Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Jalak Sutra jantan dan betina

gambar burung jalak sutra/jalak kapas jantan
Burung Jalak Sutra/Jalak Kapas Jantan

On Kicau – Burung Jalak Sutra atau Jalak Kapas merupakan burung migrasi yang datang ke Indonesia karena ditempat asalnya sedang dilanda musim dingin, sehingga burung ini akan mencari tempat baru yang lebih hangat termasuk ke beberapa wilayah di Indonesia seperi Kalimantan, Sumatra dan Jawa.

Burung Jalak Sutra/Jalak Kapas cukup dikenal oleh para penggemar burung kicau di Indonesia karena burung ini memiliki suara kicauan yang cukup merdu. Ukuran tubuh burung Jalak Sutra relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis burung Jalak lainnya.

Burung Jalak Sutra atau Jalak Kapas yang rajin bunyi dan memiliki suara kicauan lebih merdu serta bervariasi adalah yang berjenis kelamin jantan, sedangkan suara kicauan burung Jalak Sutra betina cenderung monoton. Jadi jika tujuannya untuk dijadikan burung ocehan sebaiknya pilihlah burung Jalak Sutra yang berjenis kelamin jantan.


Sekilas, antara burung Jalak Sutra jantan dan Jalak Sutra betina memang hampir sama, tapi jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Jantan dan betina.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Jalak Sutra/Jalak Kapas sebetulnya cukup mudah karena warna bulunya sedikit berbeda. Tapi jika tanpa pembanding memang agak susah untuk menentukan jenis kelaminnya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Jalak Sutra atau Jalak Kapas jantan dan betina paling akurat:

1. Warna bulu

Bulu-bulu dibagian punggung burung Jalak Sutra jantan berwarna hitam mengkilap keunguan, sedangkan bulu-bulu dibagian punggung burung Jalak Kapas betina berwarna hitam kusam cenderung keabu-abuan.

Bulu-bulu dibagian sayap dan ekor burung Jalak Sutra jantan berwarna hitam mengkilap kehijauan, sedangkan bulu-bulu sayap dan ekor burung Jalak Sutra betina berwarna hitam kusam.

Bulu-bulu dibagian kepala, leher dan perut burung Jalak Sutra/Jalak Kapas jantan berwarna putih agak keabu-abuan, sedangkan bulu-bulu dibagian kepala, leher dan perut burung Jalak Sutra/Jalak Kapas betina berwarna putih cenderung kecoklatan.

Pada bagian belakang kepala burung Jalak Kapas jantan terdapat bercak hitam sedangkan pada bagian belakang kepala burung Jalak Kapas betina berwarna coklat.

2. Postur tubuh

Postur tubuh burung Jalak Sutra/Jalak Kapas jantan lebih panjang dan ketika berdiri terlihat lebih tegap, sedangkan postur tubuh burung Jalak Sutra bertina lebih pendek dan ketika berdiri terlihat lebih merunduk.

3. Bentuk kepala

Kepala burung Jalak Sutra jantan bentuknya cepak/papak, sedangkan kepala burung Jalak Sutra betina bentuknya agak membulat dibagian atasnya.

4. Suara kicauan

Suara kicauan burung Jalak Kapas jantan lebih nyaring dan bervariasi serta lebih rajin bunyi, sedangkan suara kicauan burung Jalak Kapas betina cenderung monoton dam volumenya kecil.

gambar burung jalak kapas/jalak sutra betina
Burung Jalak Kapas/Jalak Sutra Betina

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Jalak Sutra atau Jalak Kapas jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Jalak, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Jalak Sutra jantan dan betina"