Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Burung Cucak Rotan / Cucak Rowo Papua

gambar burung cucak rotan / cucak emas
Burung Cucak Rotan / Cucak Rowo Papua
Onkicau.com – Burung Cucak Rowo Papua atau Cucak Rotan merupakan salah satu jenis burung kicauan yang berasal dari Papua. Nama asli burung ini adalah Pitohui yang masuk ke dalam keluarga Oriolidae.

Di alam bebas, burung Cucak Rotan biasanya hidup secara berkelompok didalam hutan, di semak-semak dan di pinggiran hutan dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Suara kicauan burung Cucak Rotan termasuk cukup bagus dengan beberapa variasi seperti suara siulan dengan cegukan keras yang berirama.


Suara kicauannya hampir mirip dengan suara kicauan burung Kepodang dan burung Samyong. Bedanya suara burung Cucak Rotan selalu diselingi dengan suara teriakan kasar yang terdengar mirip seperti suara kucing.

Semua jenis burung Pitohui dikenal memiliki racun syaraf alkanoid yang terdapat di bagian kulit dan bulu-bulunya yang merupakan alat pertahanan burung Cucak Rotan untuk menghindari ektoparasit dan serangan predator.

Jadi jika ingin memelihara burung Cucak Rotan sebaiknya jangan melakukan kontak langsung dengan burung ini karena racun yang ada pada bulu-bulunya dapat menyebabkan rasa panas pada kulit, peradangan, mati rasa, kesemutan, bahkan yang lebih parah dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian.


Ada 3 jenis burung Pitohui yang dikenal oleh para penggemar burung kicauan, antara lain:
1. Burung Pitohui Selatan atau Southem Variable Pitohui (Pitohui Uropygialis)
2. Burung Pitohui Raja Ampat atau Raja Ampat PITOHUI (Pitohui Cerviniventris)
3. Burung Pitohui Belang atau Variable Pitohui (Pitohui Kirthocepalus)

Di alam bebas, burung Cucak Rowo Papua atau Cucak Rotan biasanya memakan buah-buahan, serangga, ulat dan hewan-hewan kecil lainnya.

Jadi ketika dipelihara didalam kandang, selain diberi pakan berupa voer, burung Cucak Rotan juga perlu diberi pakan buah-buahan dan extra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto.

Untuk perawatan burung Cucak Rotan tidak jauh berbeda dengan peerawatan burung pemakan buah dan seranggan lainnya seperti burung Cucak Ijo, Cucak Jenggot, Trucukan atau yang lainnya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan perawatan burung Cucak Rowo Papua atau Cucak Rotan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengenal Burung Cucak Rotan / Cucak Rowo Papua"