Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Cucak ijo jantan dan betina paling akurat

gambar burung cucak ijo jantan dan betina dewasa
Burung Cucak ijo jantan dan betina dewasa

Onkicau.com – Cucak ijo (CI) adalah salah satu jenis burung ocehan yang cukup populer dan cukup digemari oleh para Kicau Mania di Indonesia.

Popularitas burung ini tidak pernah surut dari jaman dulu sampai sekarang, bahkan lomba burung kicau kelas Cucak ijo masih rutin di adakan disetiap event lomba, dari kelas Latber sampai lomba tingkat Nasional selalu ramai peserta.

Hal itu membuktikan bahwa burung Cucak ijo masih tetap digemari. Harga jual burung ini juga juga termasuk yang paling stabil dibanding burung-burung jenis lain seperti burung Kacer, Kenari, Lovebird dan burung-burung lainnya yang tidak stabil dan cenderung terus mengalami penurunan.

Stabilnya harga pasaran burung Cucak ijo dikarenakan stock bahan burung ini dipasaran sangat terbatas sebab hampir semuanya berasal dari tangkapan hutan (muda hutan), karena sampai saat ini burung Cucak ijo masih sulit untuk ditangkarkan.

Cucak ijo memang termasuk burung yang istimewa karena suara kicauannya sangat merdu dan bervariasi. Itulah yang menjadi alasan utama kenapa burung ini sangat digemari.

Burung Cucak ijo juga memiliki kecerdasan yang luar biasa untuk menirukan suara burung-burung lain dengan cepat dan fasih sehingga suara kicauannya bisa sangat bervariasi jika sering dimaster.

Tapi sebaiknya pilihlah burung Cucak ijo yang berjenis kelamin jantan karena hanya burung jantan yang memiliki suara kicauan lantang dan bervariasi, sedangkan burung Cucak ijo betina meskipun bisa berkicau dan bisa gacor tapi suara kicauannya cenderung monoton dan volumenya tidak begitu keras.


Untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak ijo yang sudah dewasa memang sangat mudah karena antara burung Cucak ijo jantan dan betina yang sudah dewasa memiliki perbedaan yang sangat mencolok sehingga mudah untuk dibedakan oleh pemula sekalipun.

Perbedaan antara burung Cucak ijo jantan dan betina dewasa bisa dilihat dari warna bulu pada bagian mukanya. Cucak ijo jantan dewasa memiliki bulu-bulu berwarna hitam dibagian muka sampai leher bagian depan atau yang biasa disebut nopeng / topeng, sedangkan Cucak ijo betina tidak nopeng.

Bagian paruh burung Cucak ijo jantan dewasa berwarna hitam pekat, sedangkan paruh burung Cucak ijo betina berwarna hitam agak keputihan.

Tapi untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak ijo yang masih muda (trotolan) atau kuningan memang cukup sulit, karena jika dilihat sekilas antara burung Cucak ijo jantan dan betina yang masih muda (trotolan) terlihat sangat mirip, apalagi bagi yang masih pemula tentunya akan kesulitan untuk membedakannya.

Tapi meskipun sangat mirip, jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara trotolan Cucak ijo jantan dan betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Cucak ijo jantan dan betina muda (trotolan):

gambar burung cucak ijo jantan dan betina muda/trotolan
Burung Cucak ijo jantan dan betina muda / trotolan

1. Pada burung Cucak ijo trotol jantan, lingkaran bulu alis matanya berwarna kuning tua, sedangkan bulu alis Cucak ijo betina muda warnanya kuning pudar / pucat.

Pada burung jantan, bulu-bulu kuning tersebut nantinya akan rontok dan akan tumbuh bulu berwarna hitam mengkilap sampai pada bagian leher setelah dewasa atau biasa disebut nopeng.

Sedangkan pada burung betina, bulu berwarna kuning yang melingkar dibagian matanya tersebut akan semakin pudar dan menjadi agak keputihan.

2. Paruh bagian bawah Cucak ijo trotolan jantan berwarna coklat kehitaman dan akan menjadi hitam pekat setelah dewasa. Sedangkan paruh bagian bawah burung Cucak ijo betina berwarna putih kehitaman.

3. Cekungan pada paruh bagian bawah Cucak ijo kuningan jantan berbentuk huruf V, sedangkan pada Cucak ijo betina berbentuk huruf U.

4. Bulu-bulu dibagian dagu sampai leher Cucak ijo jantan muda berwarna kuning tua. Bulu-bulu kuning tersebut nantinya akan rontok dan berganti dengan bulu-bulu totol hitam seiring bertambahnya usia sampai akhirnya menjadi full berwarna hitam pekat setelah dewasa (nopeng).

Sedangkan bulu-bulu dibagian dagu dan leher burung Cucak ijo betina muda berwarna kuning pudar dan lama-kelamaan akan menjadi keputihan setelah dewasa.

5. Supit udang burung Cucak ijo jantan terasa agak keras jika ditekan dengan jari dan jaraknya cukup rapat, sedangkan supit udang burung Cucak ijo betina terasa lunak / lembek dan jaraknya lebih lebar.

6. Kaki burung Cucak ijo muda / trotol masih terlihat basah, sedangkan kaki Cucak ijo yang sudah dewasa akan terlihat kering (bersisik).

Jadi jika ada Cucak ijo yang kakinya sudah kering (bersisik) tapi belum nopeng, berarti kemungkinan besar burung Cucak ijo tersebut berjenis kelamin betina.

7. Postur tubuh burung Cucak ijo jantan lebih besar dan panjang, sedangkan postur tubuh burung Cucak ijo betina lebih kecil dan pendek (bulat / buntet).

Ciri-ciri tersebut merupakan ciri-ciri umum yang cukup akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak ijo muda atau trotolan.

Tapi terkadang ada pedagang nakal yang menyulap burung Cucak ijo betina menjadi Cucak ijo jantan palsu untuk mengelabuhi pembeli karena harga burung Cucak ijo jantan jauh lebih mahal dibanding burung Cucak ijo betina.

Karena peminatnya banyak sehingga membuat burung Cucak ijo laris manis dipasaran. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh para oknum pedagang nakal untuk menjual Cucak ijo betina yang disulap menjadi Cucak ijo jantan dengan cara disemir agar seperti memiliki topeng.

Agar lebih meyakinkan dan sulit dibedakan, biasanya Cucak ijo betina hanya disemir dengan totol-totol kecil berwarna hitam saja agar tampak seperti Cucak ijo jantan trotolan yang belum full nopeng.

Cucak ijo yang hanya disemir seperti trotolan jantan inilah yang agak sulit untuk dibedakan dengan Cucak ijo trotolan jantan yang asli, apalagi bagi para pemula tentunya akan kesulitan untuk membedakan antara Cucak ijo trotolan jantan yang asli dan yang palsu.


Berikut ini beberapa ciri-ciri Cucak ijo trotolan jantan yang asli dan Cucak ijo trotolan jantan semiran:

gambar burung cucak ijo semiran
Burung Cucak ijo trotol dan nopeng semiran

Ciri-ciri brung Cucak ijo dengan trotol / topeng asli:

1. Bulu-bulu hitamnya terlihat pekat dan mengkilat.

2. Bulu-bulu trotol hitam tersebut warnanya tidak berubah / tidak luntur meskipun sudah dimandikan berkali-kali.

3. Warna biru metalik pada bagian samping / bawah paruh terlihat jelas tidak tertutup warna hitam semir.

4. Lingkar matanya berwarna hitam.

5. Jika bulu-bulu hitamnya dicabut dan diolesi dengan minyak kayu putih maka warnanya tidak akan luntur.

Ciri-ciri burung Cucak ijo dengan trotol / topeng semiran:

1. Bulu-bulu hitamnya cenderung berwarna doff atau tidak mengkilat seperti warna asli burung Cucak ijo jantan.

2. Warna biru metalik disamping / bawah paruh biasanya tidak tampak atau tertutup warna hitam semir (untuk Cucak ijo yang disemir full nopeng).

3. Burung Cucak ijo betina yang disemir full sampai berbentuk topeng / nopeng jika diperiksa pada bagian kulit lehernya akan tampak berwarna hitam karena ikut terkena cairan semir.

4. Paruh burung Cucak ijo betina yang diwarnai hitam menggunakan spidol atau pewarna lain bisa dihapus dengan menggunakan jari tangan yang diolesi minyak kayu putih atau air.

Jika warna hitam pada paruhnya luntur dan menempel pada jari berarti warna hitam tersebut adalah hasil semiran agar menyerupai warna paruh Cucak ijo jantan yang hitam pekat.

5. Cucak ijo betina juga ada yang bisa bersuara lantang seperti Cucak ijo jantan, tapi suara kicauannya cenderung ngeban atau diulang-ulang (monoton) dan lebih rajin ngeriwik serta lebih sering mengeluarkan suara aslinya.

Sedangkan suara kicauan burung Cucak ijo jantan lebih bervariasi dan sering mengeluarakan suara-suara isian.

6. Kaki burung Cucak ijo betina yang sudah dewasa akan tampak kering / bersisik, dan jika ada Cucak ijo yang masih trotol tapi kakinya sudah tampak kering berati kemungkinan besar Cucak ijo trotolan tersebut merupakan Cucak ijo betina yang disemir agar terkesan seperti Cucak ijo jantan trotolan.

Itulah beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Cucak ijo jantan dan betina yang sudah dewasa, trotolan dan juga yang disemir.

Jadi jika berniat membeli burung Cucak ijo, sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli, karena kualitas suara kicauan burung Cucak ijo jantan jauh lebih bagus dibanding burung Cucak ijo betina. Selain itu, perbedaan harga keduanya juga cukup jauh.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Cucak ijo jantan dan betina dewasa, trotolan dan semiran paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Cucak ijo jantan dan betina paling akurat"