Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Prenjak Lumut jantan dan betina beserta gambarnya

gambar burung prenjak lumut jantan dan betina dewasa
Burung Prenjak Lumut jantan dan betina dewasa

On Kicau – Burung Prenjak Lumut atau sering disebut Prenjak bawah adalah salah satu jenis burung kicauan yang saat ini mulai digemari oleh para penggemar burung ocehan.

Meskipun tidak sepopuler burung Prenjak Tamu/Prenjak Klawu, tapi sebetulnya burung bertubuh mungil ini memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dibanding burung Prenjak Tamu.

Burung Prenjak Lumut masih mudah dijumpai dikebun-kebun, pinggiran hutan, semak-semak, bahkan sering berkeliaran disekitar pemukiman penduduk untuk mencari makan, sehingga burung ini tidak terlalu liar karena sudah terbiasa dengan keberadaan Manusia disekitarnya.

Di alam bebas, burung Prenjak Lumut sering memakan ulat, belalang, laba-laba dan hewan-hewan kecil lainnya.

Ketika dipelihara didalam kandang, burung ini bisa dilatih untuk makan voer (ngevoer). Sedangkan untuk pakan tambahan atau extra fooding (EF), bisa diberikan jangkrik kecil, ulat hongkong, ulat kandang dan kroto.


Biasanya burung Prenjak Lumut lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran untuk menambah variasi isian burung-burung lain, karena jika sudah gacor burung ini akan bersuara lantang dan cukup bervariasi.

Tapi sebaiknya pilihlah burung Prenjak Lumut yang berjenis kelamin jantan karena hanya burung jantan yang rajin bunyi dan memiliki suara kicauan bervariasi, sedangkan suara kicauan Prenjak Lumut betina cenderung monoton dan volumenya tidak terlalu keras.

Jika dilihat sekilas, antara burung Prenjak Lumut jantan dan betina memang tampak serupa, tapi jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung jantan dan betina, baik dari postur tubuh, warna bulu maupun suara kicauannya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Prenjak Lumut jantan dan betina:

Ciri-ciri burung Prenjak Lumut jantan:

1. Bulu ekornya menyatu dan memiliki 2 helai bulu ekor yang lebih panjang dari bulu ekor lainnya atau yang biasa disebut bulu lancur.

2. Bulu-bulu pada bagian dadanya berwarna kehitaman (semu hitam).

3. Bulu-bulu di atas kepalanya berwarna merah cerah.

4. Postur tubuhnya lebih panjang dan ramping.

5. Suara kicauannya lebih nyaring dan lebih bervariasi.

Ciri-ciri burung Prenjak Lumut betina:

1. Bulu ekornya tampak mekar dan lebih pendek, serta tidak memiliki bulu lancur.

2. Warna bulu pada bagian dadanya putih polos tanpa semburat warna hitam.

3. Bulu-bulu di atas kepalanya berwarna merah pudar (kusam).

4. Postur tubuhnya lebih pendek dan terlihat bulat (buntet).

5. Suara kicauan burung Prenjak Lumut betina cenderung monoton.

Ciri-ciri tersebut cukup akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Prenjak yang sudah dewasa, sedangkan untuk membedakan jenis kelamin burung Prenjak Lumut yang masih muda atau anakan, bisa dilihat dari warna bulu dibagian atas kepalanya.

Warna bulu dibagian kepala anakan burung Prenjak Lumut jantan terlihat lebih merah dibanding bulu-bulu kepala pada anakan burung Prenjak Lumut betina yang terlihat lebih kusam atau samar-samar.

Selain itu, postur tubuh anakan burung Prenjak Lumut jantan juga lebih besar dari anakan Prenjak Lumut betina dengan usia yang sama.

gambar anakan burung prenjak lumut jantan dan betina
Anakan burung Prenjak Lumut jantan dan betina

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Prenjak Lumut jantan dan betina paling akurat beserta gambarnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Prenjak, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Prenjak Lumut jantan dan betina beserta gambarnya"