Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat Cucak ijo tampil nagen dan bongkar isian ketika dilombakan

gambar burung cucak ijo jamtrok
Burung Cucak ijo (CI)

Onkicau.com - Cucak ijo (CI) sampai saat ini masih menjadi burung favorit para Kicau Mania. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi dengan banyak suara isian karena burung ini termasuk burung cerdas yang bisa menirukan berbagai macam suara burung lain dengan fasih dalam waktu yang relatif cepat.

Selain memiliki keistimewaan pada suara kicauannya, burung Cucak ijo juga memiliki gaya tarung yang khas, yaitu ngentrok dengan jambul berdiri dan melebarkan sayapnya.

Burung Cucak ijo masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini dan harga pasarannya juga masih tetap stabil dibanding burung-burung jenis lain yang harganya naik-turun.

Pada setiap event lomba burung kicau, gantangan kelas Cucak ijo juga selalu ramai peserta. Hal ini membuktikan bahwa minat Kicau Mania pada burung Cucak ijo masih cukup tinggi.

Tapi untuk membuat burung Cucak ijo tampil maksimal dilapangan tidak semudah yang dibayangkan, karena burung Cucak ijo yang gacor, ngentrok dan bongkar isian ketika dirumah belum tentu bisa nampil digantangan. Bahkan terkadang hanya loncat-loncat saja atau malah hanya diam saja seperti ketakutan.

Banyak faktor yang mempengaruhi tidak maksimalnya performa burung Cucak ijo ketika dilombakan, bisa karena mentalnya yang belum siap lomba, settingannya kurang tepat atau karena burung belum terbiasa dengan hiruk-pikuk suasana lomba.

Baca juga: Ciri-ciri Cucak ijo yang sudah siap lomba

Berikut ini beberapa tips untuk membuat Cucak ijo tampil nagen dan bongkar isian ketika dilombakan:

1. Pilihlah burung Cucak ijo yang usianya sudah mapan, yaitu yang sudah berusia minimal dua tahun karena mentalnya sudah mapan dan stabil.

2. Selalu kontrol tingkat birahinya agar Cucak ijo selalu dalam kondisi top perform, karena masalah utama yang paling sering di alami Cucak ijo adalah over birahi (OB) sehingga membuatnya tidak bisa tampil maksimal dilapangan.

3. Buat burung Cucak ijo kenyang atau berikan settingan extra fooding (EF) tinggi sebelum digantang agar bisa tampil nagen dan memiliki stamina yang prima untuk bertanding.

Karena jika dalam kondisi lapar biasanya burung Cucak ijo akan lebih banyak loncat-loncat. Tapi harus dilihat juga karakter dan kebiasaannya, karena ada juga Cucak ijo yang disetting rendah tetap bisa tampil nagen.

4. Pilih tangkringan dari jenis kayu yang memiliki tekstur kasar seperti kayu asam Jawa atau kayu asam Bali dengan ukuran yang pas dengan cengkeraman kakinya agar nyaman untuk bertengger.

Ukuran tangkringan atas dibuat lebih kecil, sedangkan untuk tangkringan bawah menggunakan kayu yang ukurannya lebih besar.

5. Berikan buah pir pada H-2 sebelum lomba. Tujuannya untuk menstabilkan kondisi birahi burung Cucak ijo.

Baca juga: Ciri-ciri Cucak ijo over birahi (OB) dan cara mengobatinya

6. Umbar burung Cucak ijo seminggu 2 kali untuk menjaga kondisi fisiknya agar selalu fit dan prima. Selain itu pengumbaran juga sangat bermanfaat untuk menguatkan nafas dan stamina burung Cucak ijo sehingga mampu tampil maksimal tanpa jeda ketika dilombakan.

7. Pada hari H lomba, mandikan burung Cucak ijo sebelum berangkat ke lapangan lalu di angin-anginkan dan dijemur sebentar kemudian dikerodong.

8. Sesampainya dilapangan buka kerodong sampai burung bunyi dan mulai ngentrok, kemudian dikerodong lagi menunggu sesi Cucak ijo main.

9. Sebaiknya jauhkan burung Cucak ijo dari arena lomba agar tidak gembos ketika digantang.

10. Untuk memancing emosi Cucak ijo bisa dengan cara di trek dengan Cucak ijo lain sebelum naik gantangan.

Selain ditrek, untuk memancing emosi Cucak ijo bisa juga dengan di obyok atau diseblak kandangnya menggunakan krodong tergantung kebiasaan agar emosinya naik. Tapi ada juga karakter Cucak ijo yang tidak perlu dicas dulu tetap bisa nampil.

Baca juga: Penyebab Cucak ijo lambat panas dan cara mengatasinya

Demikian sedikit informasi tentang cara membuat Cucak ijo tampil nagen dan bongkar isian ketika dilombakan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara membuat Cucak ijo tampil nagen dan bongkar isian ketika dilombakan"