Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kutilang Emas jantan dan betina paling akurat

gambar burung kutilang emas jantan dan betina mata putih
Burung Kutilang Emas Jantan & Betina Mata Putih
Onkicau.com – Burung Kutilang Emas memang tidak terlalu populer dan kurang diminati oleh para penggemar burung ocehan. Tapi sebetulnya burung ini memiliki suara kicauan yang cukup merdu dan nyaring meskipun cenderung monoton.

Perawatan burung Kutilang Emas juga termasuk mudah karena burung ini tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga bisa cepat bunyi meskipun dipelihara dari bahan (bakalan).

Burung Kutilang Emas jantan dan betina sama-sama bisa berkicau dan bisa gacor, tapi jika ingin memelihara burung ini sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih rajin bunyi.

Selain itu, suara kicauan burung Kutilang Emas jantan juga lebih nyaring dan lebih banyak variasinya. Sedangkan suara kicauan burung Kutilang Emas betina cenderung monoton dan kurang nyaring.

Tapi untuk membedakan jenis kelamin burung Kutilang Emas memang agak susah karena burung Kutilang Emas jantan dan burung Kutilang Emas betina memiliki ciri-ciri yang hampir sama.

Tapi meskipun terlihat sama, sebetulnya jika diperhatikan dengan teliti ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kutilang Emas jantan dan betina, baik dari bentuk fisiknya, warna bulunya maupun suara kicauannya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kutilang Emas jantan dan betina:
gambar burung kutilang emas jantan dan betina mata merah
Burung Kutilang Emas Jantan & Betina Mata Merah
1. Kepala burung Kutilang Emas jantan lebih besar dengan jambul yang lebih panjang dan sering berdiri (njambul). Sedangkan kepala burung Kutilang Emas betina lebih kecil dengan jambul yang lebih pendek dan jarang njambul.

2. Postur tubuh burung Kutilang Emas jantan terlihat lebih panjang dan ramping. Sedangkan postur tubuh burung Kutilang Emas betina terlihat pendek dan bulat / buntet.

3. Bulu ekor burung Kutilang Emas jantan lebih panjang dan menyatu / rapat. Sedangkan bulu ekor burung Kutilang Emas betina lebih pendek dan agak mekar.

4. Bulu tubuh burung Kutilang Emas jantan warnanya kuning pekat, sedangkan bulu-bulu burung Kutilang Emas betina warnanya agak kusam.

5. Bulu dada burung Kutilang Emas jantan berwarna kuning kemerahan, sedangkan bulu dada burung Kutilang Emas betina berwarna full kuning.


6. Bulu-bulu dibagian leher burung Kutilang Emas jantan berwarna merah pekat, sedangkan bulu-bulu dibagian leher burung Kutilang Emas betina warnanya merah pucat atau oranye.

7. Mata burung Kutilang Emas jantan lebih besar dan sorot matanya terlihat tajam. Sedangkan burung Kutilang Emas betina matanya sedikit lebih kecil dan sorot matanya tampak sayu.

Sedangkan warna matanya tidak bisa dijadikan sebagai patokan karena ada dua jenis burung Kutilang Emas, yaitu Kutilang Emas mata merah ( Ras Dispar) dan Kutilang Emas mata putih (Ras Gularis).

8. Burung Kutilang Emas jantan lebih rajin bunyi dengan suara kicauan yang lebih nyaring dan cukup bervariasi. Sedangkan suara kicauan burung Kutilang Emas betina kurang nyaring dan monoton.

Ciri-ciri tersebut cukup akurat untuk membedakan antara burung Kutilang Emas jantan dan betina. Lebih mudah lagi jika ada dua atau beberapa ekor burung Kutilang jantan dan betina sebagai perbandingan.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Kutilang Emas jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kutilang Emas, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Kutilang Emas jantan dan betina paling akurat"