Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat dan melatih burung Kekep Babi untuk free fly

foto burung kekep babi terbang free fly
Burung Kekep Babi Terbang
Onkicau.com – Burung Kekep Babi memang tidak begitu populer di kalangan Kicau Mania karena suaranya tidak sebagus burung-burung jenis ocehan.

Tapi meskipun bukan termasuk burung kicauan, jika dilatih dan dimaster dari kecil, burung Kekep Babi juga bisa menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya, meskipun hanya beberapa jenis suara saja yang bisa ditirukan.

Biasanya burung Kekep Babi lebih banyak dipelihara untuk dijinakkan dan dijadikan teman bermain untuk free fly.


Burung Kekep Babi termasuk jenis burung pemakan serangga. Burung ini sangat tangkas ketika menangkap mangsanya sambil terbang.

Warna bulu burung Kekep Babi merupakan perpaduan warna putih dan abu-abu. Ukuran tubuhnya sekitar 18 cm dengan iris mata berwarna coklat, paruhnya berwarna abu-abu kebiruan, dan kakinya berwarna abu-abu.

Agar lebih mudah dijinakkan dan dilatih, pilihlah burung Kekep Babi yang masih muda atau trotolan. Karena jika dirawat dari anakan, burung ini akan lebih mudah jinak dan hafal dengan pemiliknya.

Bagi para penggemar burung ocehan, burung Kekep Babi memang kurang begitu diminati karena suara kicauannya tidak semerdu burung-burung jenis kicauan. Tapi bagi para pecinta burung free fly, burung Kekep Babi sangat diminati karena memliki gaya terbang yang sangat unik seperti burung Elang yang sedang mencari mangsa.
foto burung kekep babi mengejar mangsa
Burung Kekep Babi Mengejar Capung
Burung kekep babi memiliki gaya terbang soaring atau melayang-layang di udara dalam waktu yang cukup lama dengan hanya beberapa kali mengepakkan sayap.

Burung ini juga bisa bermanuver menukik ke bawah saat akan menyambar mangsanya. Itulah yang membuat para pecinta free fly banyak yang tertarik dengan burung ini.

Cara melatih burung Kekep Babi untuk free fly:

Agar burung Kekep Babi bisa dilepas atau diterbangkan dan bisa kembali ketika dipanggil oleh pemiliknya, tentunya burung harus sudah benar-benar jinak.

Untuk melatihnya, kita harus menyiapkan peluit dan sarung tangan. Peluit berguna untuk memanggil burung Kekep Babi ketika terbang karna suara peluit yang nyaring tentu akan mudah didengar saat burung sedang terbang jauh.

Sedangkan sarung tangan berguna sebagai tanda untuk burung Kekep Babi hinggap pada pemiliknya. Usahakan gunakan sarung tangan yang berwarna cerah agar mudah dilihat dari kejauhan oleh burung Kekep Babi.

Agar burung Kekep Babi lebih cepat mengenali pemiliknya, sebaiknya dari kecil burung dibiasakan diberi makan dengan menggunakan sarung tangan yang sudah disiapkan dan jangan diganti-ganti.

Setiap mau memberi makan burung Kekep Babi, tiuplah peluit dulu sebagai tanda agar nantinya burung akan hafal karena bunyi peluit tersebut merupakan tanda akan diberi makan.

Setelah burung Kekep Babi sudah mulai dewasa dan sudah bisa meloncat-loncat, kita bisa mulai mengajarinya JTM (Jump To Me) atau melompat ke tangan pemiliknya.

Untuk melatih JTM, kita bisa menggunakan tangkringan untuk bertenger, kemudian kita coba panggil dengan meniup peluit dari jarak dekat.

Jika burung Kekep Babi berhasil meloncat ke tangan kita, biasakan untuk memberikan makanan sebagai hadiah. Setelah burung berhasil melakukan latihan jarak dekat, maka secara bertahap jarak loncatannya dibuat lebih jauh. Misalnya saja pertama dari jarak 20 cm kemudian dilanjutkan menjadi 30 cm.

Terus tambah jaraknya secara bertahap sampai jarak 1 m. Untuk selanjutnya jaraknya terus dijauhkan secara bertahap sampai burung Kekep Babi sudah mulai bisa terbang.

Setelah tahapan JTM berhasil dan burung Kekep Babi sudah bisa terbang, maka latihan kita lanjutkan dengan latihan FTM (Fly To Me) atau melatih burung terbang ke pemiliknya. Latihan sebaiknya dilakukan didalam ruangan.

Cara melatih FTM hampir sama dengan JTM, yaitu dengan memanggil burung Kekep Babi menggunakan suara peluit.

Tapi tahapan FTM jaraknya dimulai dari 1 meter sampai 10 meter tergantung kemampuan terbang burung Kekep Babi yang kita latih. Jika burung berhasil hinggap ditangan kita, biasakan untuk memberikan makanan sebagai hadiah.

Jika burung Kekep Babi sudah kuat terbang lama, kita bisa mencobanya free fly diluar ruangan, tapi jika masih ragu dan takut burung akan lepas, kita bisa mencoba free fly didalam ruangan yang cukup luas.

Tapi jika kita sudah yakin burung Kekep Babi yang kita latih tersebut akan kembali, maka kita bisa mulai menerbangkannya diluar ruangan (out dor). Yang terpenting dari setiap latihan, usahakan burung dalam keadaan lapar, dan jika mau diberi makan maksimal sebelum latihan cukup diberikan 2 - 3 ekor jangkrik atau ulat hongkong.
gambar anakan burung kekep  babi
Burung Kekep Babi Muda
Perawatan burung Kekep Babi:

Untuk perawatannya secara umum hampir sama dengan perawatan burung-burung lainnya, mulai dari pemberian pakan dan air minum, perawatan mandi dan jemur serta kebersihan kandangnya juga harus dijaga agar burung Kekep Babi selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Tapi untuk porsi makanannya memang harus di atur agar burung lebih mudah dilatih. Pada pagi hari berikan jangkrik sebanyak 3 - 5 ditambah ulat hongkong sebanyak 2 - 3 ekor, lalu pada siang harinya berikan jangkrik sebanyak 2 - 3 dan pada sore hari berikan lagi jangkrik sebanyak  4 - 6 ekor.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang cara melatih dan merawat burung Kekep Babi untuk free fly yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung peliharaan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat dan melatih burung Kekep Babi untuk free fly"