Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Kacer dimusim hujan

gambar burung kacer dada putih
Kacer Poci

Onkicau.com - Semua jenis burung termasuk Kacer memerlukan panas matahari untuk membantu metabolisme tubuhnya. Jadi agar kondisi fisiknya selalu fit, burung Kacer harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar suhu tubuhnya tetap ideal.

Tapi tentunya panas matahari tidak bisa didapatkan sepanjang tahun karena Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jadi saat musim hujan tentunya burung Kacer tidak bisa dijemur setiap hari.

Apalagi untuk sekarang ini dengan kondisi cuaca yang tidak menentu sebentar hujan dan sebentar panas tentunya perawatan burung Kacer menjadi tidak maksimal terutama dalam hal penjemuran.

Padahal syarat agar burung Kacer memiliki performa yang maksimal suhu tubuhnya harus berada pada tingkat yang ideal. Karena kunci sukses bermain Kacer adalah mengontrol suhu tubuhnya agar tetap pada tingkat yang ideal dengan cara melakukan penjemuran secara rutin.

Pada saat musim hujan tentunya hal itu sulit dilakukan karena matahari tidak bersinar setiap hari, apalagi untuk yang memiliki aktivitas diluar rumah tentu akan lebih sulit karena pada saat matahari bersinar tidak selalu ada dirumah.

Untuk menyiasati agar burung Kacer tetap fit saat musim hujan, ada beberapa tips perawatan yang bisa diterapkan selama musim hujan.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk Kacer dorong ekor

Berikut ini cara merawat burung Kacer pada saat musim hujan:

1. Pemberian pakan

Untuk pakan utama burung Kacer sebaiknya berikan voer yang terdapat campuran madu dan telur pada komposisi bahannya untuk membantu menghangatkan tubuh burung Kacer.

Ganti voer setiap dua hari sekali agar tidak berjamur, karena udara yang lembab saat musim hujan akan mempercepat tumbuhnya jamur pada voer.

Air minumnya juga diganti setiap hari dan untuk sore hari bisa diberikan seduhan air jahe yang dicampur madu untuk menghangatkan tubuh burung Kacer.

Berikan juga extra fooding (EF) berupa jangkrik sebanyak 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor pada sore hari. Berikan pakan jahe pada jangkrik sebelum diberikan pada burung Kacer untuk menghangatkan tubuhnya.

Tambahkan ulat hongkong (UH) sebanyak 5 - 10 ekor setiap pagi dan sore hari. Sebelum diberikan pada burung Kacer sebagai extra fooding (EF) sebaiknya ulat hongkong diberi pakan voer ayam atau voer babi terlebih dulu agar lebih hangat dan dan lebih bernutrisi.

Baca juga: Jenis pakan dan extra fooding yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

2. Perawatan mandi dan penjemuran

Jika hujan turun setiap hari burung Kacer tidak perlu dimandikan karena jika dimandikan maka suhu tubuhnya akan semakin ngedrop.

Usahakan sebisa mungkin untuk menjemur burung Kacer ketika matahari muncul walaupun hanya sebentar agar suhu tubuhnya tidak terlalu ngedrop. Atau letakkan kandangnya dibawah atap asbes / seng / kanopi agar ketika ada panas matahari burung Kacer bisa terkena mendapatkan panas matahari.

3. Full kerodong

Pada saat musim hujan sebaiknya kandang burung Kacer dikerodong setiap hari (full kerodong) untuk melindungi dari cuaca dingin.

Buka kerodong hanya pada pagi dan sore hari untuk memberikan pakan dan air minum serta membersihkan kandangnya saja.

Usahakan untuk mencuci kerodongnya seminggu sekali agar steril, karena udara yang lembab saat musim hujan akan mempercepat tumbuhnya jamur dan parasit pada kerodong.

4. Kebersihan kandang

Saat musim hujan kebersihan kandang burung Kacer harus lebih diperhatikan. Usahakan untuk membersihkan kandangnya setiap hari agar burung Kacer terhindar dari serangan penyakit, karena virus dan bakteri penyebab penyakit lebih cepat berkembang saat musim pancaroba.

5. Umbaran

Untuk menjaga kondisi fisik burung Kacer agar selalu fit sebaiknya lakukan pengumbaran seminggu sekali saat tidak turun hujan.

Dengan rutin diumbar, burung Kacer akan lebih banyak bergerak untuk membakar kalori, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak pada tubuh burung Kacer akibat kurang beraktivitas selama musim hujan.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

Demikian sedikit informasi tentang perawatan yang tepat untuk burung Kacer saat musim hujan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan Kacer dimusim hujan"