Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter

gambar murai batu fighter
Burung Murai Batu (MB)

Onkicau.com - Hingga saat ini burung Murai Batu (MB) masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para Kicau Mania, baik sebagai klangenan dirumah maupun untuk dilombakan. Hal itu terbukti dengan selalu ramainya gantangan kelas Murai Batu di setiap event lomba burung kicau maupun latber.

Jika tujuan memelihara Murai Batu adalah untuk dilombakan, maka kita harus memilih Murai Batu yang memiliki mental fighter tinggi. Karena modal utama burung Murai Batu untuk dapat bertanding digantangan adalah mental yang tangguh, sebab yang dihadapi di arena lomba adalah burung-burung pilihan yang kualitasnya di atas rata-rata.

Jika yang kita bawa ke lapangan adalah Murai Batu biasa yang bermental lemah maka akan sia-sia saja karena kita hanya akan buang-buang waktu, tenaga dan biaya tapi hasilnya burung hanya plonga-plongo di atas gantangan, padahal burung tersebut dirumah sangat gacor.

Baca juga: Beberapa perilaku negatif Murai Batu saat dilombakan

Untuk memilih bahan Murai Batu yang prospek lapangan, maka kita perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu bermental petarung.

Berikut ini beberapa ciri-ciri Murai Batu bermental petarung:

1. Matanya besar dan melotot dengan sorot mata tajam seolah mengintimidasi.

2. Postur tubuh panjang dan ramping tapi padat berisi dengan dada lebar dan sayap yang mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya.

3. Berdiri tegak membusungkan dada seolah bersikap menantang (terlihat angkuh).

4. Kakinya terlihat kokoh dengan cengkeraman yang kuat.

5. Kepala besar, lonjong dan papak / cepak dengan paruh panjang dan tebal.

6. Leher panjang, besar dan kokoh.

7. Bulunya hitam mengkilap kebiruan.

8. Bulu ekornya lentur dan menyatu, tapi hal ini tidak mutlak.

9. Suara cetrekan rapat, keras dan padat.

10. Gerakannya lincah dan selalu waspada pada setiap pergerakan Manusia disekitarnya.

11. Nafsu makannya besar / rakus.

12. Biasanya Murai Batu dengan karakter fighter tinggi memiliki perilaku yang cenderung lebih agresif dan sulit untuk dijinakkan (giras).

Biasanya walaupun sudah dirawat cukup lama tapi tetap saja glabakan ketika di angkat kandangnya, tapi ketika digantang / bertemu lawan maka Murai Batu tersebut akan langsung tarung dan tidak takut orang lagi.

Baca juga: Ciri-ciri trotolan Murai Batu yang bermental fighter

Itulah beberapa ciri-ciri Murai Batu bermental fighter tinggi yang bisa dijadikan sebagai panduan awal untuk memilih bahan / bakalan Murai Batu yang prospek lapangan.

Karena Murai Batu dengan mental yang bagus lebih mudah dibentuk / dipoles dibanding Murai Batu yang bermental jelek / lemah. Sebab yang pertama akan di uji dari Murai Batu lapangan adalah ketangguhan mentalnya ketika bertemu lawan.

Jika burung Murai Batu tidak memiliki mental fighter yang tangguh pasti akan langsung down ketika bertemu lawan-lawannya di atas gantangan yang merupakan burung-burung terbaik dengan kualitas di atas rata-rata Murai Batu kebanyakan.

Jadi kesimpulannya, sebagus apapun materi lagunya, sekeras apapun volume suaranya dan sekuat apapun stamina Murai Batu akan sia-sia saja jika mental fighternya tidak ada.

Baca juga: Cara setting birahi, emosi dan stamina Murai Batu agar tampil maksimal digantangan

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter"