Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Beo Nias jantan dan betina paling akurat

gambar burung nias jantan dan betina
Burung Beo Nias Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Beo Nias sangat terkenal sebagai burung yang pintar menirukan suara atau kata-kata Manusia dengan cukup fasih asalkan ditatih dengan telaten.

Selain bisa menirukan dengan cukup fasih, burung Beo Nias juga mampu menirukan cukup banyak kata dibanding burung-burung lainnya. Maka tidak heran jika burung ini banyak digemari karena bisa di ajak bermain-main.

Baik burung Beo Nias jantan maupun betina memiliki kemampuan yang sama dalam menirukan suara-suara yang sering didengarnya atau kata-kata Manusia, sehingga tidak masalah jika memelihara burung Beo Nias jantan atau betina.

Tapi jika berniat untuk menangkarkannya maka kita harus mengetahui perbedaan jenis kelaminnya agar burung Beo Nias yang ditangkarkan bisa berkembang biak.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Beo Nias memang cukup sulit karena burung Beo Nias jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sangat mirip.

Tapi jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Beo Nias jantan dan betina, baik dari perilaku, postur tubuh maupun ciri-ciri fisik lainnya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Beo Nias jantan dan betina:
gambar sepasang burung beo jantan dan betina
Burung Beo Jantan & Betina
1. Perilaku

Burung Beo Nias jantan lebih sering berdiri dengan posisi seperti membungkuk, sedangkan burung Beo Nias betina lebih sering berdiri dengan kaki ditegakkan dan mengangkat kepalanya.

2. Postur tubuh

Postur tubuh burung Beo Nias jantan lebih besar dari burung Beo Nias betina.

3. Kepala

Kepala burung Beo Nias jantan lebih besar, terlihat ceper dan bentuknya kotak, sedangkan kepala burung Beo Nias betina lebih kecil dan panjang serta bentuknya membulat.

4. Paruh

Paruh burung Beo Nias jantan lebih pendek dan besar/tebal serta berwarna oranye, sedangkan paruh burung Beo Nias betina lebih panjang dan kecil/tipis serta berwarna oranye pucat kekuningan.

5. Jengger

Jengger burung Beo Nias jantan lebih tebal dan panjang serta berwarna kuning pekat, sedangkan jengger burung Beo Nias betina lebih tipis dan pendek serta berwarna kuning pucat.

6. Kloaka

Bentuk kloaka atau dubur burung Beo Nias jantan terlihat lebih menonjol, sedangkan kloaka/dubur burung Beo Nias betina lebih rata dengan lubang anus yang lebih lebar.

Itulah beberapa ciri-ciri umum yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk membedakan jenis kelamin burung Beo Nias atau Beo Sumatera agar tidak salah pilih.

Tapi jika tujuannya hanya untuk dijadikan burung peliharaan sebetulnya jenis kelamin tidak menjadi masalah karena burung Beo Nias jantan dan betina memiliki kemampuan yang sama dalam menirukan suara-suara yang sering didengarnya, termasuk kata-kata Manusia.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Beo Nias/Beo Sumatera jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Beo, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Beo Nias jantan dan betina paling akurat"