Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kapas Tembak jantan dan betina paling akurat

gambar burung kapas tembak jantan
Burung Kapas Tembak Jantan

On Kicau – Burung Kapas Tembak (Katem) adalah salah satu jenis burung kicauan yang cukup populer dan banyak digemari. Burung ini sering dijadikan sebagai burung masteran karena suara kicauannya lebih dominan suara-suara tembakan rapat dan besetan tajam yang akan terdengar sangat dominan jika dinyanyikan oleh burung-burung jenis lain seperti Murai Batu, Kacer, Cucak ijo, atau burung-burung lainnya saat dilombakan.

Karena alasan itulah burung Kapas Tembak banyak dipelihara oleh para pemain burung lomba sebagai burung masteran untuk menambah materi isian burung-burung lomba andalannya. Jika dibandingkan dengan Cucak Jenggot, suara tembakan burung Kapas Tembak cenderung lebih tajam dan lebih rapat.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Cucak Jenggot vs Kapas Tembak

Burung Kapas Tembak (KT) yang bagus untuk dijadikan masteran adalah yang berjenis kelamin betina karena lebih sering mengeluarakan suara besetan tajam dan tembakan-tembakan panjang. Sedangkan burung Kapas Tembak jantan lebih sering nyiul dan ngeriwik suara isian. Suara tembakan Kapas Tembak jantan juga kurang panjang.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Kapas Tembak (Katem) memang agak sulit, apalagi bagi para pemula karena antara burung Kapas Temabak jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang hampir serupa. Tapi jika di amati dengan lebih seksama, sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kapas Tembak jantan dan burung Kapas Tembak betina.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kapas Tembak jantan dan betina:

1. Burung Kapas Tembak jantan memiliki jambul yang lebih tinggi dan sering berdiri (njegrak), sedangkan burung Kapas Tembak betina bulu jambulnya lebih pendek, bahkan terlihat sperti tidak berjambul.

2. Bulu-bulu jenggot dibawah paruh burung Kapas Tembak Jantan lebih panjang dan lebih tebal, sedangkan bulu jenggot pada burung Kapas Tembak betina lebih tipis dan pendek, bahkan terlihat tidak ada jenggotnya.

3. Alis mata burung Kapas Tembak jantan (garis berwarna putih di atas mata) lebih tebal dan memanjang kebelakang, sedangkan alis mata burung Kapas Tembak betina terlihat lebih tipis dan pendek (tidak memanjang kebelakang).

4. Bulu-bulu sayap (bulu besar) burung Kapas Tembak jantan berwarna coklat muda, sedangkan bulu-bulu sayap burung Kapas Tembak betina warnanya lebih gelap atau coklat tua agak kemerahan pada bagian ujungnya.

5. Postur tubuh burung Kapas Tembak jantan terlihat lebih besar dan panjang, sedangkan postur tubuh burung Kapas Tembak betina lebih kecil dan pendek (bulat).

6. Ketika berkicau, burung Kapas Tembak jantan sering berperilaku sambil mengepak-ngepakkan sayapnya dan jambul serta jenggotnya juga berdiri, sedangkan burung Kapas Tembak betina ketika berkicau akan membuka lebar ekornya dan jambulnya tidak berdiri.

7. Burung Kapas Tembak jantan sering nyiul, suara kicauannya lebih bervariasi dan sering ngeriwik suara isian, sedangkan suara kicauan burung Kapas Tembak betina cenderung monoton dan lebih dominan suara besetan serta tembakan-tembakan panjang.

8. Mata burung Kapas Tembak jantan berwarna merah, sedangkan mata burung Kapas Tembak betina berwarna coklat.

9. Paruh burung Kapas Tembak Jantan lebih tebal dan panjang, sedangkan paruh burung Kapas Tembak betina lebih pendek dan kecil.

10. Burung Kapas Tembak betina lebih cerewet dibanding burung Kapas Tembak jantan.

11. Burung Kapas Tembak betina yang sudah dewasa dan sudah birahi biasanya akan bertelur meskipun tanpa pejantan.

gambar burung kapas tembak betina
Burung Kapas Tembak Betina

Baca juga:

Cara merawat burung Kapas Tembak agar gacor dan buka ekor

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Kapas Tembak (KT) jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kapas Tembak, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Kapas Tembak jantan dan betina paling akurat"