Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis pakan yang bagus untuk Lovebird agar rajin ngekek

lovebird ngekek konslet
Ilustrasi Lovebird Konslet

On Kicau – Popularitas burung Lovebird (LB) saat ini memang sedang redup, bahkan bisa dikatakan turun drastis. Tapi meskipun tidak begitu diminati lagi, Lovebird masih tetap memiliki penggemar setia, baik untuk jenis Lovebird warna maupun Lovebird kekekan. Meskipun saat ini popularitas Lovebird sedang redup, tapi bukan tidak mungkin jika suatu saat popularitas burung paruh bengkok ini akan naik laik lagi.

Lomba burung kicau kelas Lovebird juga masih sering digelar dan antusias para LB Mania juga masih cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari cukup banyaknya peserta yang mengikuti lomba kelas Lovebird meskipun tidak seramai dulu yang selalu full gantangan baik untuk kelas Lovebird dewasa maupun Lovebird Paud.

Salah satu kriteria penilain dalam lomba burung kicau kelas Lovebird adalah durasi ngekek LB ketika digantang. Oleh karena itulah para penggemar burung ini selalu berusaha untuk mencari burung bahan Lovebird yang prospek dan mencari settingan yang tepat untuk membuat Lovebird gacoannya bisa ngekek tanpa jeda ketika dilombakan.

Baca juga: Cara membentuk Lovebird muda agar fighter dan ngekek panjang

Agar Lovebird rajin ngekek dengan durasi panjang, tentunya selain bakat, burung juga harus memiliki stamina yang prima. Salah satu faktor penting untuk membuat Lovebird memiliki stamina yang prima adalah asupan pakan yang bernutrisi dengan jenis dan jumlah yang tepat.

Jenis pakan yang tepat dan berkualitas tentu akan menjadikan Lovebird (LB) sehat dan cerewet serta rajin ngekek. Oleh karena itu, kita sebagai perawatnya harus paham tentang jenis-jenis pakan yang bagus untuk Lovebird dan kandungan gizinya serta apa manfaat dan dampaknya pada Lovebird.

Pakan untuk Lovebird dibagi menjadi dua kategori, yaitu makanan pokok dan makanan tambahan atau extra fooding (EF). Makanan pokok adalah pakan yang wajib diberikan setiap hari, sedangkan extra fooding (EF) adalah pakan yang diberikan hanya jika dibutuhkan saja atau sebagai pakan tambahan saja.

Berikut ini jenis pakan utama/pakan harian yang bagus untuk Lovebird (LB):

1. Milet

Milet sudah umum digunakan untuk pakan burung-burung pemakan biji-bijian seperti Lovebird, Parkit, Kenari, Blackthroat, dan burung-burung pemakan biji-bijian lainnya. Ada dua jenis milet yaitu milet putih dan milet merah yang bisa diberikan dengan dicampur atau hanya salah satu saja, tergantung dari kebiasaan Lovebird (LB).

Milet merah biasanya digunakan untuk menjaga kestabilan birahi (menurunkan birahi), sedangkan milet putih cenderung netral. Milet bisa diberikan setiap hari pada Lovebird (LB) karena merupakan makanan utama atau makanan pokok untuk Lovebird.

2. Canary Seed

Canary seed juga bisa diberikan pada Lovebird (LB) sebagai campuran untuk milet. Canary seed memiliki kandungan protein, asam amino cystine, trytophan, dan phenylalanine, sehingga sangat bagus diberikan pada Lovebird, terutama untuk indukan Lovebird yang diternakkan.

Canary seed yang bagus yaitu yang sudah agak tua dengan ciri-ciri warnanya sedikit gelap dan isinya padat. Akan tetapi biasanya Lovebird (LB) tidak suka mengkonsumsi canary seed, dan harus dibiasakan dulu agar mau memakannya.

3. Jewawut

Jewawut sangat bagus jika diberikan pada Lovebird (LB) yang ditangkarkan karena jewawut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan zat kapur sebagi bahan untuk pembentukan cangkang telur.

Berikut ini pakan tambahan/extra fooding (EF) yang bagus untuk Lovebird:

1. Jagung manis

Jagung manis yang masih muda selama ini memang sudah umum digunakan sebagai extra fooding (EF) untuk Lovebird (LB). Manfaatnya untuk meningkatkan birahi burung Lovebird.

2. Kangkung

Kangkung juga sudah umum digunakan sebagai extra fooding (EF) untuk Lovebird (LB), baik untuk Lovebird lomba maupun Lovebird ternak. Kangkung bermanfaat sebagai sumber kalsium dan bermanfaat juga untuk meningkatkan birahi Lovebird serta untuk membuat Lovebird lebih tenang.

3. Taoge

Taoge atau kecambah juga bagus diberikan untuk Lovebird (LB) sebagai pakan tambahan atau sebagai selingan yang diberikan bersama jenis pakan lainnya. Taoge sangat bagus diberikan pada Lovebird yang ditangkarkan.

4. Biji kwaci

Biji kwaci atau biji bunga matahari bermanfaat untuk meningkatkan birahi Lovebird (LB) sehingga bisa membuat Lovebird rajin ngekek, tapi kandungan lemaknya yang tinggi dapat menyebabkan Lovebird mengalami kegemukan/obesitas, oleh karena itu pemberian biji kwaci untuk burung Lovebird sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

Biji kwaci atau biji bunga matahari sangat bagus diberikan pada Lovebird (LB) yang kurang birahi dan Lovebird yang badannya kurus (nyilet) untuk memulihkan kondisinya.

5. Sawi putih

Sawi putih juga biasa digunakan sebagai extra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) karena bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan burung Lovebird dan untuk melengkapi kebutuhan vitaminnya.

Pakan yang bagus adalah pakan yang kandungan gizinya lengkap dan seimbang. Untuk itu, Lovebird sebaiknya tidak hanya diberikan satu jenis pakan saja tapi beberapa jenis pakan seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan agar Lovebird (LB) tidak bosan dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

6. Tulang sotong

Tulang sotong bisa diberikan pada Lovebird (LB) sebagai sumber mineral dan kalsium. Selain itu, tulang sotong juga bermanfaat untuk mengasah paruh Lovebird dan juga untuk membantu proses pencernaan makanan.

Tulang sotong sangat bagus diberikan pada burung Lovebird, terutama Lovebird yang diternakkan sebagai bahan pembentukan cangkang telur.

Baca juga: Tips beternak Lovebird agar cepat produk

Agar Lovebird rajin ngekek, pakan yang diberikan harus tepat sesuai kebutuhan dan kondisinya, misalnya saja:

- Jika Lovebird dalam kondisi kurang birahi maka harus diberikan pakan yang dapat meningkatkan birahinya.

- Jika Lovebird dalam kondisi over birahi (OB) maka harus diberikan pakan yang dapat menurunkan tingkat birahinya.

Jadi jika tujuannya untuk lomba, selain harus memilih Lovebird yang berkualitas dan memiliki bakat ngekek panjang juga harus memperhatikan jenis pakan dan porsinya untuk memaksimalkan bakatnya sehingga performanya menjadi semakin baik. Selain itu, perawatan harian dan perawatan menjelang lomba sampai pasca lomba juga harus dilakukan dengan tepat disesuaikan dengan karakter burung.

Baca juga: Cara ampuh untuk membuat Lovebird konslet digantangan

Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis pakan yang bagus untuk Lovebird agar rajin ngekek yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Jenis-jenis pakan yang bagus untuk Lovebird agar rajin ngekek"