu saja.

Populasi burung Trucukan di alam bebas memang masih cukup banyak, berbeda dengan burung-burung jenis lain yang populasinya sudah semakin langka bahkan ada yang nyaris punah.

Meskipun bahan / bakalan burung Trucukan mudah didapatkan dipasar burung, tapi tidak semua burung Trucukan yang ada dikandang ombyokan memiliki kualitas yang bagus.

Seringkali setelah burung Trucukan ombyokan dipelihara cukup lama ternyata suara kicauannya tidak seperti yang diharapkan, bahkan ada yang sudah lama dipelihara masih tetap giras dan tidak mau bunyi.


Jadi jika berniat membeli Trucukan ombyokan sebaiknya pilihlah yang kualitasnya bagus agar nantinya tidak kecewa karena burung yang sudah lama dipelihara ternyata tidak seperti yang diharapkan.

Untuk mendapatkan burung Trucukan bakalan yang bagus, kita harus mengetahui ciri-ciri burung Trucukan yang prospek dan memilihnya dengan sabar, karena dari puluhan atau bahkan ratusan burung Trucukan yang ada dikandang ombyokan biasanya hanya ada beberapa ekor saja yang prospek.

Jika menginginkan burung Trucukan bakalan cepat bunyi, usahakan untuk memilih burung Trucukan yang sudah cukup lama berada didalam kandang ombyokan, karena burung tersebut sudah terbiasa dengan keberadaan Manusia disekitarnya dan rata-rata sudah berani buka suara karena tingkat stresnya susah berkurang dibanding burung yang baru datang.

Burung Trucukan yang sudah lama berada didalam kandang ombyokan akan lebih cepat beradaptasi ketika dipelihara sehingga lebih cepat jinak dan cepat bunyi.

Tapi biasanya burung Trucukan yang sudah lama dikandang ombyokan kurang menarik perhatian karena bulu-bulunya sudah tidak rapi dan rata-rata bulu ekornya banyak yang patah. Tapi jika burung tersebut memiliki kualitas bagus maka tidak ada salahnya untuk di ambil karena masalah bulu nantinya akan rapi lagi setelah dirawat dengan baik.


Berikut ini beberapa ciri-ciri burung Trucukan ombyokan yang bagus dan cepat bunyi:
gambar burung trucukan ombyokan
Burung Trucukan Ombyokan
1. Burung Trucukan bakalan yang mentalnya bagus biasanya sering mengeluarkan nada call dan jambulnya sering berdiri.

2. Burung Trucukan bakalan yang mentalnya bagus tidak takut ketika didekati dan terlihat dominan ketika berebut makanan dengan burung Trucukan lainnya.

3. Burung Trucukan yang sehat terlihat sangat aktif dan tubuhnya tampak padat berisi. Sebaiknya jangan memilih burung Trucukan yang terlihat lesu atau nyekukruk karena kemungkinan burung tersebut dalam kondisi sakit.

4. Usahakan untuk memilih burung Trucukan yang berjenis kelamin jantan karena suara kicauannya lebih lantang dan lebih panjang (ngeroll) dibanding burung Trucukan betina.


Ciri-ciri burung Trucukan jantan:

1. Burung Trucukan jantan lebih sering njambul.

2. Bulu-bulu yang menutup telinganya tampak menonjol keluar.

3. Terdapat bulu-bulu halus seperti rambut dibagian belakang lehernya.

4. Mata burung Trucukan jantan tampak melotot dan selaput kulit disekitar matanya lebih tebal serta warnanya lebih hitam.

5. Postur tubuh burung Trucukan jantan lebih panjang dan ramping dibanding burung Trucukan betina.

Ciri-ciri burung Trucukan jantan yang prospek:

1. Burung Trucukan yang bagus bisa dikenali dari bulu ekornya yang cepat menyatu setelah melompat.

2. Sering mengeluarkan suara panggilan (call).

3. Postur tubuhnya panjang dan ramping.

4. Paruhnya lurus, panjang dan agak tebal.

5. Matanya besar dan melotot dengan sorot mata tajam.

6. Nafsu makannya besar.


Demikian sedikit informasi tentang cara memilih burung Trucukan ombyokan yang bagus dan cepat bunyi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Trucukan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara memilih Trucukan ombyokan yang bagus dan cepat bunyi"