Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Jalak Rio-rio jantan dan betina yang akurat

gambar burung jalak rio-rio jantan dan betina
Burung Jalak Rio-rio jantan dan betina

On Kicau - Burung Jalak Rio-rio atau Tunggir merah memang jarang peminatnya karena sebagian orang menganggap suara burung ini jelek, hanya bunyi kruik-kruik saja. Padahal jika dipelihara sampai mapan dan gacor, burung ini ternyata memiliki suara kicauan yang cukup bagus, apalagi burung Jalak Rio-rio yang berjenis kelamin jantan, suara kicauannya lebih nyaring dan bervariasi.

Baca juga: Cara merawat Jalak Rio-rio bakalan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Jalak Rio-rio bisa dijadikan sebagai burung masteran karena memiliki suara kicauan yang nyaring dan melengking, selain itu burung Jalak Rio-rio juga memiliki penampilan fisik yang cukup menarik dan tingkah laku yang aktif sehingga bagus dipelihara untuk melengkapi koleksi burung kicauan dirumah.

Usahakan untuk memelihara burung Jalak Rio-rio yang berjenis kelamin jantan karena suara kicauannya lebih nyaring dan lebih bervariasi, sedangkan sura kicauan burung Jalak Rio-rio betina cenderung monoton.

Mungkin masih banyak para Kicau Mania yang belum mengetahui secara pasti ciri-ciri burung Jalak Rio-rio jantan dan betina. Untuk membedakan jenis kelamin burung ini sebetulnya cukup mudah karena antara burung jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada warna bulunya.

Ciri-ciri yang paling mudah dikenali untuk membedakan antara burung Jalak Rio-rio jantan dan betina adalah pada bulu-bulu dibagian pangkal ekornya atau tunggirnya.

Burung Jalak Rio-rio jantan memiliki bulu-bulu dibagian tunggir atau pangkal ekor berwarna merah terang, sedangkan bulu-bulu dibagian tunggir burung Jalak Rio-rio betina berwarna orange kemerahan.

Warna bulu pada bagian tunggir itulah yang membedakan antara burung Jalak Rio-rio jantan dan betina yang paling mudah di amati selain ciri-ciri lainnya seperti postur tubuh, tingkah laku dan suara kicauannya.

Jadi untuk memilih burung Jalak Rio-rio yang berjenis kelamin jantan, pilihlah yang bulu dibagian pangkal ekor atau tunggirnya berwarna merah terang seperti pada gambar di atas.

Baca juga:

Ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina beserta gambarnya

Cara melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa bicara

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Jalak Rio-rio jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Jalak, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Jalak Rio-rio jantan dan betina yang akurat"