Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan burung Pentet Matahari agar rajin bunyi

Burung Pentet Matahari

On Kicau - Meskipun namanya Pentet Matahari, tapi sebetulnya burung ini berbeda jenis dengan burung Pentet/Cendet yang biasa kita kenal. Burung ini memiliki suara kicauan yang cenderung monoton dan di ulang-ulang tapi cukup merdu dan unik khas suara hutan sehingga cocok untuk dijadikan masteran burung-burung lain. Tapi kalau sering di masteri, burung ini juga bisa memiliki suara isian.

Pakan utama burung Pentet Matahari adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya, tapi burung ini juga biasa memakan serangga dan hewan-hewan kecil seperti jangkrik, belalang, ulat, dan binatang-binatang kecil lainnya.

Perawatan burung Pentet Matahari sebetulnya tidak jauh beda dengan burung-burung kicauan lainnya, dari mulai pemberian pakan, minum, mandi dan jemur yang harus dilakukan secara rutin dan konsisten agar burung selalu sehat, cepat cepan dan rajin bunyi.


Berikut ini perawatan harian burung Pentet Matahari agar cepat bunyi:

- Pengembunan

Seperti halnya perawatan burung kicau jenis lainnya, burung Pentet Matahari juga perlu di embunkan setiap pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu favorit bagi burung-burung liar untuk berkicau. Dengan di embunkan, maka diharapkan burung Cendet Matahari juga akan berkicau seperti kebiasaannya di alam bebas.

- Mandi

Pada jam 7 atau jam 8 pagi burung dimandikan dengan disemprot menggunakan sprayer sampai basah kuyup jika cuaca cerah. Selain membuat bulu-bulu burung menjadi bersih dan rapi, mandi juga bisa membuat burung Pentet Matahari menjadi lebih cepat jinak dan mapan.

Setelah selesai dimandikan, berikan jangkrik 3 – 5 ekor langsung dari tangan agar burung terbiasa dan mengenali pemiliknya sehingga lama-kelamaan tidak takut lagi ketika didekati.

- Jemur

Setelah dimandikan dan diberi jangkrik, kemudian burung di angin-anginkan dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah bulu-bulunya tampak sudah kering baru dijemur selama 1 – 2 jam rutin setiap hari agar burung sehat dan aktif.

- Pakan

Burung Pentet Matahari atau Pentet Kembang adalah pemakan buah dan serangga, jadi selain diberikan voer sebagai pakan utamanya, burung ini juga perlu diberikan buah-buahan seperti pisang dan pepaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar burung menjadi sehat dan rajin berkicau.

Selain diberikan pakan berupa voer dan buah-buahan, burung Cendet Matahari atau burung Ori-ori juga perlu diberikan extra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto untuk memenuhi kebutuhan proteinnya agar burung cepat birahi dan cepat gacor.

Untuk menjaga kesehatan burung Cendet Matahari, sebaiknya ganti sisa buah kemarin dengan yang baru agar tidak berjamur dan ganti juga air minumnya setiap hari agar tidak terjangkit bakteri yang dapat menyebabkan burung  sakit.

- Penempatan

Pada siang hari gantang burung ditempat yang ramai dan banyak lalu-lalang orang agar burung terbiasa dengan aktivitas Manusia di sekitarnya. Dengan sering digantang ditempat ramai, maka burung akan menjadi cepat jinak dan berani berkicau meskipun ada orang di sekitarnya.

- Kebersihan kandang

Agar burung Pentet Matahari selalu sehat, aktif dan merasa nyaman di kandangnya maka kebersihan kandang harus selalu diperhatikan. Rutin bersihkan kandangnya dari kotoran yang menumpuk dan sisa-sisa pakan yang berceceran didasar kandang karena kotoran burung yang menumpuk dan sisa-sisa pakan yang berceceran didasar kandang akan menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan burung Pentet Matahari agar rajin bunyi. Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan burung Pentet Matahari agar rajin bunyi"