Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati burung katarak dengan bahan alami

gambar burung anis merah katarak
Burung Anis Merah Katarak

Onkicau.com – Katarak merupakan salah satu penyakit pada mata burung yang awalnya berupa flek putih berukuran kecil sehingga seringkali tidak diketahui oleh pemilik burung.

Jika tidak segera di obati lama-kalamaan flek tersebut akan semakin melebar dan dapat meyebabkan burung mengalami kebutaan bahkan bisa mengalami kematian.

Penyebab katarak pada mata burung bisa bermacam-macam, bisa dari pengaruh makanan yang dikonsumsi atau faktor genetik dan juga faktor eksternal, misalnya mata burung sering terpapar cahaya yang terlalu silau.

Banyak yang menganggap jika pemberian ulat hongkong (UH) yang terlalu berlebihan menjadi salah satu penyebab timbulnya katarak pada mata burung.

Ada juga yang beranggapan bahwa penempatan burung di lokasi yang terlalu silau, baik silau karena cahaya matahari atau cahaya lampu juga dapat menyebabkan timbulnya katarak pada mata burung.


Oleh karena itu sebaiknya perhatikan pola perawatan harian burung dari mulai pemberian pakan, penjemuran dan penempatan kandangnya untuk mencegah burung terkena katarak, karena penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian jika sudah parah.

Sebaiknya jangan menempatkan kandang burung di lokasi yang terpapar cahaya matahari secara langsung ataupun pantulan cahaya yang menyilaukan mata, misalnya didekat tembok yang berwarna cerah / mencolok yang berpotensi memantulkan sinar matahari.

Selain itu, pada malam hari sebaiknya jangan menempatkan kandang burung terlalu dekat dengan lampu karena akan membuat mata burung silau, dan jika hal itu berlangsung dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan mata burung terkena katarak. Tapi jika tempatnya tidak memungkinkan sebaiknya kandangnya dikerodong pada malam hari.

Jika mata burung sudah terlanjur kena katarak sebaiknya segera di obati agar tidak bertambah parah karena selain akan mengurangi nilai jualnya, penyakit ini juga bisa membahayakan burung jika sudah parah.


Berikut ini cara mengobati mata burung yang kena katarak menggunakan bahan-bahan alami:

1. Menggunakan bunga kitolod

gambar bunga kitolod
Bunga Kitolod

Kitolod merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini banyak tumbuh di pinggir selokan, sungai dan disela-sela bebatuan yang lembab. Kitolod menjadi semakin populer setelah teruji dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan mata.

Kitolod sudah lama digunakan sebagai obat mata oleh masyarakat pedesaan dengan cara memetik bunganya pada pagi hari ketika masih berembun. Embun yang menempel pada bunga kitolod tersebut kemudian diteteskan pada mata sebagai obat gangguan mata.

Tapi sebetulnya tujuan pemberian obat tetes kitolod adalah untuk membersihkan dan membuka lapisan (kotoran) yang menempel pada kornea mata.

Sedangkan untuk mengobati katarak pada mata burung, caranya dengan mengambil beberapa tangkai bunga kitolod lalu diperas dan diambil airnya.

Air perasan bunga kitolod tersebut bisa langsung diteteskan pada mata burung yang kena katarak dua kali sehari, yaitu satu kali pada sore hari menjelang burung istirahat dan satu kali pada pagi hari.

Agar khasiatnya lebih maksimal sebaiknya setelah ditetesi air perasan bunga kitolod, mata burung  juga bisa dikompres menggunakan seduhan air daun sirih atau bunga melati, kemudian lakukan pemijatan dengan lembut pada bagian sekitar mata yang terkena katarak.

Lakukan terapi pengobatan menggunakan bunga kitolod secara rutin sampai penyakit katarak pada mata burung benar-benar sembuh.


2. Menggunakan propolis

gambar propolis
Propolis

Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah madu yang dikumpulkan dari pucuk daun-daun muda dan dicampur dengan air liur lebah. Propolis digunakan oleh lebah untuk menambal dan mensterilkan sarangnya dari virus, bakteri dan parasit.

Propolis sering digunakan sebagai solusi alternatif untuk penyembuhan berbagai macam penyakit pada Manusia, bahkan propolis juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit pada hewan termasuk burung.

Propolis memiliki banyak kelebihan dibanding obat-obatan kimia karena merupakan bahan alami murni yang berasal dari alam sehingga tidak ada efek samping dan cocok untuk segala jenis burung kicauan.

Pengobatan penyakit pada burung menggunakan propolis bersifat luar-dalam dan menyeluruh sehingga dapat menghemat biaya karena 1 obat bisa digunakan untuk segala jenis penyakit, baik penyakit luar maupun penyakit dalam.

Cara menggunakan propolis untuk mengobati mata burung yang kena katarak juga cukup mudah, yaitu dengan mengambil satu tetes propolis lalu dicampur dengan 5 - 7 tetes air bersih.

Kemudian teteskan air yang sudah dicampur propolis tersebut pada mata burung yang sakit katarak sebanyak satu kali sehari dan sisanya bisa dipakai untuk hari berikutnya sampai habis.

Lakukan terapi pengobatan menggunakan propolis setiap hari sampai flek putih / katarak pada mata burung benar-benar hilang.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengobati mata burung katarak menggunakan bahan-bahan alami yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini.  Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengobati burung katarak dengan bahan alami"