Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memaksimalkan performa Murai Batu ekor hitam

gambar burung murai batu ekor hitam
Murai Batu Ekor Hitam

Onkicau.com - Murai Batu (MB) ekor hitam sekarang ini mulai banyak diminati walaupun ada anggapan jika burung Murai Batu jenis ini kalah mental dengan Murai Batu ekor putih. Selain itu, suara kicauannya juga di anggap tidak sebagus Murai Batu ekor putih.

Tapi ada dua pendapat yang saling bertolak belakang mengenai Murai Batu ekor hitam, ada yang berpendapat bahwa Murai Batu jenis ini memiliki kualitas yang lebih bagus dari Murai Batu ekor putih dan ada yang berpendapat sebaliknya.


Sebagian Kicau Mania berpendapat bahwa tidak mudah untuk merawat Murai Batu ekor hitam agar bisa tampil maksimal dilapangan karena Murai Batu ekor hitam memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

1. Mental fighter Murai Batu ekor hitam kalah dengan Murai Batu ekor putih.

2. Suara kicauan Murai Batu ekor hitam kurang bervariasi, kurang nyaring dan volumenya kurang keras.

3. Mudah lelah, terutama Murai Batu ekor hitam yang ukuran ekornya panjang.

Tapi ada juga yang berpendapat sebaliknya, Murai Batu ekor hitam justru di anggap memiliki banyak kelebihan, antara lain:

1. Murai Batu ekor hitam memiliki mental fighter yang tangguh dan gaya tarung yang agresif serta menekan.

2. Murai Batu ekor hitam mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga walaupun dipelihara dari bahan / bakalan, burung ini bisa cepat mapan dan cepat gacor.

3. Murai Batu ekor hitam memiliki suara kicauan dengan volume yang keras, kasar dan melengking tajam sehingga ketika dilombakan suaranya bisa tembus dan mendominasi.

4. Murai Batu ekor hitam termasuk burung yang cerdas, sehingga mudah menirukan suara-suara burung masteran dengan cepat dan fasih.


Anggapan tersebut didasari dari banyaknya Murai Batu ekor hitam yang sering menjadi jawara di arena lomba burung kicau tingkat Nasional.

Karena banyaknya Murai Batu ekor hitam yang berprestasi itulah yang membuat banyak para Kicau Mania tertarik untuk memeliharanya. Selain itu juga karena harganya lebih murah dari Murai Batu ekor putih.

Agar Murai Batu ekor hitam bisa memiliki kualitas di atas rata-rata, maka perlu diberikan perawatan dan latihan yang tepat dan konsisten.

Sebetulnya perawatan untuk Murai Batu ekor hitam tidak jauh berbeda dengan perawatan burung Murai Batu pada umumnya. Kuncinya harus konsisten dan memahami kemauan burung.

Perawatan yang diterapkan harus disesuaikan dengan karakter dan kemauan Burung Murai Batu yang dirawat agar burung merasa nyaman dan bisa menampilkan performa terbaiknya dilapangan.


Demikian sedikit informasi tentang cara memaksimalkan performa Murai Batu ekor hitam yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara memaksimalkan performa Murai Batu ekor hitam"