Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kinoi jantan dan betina paling akurat

gambar burung kinoi jantan dan betina dewasa
Burung Kinoi Jantan & Betina Dewasa
Onkicau.com – Burung Cucak Kinoi atau Cucak Rante Mas memang tidak begitu populer dikalangan penggemar burung ocehan karena persebarannya hanya terbatas di Pulau Sumatera saja.

Suara kicauan burung Cucak Kinoi cukup bagus dan bervariasi karena burung ini dapat menirukan suara burung-burung lain yang sering didengarnya.

Burung Kinoi banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran karena suara kicauannya lebih didominasi suara-suara tembakan tajam dan rapat sehingga sangat cocok jika dijadikan masteran burung-burung lomba.

Burung Kinoi jantan dan betina sama-sama bisa berkicau dan bisa gacor sehingga tidak perlu kuatir jika salah pilih ketika membeli burung ini.

Tapi suara kicauan burung Kinoi jantan lebih nyaring dan bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Kinoi betina tidak banyak variasinya.

Untuk membedakan janis kelamin burung Kinoi juga cukup mudah karena antara burung Kinoi jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada warna bulunya, terutama burung Kinoi yang sudah dewasa.


Berikut ini ciri-ciri perbedaan burung Kinoi jantan dan betina paling akurat:

1. Burung Kinoi jantan yang sudah dewasa bisa dikenali dari warna bulu pada bagian mukanya (topeng) yang berwarna biru terang dan dibagian tenggorokannya berwarna biru pekat kehitaman serta dibagian pangkal paruhnya terdapat bulu berwarna ungu metalik.

Sedangkan bulu-bulu pada bagian muka burung Kinoi betina dewasa berwarna biru muda tanpa topeng seperti gambar di atas.

2. Bulu dada burung Kinoi jantan dewasa berwarna kuning keemasan, sedangkan bulu dada burung Kinoi betina dewasa berwarna hijau muda kekuningan.

3. Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin burung Kinoi yang masih muda / trotolan bisa dilihat pada warna bulu dibagian mukanya.

Meskipun terlihat sangat mirip tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama warna biru pada bagian muka burung Kinoi trotolan jantan lebih tua / pekat, sedangkan bulu-bulu dibagian muka burung Kinoi trotolan betina warnanya cenderung biru muda (biru tosca) seperti gambar dibawah ini.
gambar burung kinoi jantan dan betina muda / trotolan
Burung Kinoi Jantan & Betina Muda / Trotolan
4. Postur tubuh burung Kinoi jantan lebih besar dan panjang, sedangkan postur tubuh burung Kinoi betina lebih kecil dan pendek (buntet).

5. Sorot mata burung Kinoi jantan terlihat tajam dengan raut muka yang sangar, sedangkan sorot mata burung Kinoi betina terlihat sayu.

Itulah beberapa ciri-ciri umum yang cukup akurat untuk membedakan burung Kinoi jantan dan betina dewasa dan trotolan agar tidak salah pilih ketika membeli burung cantik bersuara merdu ini.


Demikian sedikit informasi tentang cara membedakan burung Kinoi jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kinoi, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Kinoi jantan dan betina paling akurat"