Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat perangkap burung menggunakan lem tikus

Ilustrasi perangkap burung lem/pulut

On Kicau - Untuk menangkap burung liar atau burung yang lepas dari kandangnya sebetulnya cukup mudah asalkan kita tau caranya. Salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan lem tikus yang bisa dibeli di toko bangunan. Selain menggunakan lem tikus juga bisa menggunakan getah kayu nangka yang sebelumnya dipanaskan/dimasak terlebih dulu agar lebih lengket dan tahan lama.

Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat perangkap burung dengan lem tikus:

- Siapkan lem tikus, bisa yang warnanya hitam ataupun yang bening.

- Siapkan beberapa ranting pohon yang nantinya akan ditempeli lem tikus.

- Siapkan burung pikat yang gacor atau suara Mp3 burung yang sama untuk memancing burung yang akan ditangkap.

Setelah semua peralatan untuk perangkap burung disiapkan, selanjutnya cari tempat yang banyak burung liar berkeliaran atau tempat dimana burung yang menjadi target sering berkeliaran.

Berikut ini langkah-langkahnya:

- Setelah sampai ditempat yang dituju, segera lilitkan/tempelkan lem tikus pada ranting yang sudah disiapkan sampai pada ujungnya tapi jangan terlalu tebal. Jika burung pikat yang digunakan di ikat atau ditempatkan di ranting tersebut, maka lem hanya dililitkan pada setengah dari bagian ranting saja.

- Langkah selanjutnya tancapkan ranting yang telah ditempeli lem tikus tersebut di tanah, di pohon, di atas kandang burung pikat atau ditempat lain yang kemungkinan akan dihinggapi burung.

- Setelah itu cari tempat untuk bersembunyi, tapi lokasinya jangan terlalu jauh dari tempat kita memasang perangkap agar bisa memantaunya dan kalau ada burung yang menempel pada perangkap bisa langsung di ambil agar perangkap bisa dihinggapi burung lainnya.

- Bersihkan bulu-bulu burung yang menempel pada lem agar burung-burung lain tidak takut untuk menghinggapinya.

- Untuk membersihkan bekas pulut yang menempel pada kaki dan bulu-bulu burung yang tertangkap bisa menggunakan minyak goreng. Caranya dengan mengoleskan minyak goreng pada lem yang menempel pada kaki dan bulu-bulu burung yang terkena pulut kemudian burung dimandikan dan dijemur agar bulu-bulunya rapi kembali.

- Tapi kalau lem susah untuk dibersihkan, terpaksa bulu-bulu yang terkena lem harus dicabut atau dipotong menggunakan gunting.

Baca juga:

Cara merawat dan membawa burung agar aman saat mudik

Cara memandikan burung Perkutut yang benar

Tips memilih Trucukan ombyokan yang prospek

Demikian sedikit informasi tentang cara membuat perangkap burung menggunakan lem tikus.  Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artkel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Cara membuat perangkap burung menggunakan lem tikus"