Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara setting Lovebird Balibu agar ngekek panjang

gambar lovebird balibu fighter
Lovebird Balibu

Onkicau.com – Merawat Lovebird Paud atau Balibu memang butuh kesabaran, apalagi jika tujuan memelihara burung LB tersebut adalah untuk dilombakan, tentunya pola perawatan yang harus diterapkan berbeda dengan pola perawatan burung LB rumahan.

Para pemain Lovebird biasanya lebih memilih anakan Lovebird dari indukan trah juara karena faktor genetik sangat mempengaruhi kualitas anakan burung LB, baik mental maupun suaranya karena sebagian besar anakan burung Lovebird akan mewarisi karakter dan kualitas induknya.

Selain memilih Lovebird Paud dari trah juara, pemilihan bahan berdasarkan postur tubuh/katuranggan juga tidak ada salahnya untuk dilakukan, karena Lovebird yang prospek lapangan juga bisa dikenali dari ciri-ciri fisik dan perilakunya.

Ciri-ciri Lovebird yang prospek lapangan, antara lain: memiliki bentuk kepala bulat, kaki panjang, badan tegap dan dada bidang saat berkicau serta bagian sayapnya menyilang kanan dan kiri yang menandakan burung LB tersebut memiliki karakter fighter.

Untuk membentuk Lovebird agar bisa ngekek panjang sebaiknya dilakukan pemasteran sejak dini, yaitu sejak LB masih piyik agar hasilnya lebih maksimal. Perdengarkan suara Lovebird ngekek panjang setiap hari, bisa menggunakan suara Mp3 atau dengan suara burung Lovebird asli.

Dengan dimaster setiap hari, maka anakan Lovebird akan merekam dan menirukan suara masteran yang selalu didengarnya sejak piyik. Selain pemasteran, agar Lovebird rajin ngekek dengan durasi panjang juga harus didukung dengan asupan gizi yang memadai untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya sehingga burung LB lebih cerdas dan bisa merekam suara-suara masteran dengan cepat.

Baca juga: Jenis-jenis Lovebird yang berpotensi ngekek panjang

Berikut ini menu pakan harian untuk burung Lovebird agar rajin ngekek:

Menu pakan harian yang cocok untuk Lovebird Balibu atau Paud, antara lain: milet putih, gabah beras merah, canary seed, jagung muda dan kangkung.

Pemberian milet putih, gabah beras merah dan canary seed yang tepat adalah dengan perbandingan 5 : 2 : 1, sedangkan untuk pemberian jagung muda tidak perlu diberikan setiap hari, tapi cukup diberikan seminggu sekali saja, sedangkan cacahan kangkung diberikan seminggu dua kali.

Perkenalkan kombibasi menu pakan tersebut sejak dini agar Lovebird Balibu terbiasa dengan menu pakan tersebut saat akan dilombakan. Tapi jika kita memelihara Lovebird dewasa, maka menu pakannya harus dibedakan dengan Lovebird muda/Paud.

Selain pemberian jenis pakan yang tepat, agar Lovebird Balibu bisa ngekek dengan durasi panjang perlu juga dilakukan perawatan lain, seperti:

1. Mandi

Mandikan Lovebird setiap hari dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau biarkan mandi sendiri dicepuk. Yang terpenting ikuti kemauan Lovebird, jangan memaksakan sesuatu yang membuat burung tidak nyaman karena dampaknya tidak akan bagus.

2. Jemur

Setelah selesai dimandikan, kemudian jemur Lovebird selama dua jam rutin setiap hari (cabut pakan dan minumnya). Setelah selesai dijemur, angin-anginkan dulu selama 15 menit lalu berikan pakan dan air minum yang dicampur dengan beberapa tetes vitamin.

3. Umbaran

Untuk melatih stamina dan nafas Lovebird, pengumbaran juga perlu dilakukan minimal 2 kali seminggu. Pengumbaran juga berfungsi sebagai sarana refreshing bagi Lovebird untuk menurunkan birahi yang berlebihan dan mencegah stress.

Baca juga: Cara mengontrol birahi burung Lovebird dewasa untuk lomba

4. Melatih mental Lovebird

Lovebird lapangan harus memiliki mental fighter yang tangguh agar berani tampil maksimal pada saat dilombakan. Percuma saja jika Lovebird punya materi bagus dengan durasi ngekek panjang tapi tidak memiliki mental yang bagus karena Lovebird tersebut tidak akan bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal karena kalah mental dengan Lovebird-Lovebird lain.

Melombakan Lovebird muda/Paud bertujuan untuk mengetes mental dan kualitasnya. Tapi perlu di ingat, kita tidak boleh melombakan Lovebird Balibu (bawah lima bulan) terlalu sering karena dikuatirkan akan membuat burung menjadi rusak.

Tingkat birahi dan mental Lovebird muda masih belum stabil, jadi tujuan melombakan Lovebird Paud hanya untuk mengasah mental dan melihat karakter dari burung LB tersebut apakah prospek untuk lomba atau tidak.

Syarat utama dalam pemilihan bahan Lovebird kekekan yaitu burung LB sudah mulai muncul sifat fighternya dan rajin ngekek. Durasi ngekek yang panjang juga akan menjadi nilai tambah dalam penilaian saat dilombakan. 

Saat anakan Lovebird berusia 1,5 - 2 bulan, biasanya burung akan mulai belajar bunyi. Untuk melatih mentalnya, setiap pagi burung dimandikan dan dijemur dibawah. Setelah selesai dijemur kemudian digantang ditempat yang ramai lalu larang orang atau kendaraan agar burung terbiasa dengan keramaian. Lakukan setiap hari agar mental Lovebird muda cepat terbentuk.

Lovebird Paud sebaiknya jangan terlalu sering dipertemukan dengan Lovebird lain agar saat bertemu dengan burung Lovebird lain menjadi lebih agresif karena jarang melihat koloninya. Untuk membiasakan Lovebird dengan suasana lomba, burung LB sebaiknya sering dibawa ke tempat lomba atau Latber untuk mengenalkan dan membiasakan burung dengan suasana lomba agar nantinya ketika dilombakan tidak demam panggung atau ketakutan.

Lovebird Balibu/Paud yang sudah siap untuk digantang minimal sudah berumur kurang lebih 2,5 bulan karena pada usia ini burung LB sudah mulai narik-narik dan sudah mulai belajar ngekek. Settingan yang cocok untuk Lovebird Balibu/Paud adalah settingan single fighter karena kondisi birahi burung belum stabil. Maka dari itu kita harus bisa memunculkan sifat fighternya dengan cara setting single/tunggal tersebut. Cara setting tunggal atau tanpa  untulan (koloni) ini bertujuan agar Lovebird Balibu bisa ngekek tanpa jeda ketika digantang.

Settingan Lovebird menjelang lomba:

- H-3 pada sore hari Lovebird mulai full krodong sampai hari H, tapi tetap harus dicek pakan dan air minumnya setiap pagi. Perawatan harian seperti mandi dan jemur sudah tidak dilakukan sampai hari H. Tempatkan burung LB ditempat yang sepi dan diperdengarkan suara masteran.

- H-2, air minumnya dicampur dengan beberapa tetes madu murni (asli) dan untuk menu pakannya cukup diberikan milet putih saja.

- H-1, Lovebird diembunkan dan dijemur selama 15 menit, kemudian di angin-anginkan selama 10 menit. Selanjutnya full krodong lagi. Malam harinya sekitar jam 19.00 Lovebird dimandikan lalu diberi pakan jagung manis atau kangkung sesuai dengan kesukaannya.

- Hari H lomba, pagi hari LB diembunkan lalu kandangnya dibersihkan. Bawa burung menuju tempat lomba atau Latber. Sesampainya dilapangan, buka krodong dan biarkan LB mulai narik-narik ngekek dan setelah beberapa saat dikrodong lagi sampai giliran main tiba.

Baca juga: Cara ampuh untuk membuat Lovebird konslet digantangan

Demikian sedikit informasi tentang cara setting single fighter Lovebird balibu untuk lomba yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Cara setting Lovebird Balibu agar ngekek panjang"