Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Aceh

gambar murai batu aceh
Ilustrasi Murai Batu Aceh

Onkicau.com - Murai Batu (MB) Aceh merupakan salah satu burung Murai Batu yang paling tenar dikalangan Kicau Mania setelah Murai Batu Medan, karena keduanya memiliki kualitas suara dan mental yang seimbang.

Kedua burung Murai Batu beda habitat tersebut memiliki beberapa kesamaan, dari mulai suara, bentuk fisik sampai pada mental dan gaya tarungnya.

Saat ini burung Murai Batu asal Aceh oleh para Kicau Mania di anggap sebagai Murai Batu yang memiliki kualitas istimewa yang bisa menandingi kualitas Murai Batu Medan, sehingga membuat banyak penggemar Murai Batu berlomba-lomba untuk memilikinya.

Secara fisik, Murai Batu asal Aceh dan Murai Batu asal Medan ternyata sangat mirip, karena keduanya hanya berbeda habitat asalnya ditangkap saja.

Baca juga: Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan

Habitat asli Murai Batu Aceh berada disekitar Gunung Leuser yang merupakan perbatasan antara Medan (Sumatera Utara) dengan Aceh, antara lain ada di daerah Tangse, Bahorok, Malabo, Tapak Tuan, Marike, Pasaman, Kedebieng, dan beberapa wilayah seputar Medan.

Pada dasarnya kedua jenis burung Murai Batu tersebut memiliki ekor panjang yang lentur dan melengkung dengan ukuran panjang bisa mencapai 25 cm, bahkan ada yang lebih, tapi ada juga yang ukuran ekornya lebih pendek.

Tapi saat ini sangat sulit untuk dapat menemukan burung Murai Batu lokal dengan panjang ekor 25cm, karena yang berekor pendek saja sudah nyaris punah di habitat aslinya.

Suara kicauan Murai Batu Aceh terdengar keras dan lantang dengan variasi lagu yang bermacam-macam dan kasar, terutama pada saat mengeluarkan suara alasnya. Tapi pada saat menirukan suara burung lain, suara kicauannya akan terdengar lebih nyaring dan lebih keras dari suara burung aslinya.

Selain memiliki suara kicauan yang bagus dan bervariasi, Murai Batu Aceh juga dikenal memiliki mental fighter yang tangguh, hal itu terbukti dengan banyaknya Murai Batu asal Aceh yang dapat berprestasi di arena lomba burung kicau.

Tapi seperti halnya Murai Batu Medan, populasi Murai Batu Aceh di alam bebas juga sudah sangat langka, dan kalaupun ada pasti harganya sudah sangat mahal.

Karena banyaknya penggemar Murai Batu yang mencari Murai Batu Aceh, sehingga banyak para pedagang nakal yang kemudian memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual Murai Batu import yang dikatakan sebagai Murai Batu Aceh atau Murai Batu Medan.

Baca juga: Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Aceh yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Aceh"