Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis makanan burung Gagak dan perawatannya

gambar burung gagak jinak
Burung Gagak
Onkicau.com – Burung Gagak sering di anggap sebagai burung yang penuh misteri dan mitos yang berkaitan dengan hal-hal berbau mistis.

Kehadiran burung Gagak sering di anggap sebagai pertanda buruk bahwa akan ada orang yang meninggal diderah tersebut.

Selain itu, burung Gagak juga sering dijadikan sebagai tumbal atau sarana untuk melakukan berbagai macam ritual yang berhubungan dengan dunia supranatural seperti pesugihan dan sejenisnya.

Meskipun memiliki penampilan yang menyeramkan dengan warna bulu hitam legam, tapi ternyata burung Gagak memiliki sifat-sifat yang baik.

Di alam bebas, burung Gagak memiliki rasa solidaritas yang tinggi, contohnya ketika ada burung sejenis yang sedang terluka, maka rombongan burung Gagak akan datang untuk menolongnya. Selain itu, burung Gagak juga setia pada pasangannya.


Burung Gagak juga memiliki daya ingat yang tinggi sehingga ketika dipelihara burung ini bisa mengenali pemiliknya dan cepat mengenali kandangnya.

Tapi karena burung ini identik dengan hal-hal berbau mistis sehingga sebagian orang enggan untuk memeliharanya.

Padahal sebetulnya burung Gagak bisa dijadikan burung peliharaan yang sangat menyenangkan karena burung ini memiliki kecerdasan melebihi burung-burung jenis lain.

Burung Gagak bisa dilatih agar menjadi sangat jinak, bahkan bisa dilepaskan seperti ayam yang bisa pulang sendiri kekandangnya.

Burung Gagak juga mudah untuk dipelihara karena burung ini termasuk burung omnivora yang tidak pilih-pilih jenis makanan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa diberikan untuk burung Gagak ketika dipelihara:
gambar burung gagak makan pisang
Burung Gagak
1. Daging

Burung Gagak sangat menyukai daging, jadi ketika dipelihara burung ini bisa diberikan pakan hewani seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, ikan, jangkrik dan lainnya.

2. Telur rebus

Burung Gagak juga menyukai telur rebus, bisa telur ayam, telur bebek atau telur burung puyuh.

3. Buah-buahan

Burung Gagak juga bisa diberikan buah-buahan seperti pisang, pepaya, labu dan buah-buahan lainnya.

4. Kacang

Burung Gagak juga menyukai jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah dan biji-bijian lunak lainnya.

5. Voer

Jika dipelihara dari anakan/lolohan, burung Gagak juga bisa dilatih makan voer, bahkan burung ini juga mau makan nasi jika dibiasakan dari kecil.
gambar anakan burung gagak
Anakan Burung Gagak
Jadi intinya, jika dipelihara dari anakan burung Gagak bisa diberi pakan lebih beragam tergantung kebiasaanya dari kecil. Dan jika memelihara burung Gagak dewasa tangkapan hutan biasanya burung ini lebih suka mengkonsumsi jenis pakan hewani daripada buah-buahan.

Perawatan burung Gagak:

Secara umum perawatan burung Gagak tidak jauh berbeda dengan perawatan burung-burung jenis lainnya yang meliputi pemberian pakan dan air minum, mandi dan penjemuran secara teratur, serta menjaga kebersihan kandangnya agar burung selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Gagak dan jenis makanannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung ocehan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis makanan burung Gagak dan perawatannya"