Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat burung Kepodang dada merah bakalan agar cepat bunyi

gambar burung kepodang dada merah
Burung Kepodang dada merah

On Kicau - Burung Kepodang hitam dada merah adalah salah satu burung kicauan yang cukup langka dan sangat jarang dijumpai karena selain populasinya yang memang sedikit, burung ini juga jarang sekali berkeliaran disekitar pemukiman penduduk.

Warna bulu burung ini didominasi warna hitam dengan kombinasi warna merah dibagian dada dan sedikit warna merah dikedua belah sayapnya. Kaki dan paruhnya berwarna hitam keabu-abuan dengan ukuran tubuh lebih kecil dari burung Kepodang Emas.

Walaupun namanya burung Kepodang, tapi suara kicauannya jauh berbeda dengan suara burung Kepodang Emas.


Jenis pakan burung Kepodang hitam dada merah sama dengan burung Kepodang Emas, yaitu buah-buahan dan serangga. Jika kita memelihara burung Kepodang dada merah bakalan, sebaiknya burung dilatih untuk makan voer agar tidak repot dalam perawatan hariannya.

Berikut ini pola perawatan harian burung Kepodang dada merah bakalan agar cepat jinak dan rajin bunyi:

• Embunkan burung mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu favorit bagi burung-burung liar untuk berkicau saling sahut-sahutan. Dengan begitu diharapkan burung Kepodang dada merah bakalan juga akan terpancing untuk berkicau dengan lantang (ngeplong). Pengembunan juga bisa mencegah stress pada burung bakalan.

• Mandikan burung secara rutin setiap hari antara jam 07.00 - 09.00 pagi dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai basah kuyup. Setelah bulu-bulunya lepek biasanya burung akan lebih tenang dan tidak banyak bergerak.

Pada saat burung diam, cobalah untuk berinteraksi dengan burung dengan cara di elus-elus kepalanya dan diberikan jangkrik atau ulat hongkong langsung dari tangan kita.

gambar burung kepodang dada merah bakalan
Burung Kepodang hitam dada merah bakalan

Lakukan cara ini setiap hari secara rutin agar burung Kepodang dada merah bakalan cepat jinak dan tidak takut lagi dengan kita.

• Bersihkan kandangnya setiap hari dari kotoran dan sisa-sisa pakan yang tercecer didasar sangkar agar burung selalu sehat, nyaman dan cepat bunyi.

• Setelah selesai dimandikan, burung di angin-anginkan terlebih dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah bulu-bulunya kering, baru dijemur selama kurang lebih 1 - 2 jam rutin setiap harinya.

• Setelah selesai dijemur, gantang burung ditempat yang teduh dan banyak lalu-lalang orang agar burung terbiasa dengan aktivitas Manusia disekitarnya, sehingga nantinya burung Kepodang dada merah tersebut akan berani berkicau walaupun ada orang disekitarnya.

• Ganti atau tambahkan voer sebagai pakan utamanya, ganti juga buahnya dengan yang baru setiap hari. Dan jangan lupa, air minumnya juga diganti setiap hari agar tidak terjangkit kuman dan bakteri.

Variasikan pemberian buah dengan cara di selang-seling setiap harinya, misalnya selama dua hari diberikan pisang kepok, lalu dua hari berikutnya diberikan pepaya dan pada hari berikutnya diberikan buah sawo. Hal ini bertujuan untuk membuat burung Kepodang dada merah bakalan merasa senang sehingga tidak mudah stress. Selain itu juga untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya

• Selain diberikan pakan berupa voer dan buah-buahan, burung Kepodang dada merah juga perlu diberikan extra fooding (EF) berupa jangkrik dan ulat hongkong.

Berikan jangkrik sebanyak 5 - 7 ekor setiap pagi dan sore hari. Sedangkan ulat hongkong (UH) bisa diberikan pada saat cuaca dingin/musim hujan untuk menghangatkan tubuh burung atau pada masa mabung untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulunya. Kroto segar juga bisa diberikan 2 kali seminggu untuk mendongkrak birahi burung agar lebih rajin berkicau.

• Pemberian vitamin khusus burung sebagai penambah stamina dan daya tahan tubuh juga penting sebagai langkah antisipasi dari kondisi cuaca ekstrim yang dapat memicu timbulnya serangan penyakit pada burung. Pemberian vitamin seminggu sekali juga akan membuat burung Kepodang dada merah bakalan cepat buka suara.

• Jika kondisi burung Kepodang dada merah sedang drop/kurang fit, sebaiknya burung tidak perlu dimandikan dan penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja pada jam 07.00 pagi, setelah itu sebaiknya burung dikerodong.

Lakukan tahapan perawatan di atas secara rutin dan konsisten agar burung Kepodang hitam dada merah bakalan cepat jinak dan cepat berkicau.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Kepodang dada merah bakalan agar cepat bunyi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kepodang, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat burung Kepodang dada merah bakalan agar cepat bunyi"